Cara Mengatasi Sayangnya, Setelan Telah Berhenti

0

Menu setelan atau pengaturan menjadi menu yang sangat penting dan sangat diperlukan dalam melakukan kostumisasi pada tampilan, aplikasi, suara, SIM Card, dan sebagainya. 

Jika fitur Pengaturan mendapatkan masalah maka tentunya pengguna tidak dapat melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Setiap kali membuka pengaturan pasti muncul pesan error, “unfortunately, settings has stopped”. “unfortunately, com.android.settings has stopped”, dan sebagainya yang mungkin bisa sedikit berbeda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di Smartphone Android

Penyebab masalah ini pun bermacam-macam. Mungkin saja disebabkan virus, kerusakan pada sistem atau fitur pengaturan, dan juga banyaknya tumpukan temporary yang membuat sebagian fitur mengalami error.

Penasaran cara mengatasinya? Langsung kuy cekidot!

Restart Smartphone

Hal sederhana pertama, cobalah untuk restart smartphone kalian. Hal ini sangat memungkinkan untuk mengatasi masalah pada menu pengaturan di smartphone Android kalian.

Tetapi hal ini bersifat tidak pasti, kalau masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

Gunakan Aplikasi Keamanan

Cara lainnya, cobalah untuk membersihkan cache dan virus dengan aplikasi Keamanan di smartphone Android kalian. Kalau kalian memakai smartphone Xiaomi atau OPPO tentu ada aplikasi Keamanan.

Kalian bisa melakukan langkah berikut.

Langkah pertamanya, kalian buka aplikasi “Keamanan” yang ada di smartphone Xiaomi kalian. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada home screen layar dengan icon atau logo warna hijau. Ketika dibuka, kalian akan melihat tampilan (interface) dari aplikasi tersebut. Lalu tap “Pembersih”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya Instagram Telah Berhenti

Kemudian, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Kalau scanning selesai, kalian bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporary lainnya.

Unroot Smartphone

Kalau sebelumnya pengaturan di smartphone Android bermasalah setelah melakukan rooting, maka kemungkinan rooting tidak berhasil 100% dan menghasilkan bugs pada sistem atau aplikasi bawaan.

Untuk mengatasinya, kalian harus melakukan unroot dan diharapkan aplikasi nosa normal kembali. Tapi kalau tidak pernah melakukan akses root, maka kalian bisa abaikan metode ini.

Update OS

Berikutnya, cobalah untuk update OS di smartphone Android kalian. Manfaatkan jaringan WiFi untuk mengunduh firmware versi terbaru.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya Facebook Telah Berhenti

Dengan cara ini semoga smartphone dapat kembali normal. Adapun kalau update terbaru tidak tersedia, maka kalian bisa abaikan metode ini.

Hard Reset Smartphone

Cara ini kalian lakukan bukan lewat pengaturan, tetapi lewat recovery mode android. Untuk masuk ke menu recovery mode, setiap Android punya cara yang berbeda – beda.

Tetapi biasanya recovery mode lebih banyak memakai kombinasi tombol power dan volume down. Sebagai contohnya, saya melakukan reset untuk smartphone OPPO.

Yang pertama, memastikan smartphone Android dalam kondisi mati atau tidak aktif. Lalu tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya masuk pada opsional “Recovery Mode”. Klik Bahasa “English” untuk memudahkan memilih opsi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sayangnya UC Browser Telah Berhenti

Berikutnya, pada “Wipe Data” dan di anjutkan dengan “Wipe Data (Keep SMS, Contact, dan Photos)”. Lalu tap “OK” untuk konfirmasi.Tunggu beberapa saat sampai proses reset Android berhasil 100%

Flashing Android

Untuk cara kali ini, pastikan kalian mempunyai firmware atau ROM sesuai dengan tipe smartphone Android kalian.

Jika belum punya, kalian harus mengunduh terlebih dahulu. Cari firmware-nya di Google, ketikkan saja firmware sesuai dengan merek smartphone Android.

Jika semua cara sudah kalian coba tapi belum berhasil, ada baiknya kalian pergi service center terdekat agar penanganannya terjamin dan bisa cepat selesai.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kalian.

 

Semangat skripsi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.