Cara Mengatasi Opera Mini Tidak Bisa Dibuka

0

Internet sampai saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang untuk mengakses segala sesuatu. Dan untuk mengoptimalkan aktifitas sehari-hari kalian di dunia maya, pastinya kalian juga membutuhkan aplikasi browser yang cepat, ringan, dan hemat kuota.

Kalian tahu, Opera Mini adalah salah satu opsi terbaik bagi para pengguna smartphone dan tablet Android.

Baca Juga : Cara Mengatasi Firefox Tidak Bisa Dibuka

Yang menarik, membuka video di Opera jauh lebih ceat daripada browser lain. Ditambah lagi bisa hemat paket data juga. Kualitas gamabr pada laman juga bsia kalian atur sesuai keinginan kalian.

Mengatasi Opera Mini Tidak Bisa Dibuka

Hanya saja, di balik kelebihan fitur yang dihadirkan Opera Mini, tetap saja ada sebagian pengguna yang memperoleh masalah ketika memakai atau membuka aplikasi Opera Mini. 

Masalah tersebut kebanyakan bukan dari Opera, tetapi memang disebabkan smartphone itu sendiri.

Ada sebagian pengguna yang memperoleh masalah semacam pesan error seperti “Sayangnya, Opera Mini telah Berhenti”, macet tiba-tiba, tidak bisa dibuka, dan lainnya.

Supaya bisa mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang bisa kalian coba lakukan.

Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk cara pertama, kalian bisa mencoba dengan membersihkan file cache. Pakailah aplikasi cleaner unggulan supaya bisa membersihkan file cache di internal android kalian secara lebih maksimal. 

Biasanya setiap perangkat Android sudah dilengkapi dengan aplikasi optimizer, maka sebaiknya pakailah aplikasi cleaner tersebut. Atau kalian juga bisa membersihkannya langsung lewat Manajemen Aplikasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di Smartphone Android

Caranya mudah. Kalian hanya perlu membuka menu Pengaturan, lalu klik Setelah Tambahan. Kemudian tap opsi Manajemen Aplikasi. Llau kalian carilah aplikasi Opera Mini. Terakhir, klik opsi Hapus Cache.

Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Cara kedua, kalian bisa mencoba untuk menghentikan dan menghapus data Opera Mini. 

Menghapus data bisa membuat aplikasi kembali pada posisi default, dan ini pastinya akan membuat aplikasi terasa lebih lancar, ringan, seperti baru terinstall.

Semua data yang bersifat sementara akan hilang seperti basis data, data login, cache, cookies, history, bookmark, dan lainnya. 

Pertamanya, kalian bisa buka menu Pengaturan. Lalu klik Setelan Tambahan. Tap opsi Manajemen Aplikasi. Kemudian cari aplikasi Opera Mini. Terakhir, klik opsi Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Instal Ulang Aplikasi

Cara ketiga, kalian bisa menghapus dan coba menginstall kembali aplikasi Opera Mini. Jika sudah dihapus, pastikan kalian membersihkan cache memakai aplikasi cleaner. Setelah itu kalian bisa restart, dan baru kemudian instal lagi Opera Mini di Google Play Store.

Baca Juga : Cara Mengetahui WA Kita Diblokir atau Tidak

Langkahnya memang mudah. Kalian cukup buka menu Pengaturan, klik Setelan Tambahan. Lalu klik Manajemen Aplikasi. Cari segera aplikasi Opera Mini, lalu tap opsi Hapus Intsalasi.

Gunakan Browser Lain

Jika semua cara sudah kalian lakukan dan tidak menghasilkan apa, tetap muncul pesan error atau aplikasi bertambah terus, lebih baik kalian pakai browser lain. Adaa banyak browser dengan fitur-fitur yang sama dengan Opera Mini, bisa Firefox atau Google Chrome.

Atau kalian bisa mencari sendiri aplikasi brpwser di Google Play Store secara lansung.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi opera mini error

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Opera Mini

Kalian jangan lupa juga untuk update berita dan informasi terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi, juga tips keren dan review banyak teknologi baru hanya di techjak.com.

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kalian. 

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya.

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.