Cara Mengatasi Sayangnya, LINE Telah Berhenti

Aplikasi pesan instan pun mulai berkembang dari sekedar SMS, menjadi inbox atau Direct Message, sampai banyak aplikasi pesan instan dengan banyak fitu dan layanan yang memikat. Salah satu contohnya adalah aplikasi LINE yang multifungsi.

0

samping dapat berkirim gambar dan video. Bahkan saat ini perangkat mobile seperti smartphone bisa mengunduh aplikasi yang membuat komunikasi dan kegiatan sehari-hari kalian semakin menyenangkan. LINE adalah  salah satu sosial messenger yang populer di kalangan remaja Indonesia. LINE identic dengan sticker-sticker-nya yang lucu dan unik yang tidak ada di aplikasi manager lainnya.

Pertumbuhan teknologi yang semakin maju membuat perangkat mobile yang dulu hanya dapat kalian jadikan sebagai media telepon dan berkiirm pesan, kini semakin bertambah fitur dan layanannya. 

Di samping dapat berkirim gambar dan video. Bahkan saat ini perangkat mobile seperti smartphone bisa mengunduh aplikasi yang membuat komunikasi dan kegiatan sehari-hari kalian semakin menyenangkan.

Aplikasi pesan instan pun mulai berkembang dari sekedar SMS, menjadi inbox atau Direct Message, sampai banyak aplikasi pesan instan dengan banyak fitu dan layanan yang memikat. Salah satu contohnya adalah aplikasi LINE yang multifungsi.

LINE adalah  salah satu sosial messenger yang populer di kalangan remaja Indonesia. LINE identic dengan sticker-sticker-nya yang lucu dan unik yang tidak ada di aplikasi manager lainnya.

Sayangnya, ada masalah yang sering kalian temui sebagai pengguna saat mengoperasikan aplikasi LINE. Baik dari tidak bisa video call, macet, error, tidak tersedia tombol logout, dan yang paling parah muncul pesan error seperti “unfortunately, LINE has been stopped”, atau “sayangnya, LINE telah berhenti”.

Ini memperlihatkan bahwa LINE pasti tertutup secara otomatis dan pengguna harus klik “OK” untuk keluar dari aplikasi LINE.

Penyebab masalah ini sangat banyak, tapi yang paling sering dan paling banyak dialami oleh pengguna android yaitu RAM penuh, penumpukan cache, serta Kapasitas RAM yang terlalu kecil dan tidak bisa membuka banyak aplikasi.

Hal ini terjadi tidak hanya di aplikasi LINE saja, tapi berlaku juga pada aplikasi lainnya seperti WhatsApp, Facebook Manager, Instagram, dan sebagainya.

Di bawah ini adalah beberapa tips agar  LINE Android kalian dapat berjalan normal kembali.Hapus File Sampah LINE

File sampah sering mengganggu performa apliaksi yang berjalan. Makin banyak file sampah, semakin berat smartphone, dan memori jadi penuh.

Minial kalian sebagai pengguna harus membersihkan sampah 3 hari sekali agar LINE tetap maksimal. Untuk menghapus file sampah, kalian bisa memakai aplikasi cleaner atau lakukan cara manual.

Caranya buka menu Settings, kemudian klik Setelan Tambahan. Klik Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi LINE, lalu klik opsi Hapus Cache.

Paksa dan Hapus Data LINE

LINE mempunyai data penyimpanan yang ada di memori internal. Data ini bersifat sementara seperti data login, file cache, basic data, dan sebagainya. 

Ketika kalian hapus, data akan hilang permanen tapi tidak menghapus aplikasi. Caranya buka menu Settings, lalu klik Setelan Tambahan. Lalu klik Manajemen Aplikasi. Cari aplikasi LINE. Lalu klik opsi Paksa Berhenti dan Hapus Cache.

Nanti saat masuk akun LINE, kalian cukup masukkan ID dan Pasword.

Update LINE ke Versi Terbaru

Memperbaharui aplikasi bisa membuat LINE Android  lebih fresh. Semua bugs dan kerusakan diperbaiki saat update  aplikasi. Kalian juga akan memperoleh fitur dan tampilan terbaru.

Reinstall atau Install Ulang LINE

Cara ini bisa kalian lakukan untuk mengatasi bugs dan kerusakan lain pada aplikasi LINE.

Memori RAM Penuh

Cara mengatasinya, kalian bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan, dan sering bersihkan cache memori smartphone ya.

Matikan Smartphone, Cabut SIM Card, dan SD Card

Langkah terakhir ini bisa kalian lakukan  agar LINE bisa berjalan normal kembali seperti biasanya.

Baca Juga :

Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaiki aplikasi LINE pada smartphone kalian. Kalian dapat melakukan ini secara berulang kali bisa aplikasi tetap seperti itu. Bila semakin parah coba bawa ke tempat service smartphone.

Leave A Reply

Your email address will not be published.