Cara Mengatasi proses android.process.media Telah Berhenti

0

Kelebihan smartphone android adalah mampu mengolah data dengan sangat mudah dan cepat. Interface yang simple dan keren membuat pengguna nyaman saat memakai semua fitur yang ada pada perangkat Android.

Semua aktifitas harian bisa dilakukan di smartphone Android mulai dari mendengarkan musik, menonton video, chatting, telepon, internet-an, menyimpan foto, dokumen, dan sebagainya. Tapi sayangnya, ada saja pengguna yang mengeluh sebab mengalami masalah pada beberapa aplikasi bawaan seperti galeri, kamera, kontak, penyimpanan, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Yang Restart Setiap Membuka Aplikasi

Sering kali juga Sistem Android menampilkan pesan error bertuliskan “sayangnya aplikai telah berhenti.” atau “unfortunately app has stopped”.

Bahkan belakangan ini juga muncul masalah baru dengan tulisan “sayangnya, proses android.process.media telah berhenti”, “unfortunately android.process.media has stopped”, dan lainnya.

Hal ini membuat dua opsi, kadang bisa diatasi, kadang juga tidak bisa. Masalah yang saya bahas kali ini berhubungan dengan media penyimpanan, dan hal ini bisa terjadi pada semua merk smartphone android.

Mengatasi Proses Media Terhenti

Kutipan beberapa member yang ada di forum android menyatakan kalau pesan pop up tersebut muncul bisa jadi karena kesalahan dalam menyimpan file tertentu atau kesalahan dalam memindah file dari satu folder ke folder lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Lag Lemot Saat Main Game

Bukan hanya itu saja, kesalahan dalam mengunduh juga bisa menjadi penyebab proses media terhenti. Jadi, bagaimana cara mengatasinya? Langsung simak kuy!

Hentikan Sinkronisasi dengan Akun Google

Cara pertama, kalian bisa menghentikan sinkronisasi antara android kalian dengan akun Google. Cara ini agar android lebih bebas dari Google dan tidak sepenuhnya terkoneksi dengan akun Google.

Kalian cukup buka Setting, kemudian klik aku, tap opsi Google, kemudian klik opsi “Remove All the Ticks”.

READ  Fitur Instagram Baru Makin Ciamik WFH Jadi Asyik

Hapus data 3 Aplikasi Penting Google

Ketika  berhasil mengikuti cara pertama, kalian harus lanjut ke step kedua. Kalian harus menghapus data aplikasi Google Services Framework, Google Play Store, Media Storage, Dan Download Manager.

Ini agar semua aplikasi Google bisa kembali pada pengaturan default dan bersih dari file cachetemporary, history, dan basis data.

Baca Juga ; Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di Windows

Caranya, kalian buka menu Pengaturan, kemudian klik Aplikasi, tap Unduhan. Lalu kalian cari aplikasi Google Play Store, dan tap “Hapus Data”.

Lakukan hal yang sama untuk Google Services Framework, lalu tap “Hapus Data”.

Lakukan hal yang sama pada Media Storage, selanjutnya klik “Hapus Data” dan tap “Disable”.

Lakukan hal yang sama pada Download Manager, dan klik “Hapus Data” dan tap “Disable”.

Matikan Smartphone Android

Ketika berhasil menghapus semua data aplikasi, langkah berikutnya adalah mematikan smartphone android, mencabut baterai, SIM Card, dan SD Card.

Kalian diamkan beberapa menit agar tidak ada daya yang masuk ke Android. Nyalakan kembali android kalian dan lakukan cara berikutnya yaitu dengan mengaktifkan kembali Aplikasi yang sydah di “Disable” sebelumnya. Enable Google Sync, Enable Media Storage, dan Enable Download Manager.

Factory Reset Smartphone

Kalian bsia mengembalikan smartphone android kalian ke setelan pabrik. Tapi kalian harus back up data kalian dulu di komputer atau laptop.

Caranya buka menu Settings, lalu klik Buat Cadangan dan Setel Ulang. Kemudian Kembalikan ke Pengaturan Pabrik. Llau klik Reset Ulang Telepon.

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci di Smartphone Android

Hard Reset Smartphone

Selain factory reset, kalian juga bisa melakukan hard reset smartphone. Dia hampir sama dengan factory reset, tapi kali ini akan lebih optimal. Dan sebelum melakukannya, kalian perlu melakukan backup pada semua data yang kalian miliki.

Untuk caranya berbeda pada setiap samrtphone. Kalian bisa searching untuk smartphone yangs esuai dengan milik kalian.

 

READ  Cara Mengubah Jaringan Xiaomi Menjadi 4G

Flashing Sistem Android

Cara yang paling ampuh adalah dengan flashing smartphone android. Untuk melakukannya, kalian bisa searching saja di Google, YouTube, Facebook, Forum, atau yang lainnya.

Di samping itu, kalian memerlukan bahan-bahannya seperti firmware, usb, software flashing, dan lainnya. Dengan cara flashing diharapkan masalah yang kalian hadapi dapat teratasi dan bisa normal kembali.

Datang ke Service Center

Ini adalah solusi terakhir jika kalian mencoba cara-cara di atas tapi belum berhasil. Selain itu, ini adalah paling cepat dan mudah. 

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan kalian bisa mencobanya sekarang.

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.