Cara Mengatasi Sayangnya, Facebook Telah Berhenti

0

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer untuk saat ini. Dari anak muda, orang tua, pebisnis online, sampai artis dan pejabat memakai facebook sebagai media berbagi dan berkomunikasi. Hanya saja akhir-akhir ini banyak yang mengeluh tentang aplikasi facebook yang ada di android mengalami masalah seperti “sayangnya, facebook telah berhenti”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Galeri Telah Berhenti .

Sebagai pengguna facebook yang aktif tentunya hal ini membuat kalian bertanya-tanya, mengapa sering sekali terjadi error pada aplikasi facebook? Setiap masalah pasti ada penyebabnya. Untuk itulah kalian harus mencari penyebab dari masalah tersebut.

Pada umumnya aplikasi Facebook yang mengalami error disebabkan oleh RAM Android yang overload. Artinya RAM android penuh dan tidak bisa mmeuat aplikasi Facebook sehingga aplikasi facebook tertutup secara otomatis. Hal ini sering terjadi pada smartphone android dengan ukuran RAM yang relatif kecil, di bawah 1 GB.

RAM android saya cukup besar tapi mati juga? Nah, RAM Android yang besar juga terkadang mengalami masalah yang sama. Penyebabnya bisa jadi pengguna Android itu sendiri. Mungkin saja tidak pernah menghapus file cache dan file history facebook sehingga membuat Android terasa berat dan secara otomatis aplikasi facebook memberi peringan berupa pesan error. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang .

Tapi kalian tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi ‘Sayangnya Facebook telah berhenti’.

Mengatasi Facebook Telah Berhenti

Supaya kalian bisa mengatasi error di aplikasi Facebook ini, kalian harus menghapus data apliaksi facebook dan menghapus cache android dengan bantuan aplikasi Clean Master supaya nanti masalah seperti ini tidak terulang lagi.

Hapus Cache Android

Supaya nantinya tidak terjadi error lagi pada aplikasi facebook ataupun aplikasi lainnya, pakailah Aplikasi clean master untuk menghapus file cache dengan mudah dan cepat. Lakukan pembersihan file cache secara berkala, minimal 1 hari sekali. Unduh Aplikasi Clean Master melalui Google Playstore secara gratis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti.

Caranya? Mudah kok. Kalian tinggal masuk ke menu Settings, lalu klik Setelan Tambahan, pilihlah menu Manajemen Apliaksi. Setelahnya kalian cari menu Facebook dan pilih Hapus Cace.

Hapus Data Aplikasi Facebook

Menghapus data aplikasi artinya menghapus cache aplikasi, pencarian, dan menghapus semua konfigurasi dari aplikasi itu sendiri. Caranya, masuk pada menu Pengaturan, kemudian klik menu Aplikasi, masuk dan  kemudian cari aplikasi facebook yang kalian pakai. Terakhir tap opsi “Paksa berhenti” dan “Hapus data”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Unfortunatelly App Stopped di Android .

Atau kalian juga bisa buka menu Pengaturan, klik Setelan Tambahan, Kemudian tap opsi Manajemen Aplikasi. Selanjutnya cari opsi Facebook klik, dan tap opsi Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Instal Ulang Facebook

Apabila dengan cara di atas tidak berhasil maka terpaksa kalian harus menghapus aplikasi Facebook dan install dengan aplikasi facebook yang baru. Untuk memperoleh fitur dan keamanan terbaik, kalian bisa unduh aplikasi facebook langsung melalui Play store.

Pertama-tama kalian kalian buka menu Pengaturan, klik dan masuk ke Setelan Tambahan, lalu tap opsi Manajemen Aplikasi, klik dan Cari “Facebook”, dan yang terakhir kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Baca Juga : Cara Menghapus Grup Facebook .

Saya rasa dengan 3 cara tersebut aplikasi facebook kalian pasti bisa dipakai kembali. Cobalah untuk membuka dan login kembali, semoga nantinya tidak muncul pesan error lagi.

Metode di atas bisa kalian terapkan pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Kalau ada sedikit perbedaan, maka kalian tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat ‘Sayangnya Aplikasi Facebook Telah Berhenti’.  Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Kalau ada yang ingin kalian tanyakan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.