Cara Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka

0

Shopee adalah salah satu platform online yang cukup terkenal di Indonesia. Sukses di Singapura, Shopee mulai menjajal pasar Asia lain seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Sampai di tahun 2019 kemarin, Shopee sukses menduduki peringkat #2 setelah Tokopedia sebagai marketplace dengan total pengunjung bulanan paling banyak.

Karena itulah promo besar-besaran yang dihadirkan Shopee membuat masyarakat menjadi tertarik untuk belanja online. 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Aplikasi Belanja Sayur Segar Online

Akan tetapi ada beberapa masalah yang dialami sebagian pengguna android dengan aplikasi Shopee yang terkadang tidak bisa dibuka dan mengalami error.

Masalah ini pastinya membuat sebagian pengguna kesal, karena belanja online tidak bisa mereka lakukan. Apa penyebabnya? Berikut saya merangkumnya untuk kalian.

Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka

Adanya aplikasi Shopee yang error bisa disebabkan banyak hal, seperti aplikasi yang tidak dilakukan update, memori smartphone yang terbatas, koneksi internet yang lemot, penumpukan cache pada aplikasi dan sistem, atau bisa juga disebabkan server Shopee yang sedang terjadi down.

Untuk mengatasi masalah tersebut, simak beberapa tips di bawah ini ya.

Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa kalian lakukan adalah coba untuk restart smartphone. Siapa tahu dengan melakukan restart, sistem dan aplikasi kembali normal. 

Update Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee ataupun aplikasi lain juga butuh update. Di samping untuk memperoleh fitur terbaru, hal ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan stabilitas sistem dan aplikasi yang diperbarui juga menghilangkan bugs yang mungkin terjadi.

Baca Juga : Cara Mencegah Toko Online Melakukan Penipuan

Kalian bisa mengunjungi Google Play untuk melakukan update aplikasi. Caranya, kalian buka Google Play, lalu klik Aplikasi & Game saya, kemudiaan tap opsi Shopee dan lakukan update. Setelahnya kalian tinggal menunggu sampai proses update selesai.

Hapus Cache & Data Shopee

Apabila dengan update masih bermasalah, kalian bisa coba bersihkan cache dan data aplikasi.

Bisa jadi, ada bagian apliaksi atau sistem Android yang kebanyakan data karena aktivitas pengguna yang tinggi sehingga membuat memori penuh dan error.

Baca Juga : Cara Mengetahui Nomor KK Online

Untuk membersihkan cache kalian hanya perlu membuka menu Settings, lalu klik Aplikasi& Notifikasi. Kemudian tap menu Shopee dan klik Penyimpanan. Tap opsi Hapus Tembolok dan Hapus Data. Selesai.

Server Shopee Mengalami Gangguan

Di samping masalah internal smartphone, ada kemungkinan lain bisa jadi server shopee sedang terjadi masalah sehingga mau tidak mau kalian harus menunggu sampai server Shopee normal kembali.

Pada beberapa kasus, Shopee pernah mengalami hal ini. Dan hal ini pasti memerlukan tindakan yang cepat, sebab bagaimanapun server yang down membuat pengunjung, pembeli, dan Shopee sendiri bisa mengalami kerugian besar.

Baca Juga : Cara Mengecek Saldo E-Toll

Di samping hal-hal tadi, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Misalnya sistem Android yang sudah di root, costum ROM, atau unduhan aplikasi Shopee yang bukan dari Google Play atau market place resmi juga bisa menjadi penyebab masalah aplikasi.

Itu tadi beberapa solusi mudah yang bisa kalian praktekkan. Apabila ada tips atau pertanyaan lain, silahkan kalian tulis di kolom komentar di bawah ini. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk terus mengupdate perkembangan berita dan informasi terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi hanya di techjak.com. Ada juga banyak tips yang hadir memberi solusi dari masalah yang kalian alami. Plus review perangkat mobile, laptop, game terbaru, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sampai bertemu lagi di artikel lainnya, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.