Cara Mengatasi Smarphone Asus yang Cepat Panas

0

Smartphone Asus merupakan smartphone yang bandel dan awet. Hanay saja, kalau sering mengalami overheat, komponen yang berada di dalam smartphone juga bisa aus. Apalagi kalau pemakaiannya berlebihan seperti bermain game terlalu lama, maka sering terjadi panas berlebihan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan tips supaya smartphone asus kalian tetap bersuhu sejuk dan normal. Berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi smartphone Asus yang cepat panas.

Jangan Instal Aplikasi yang Tidak Penting

Dengan banyaknya aplikasi bisa membuat smartphone Asus cepat panas. Ditambah lagi jika software tersebut aktif secara bersamaan di latar belakang. Ini akan membuat kinerja smartphone semakin berat.

Baca Juga : Hal Yang Membuat Smartphone Cepat Rusak .

Oleh karena itu, hindari instalasi perangkat lunak yang tidak penting. Ini agar smartphone tetap awet dan bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Hapus Cache Secara Rutin

Cache merupakan sampah aplikasi yang masuk ke dalam perangkat saat software tersebut aktif. Semakin sering kalian pakai, jumlah cache juga semakin menumpuk. Karenanya loading ponsel lelet dan perangkat mudah panas.

Baca Juga : Kabel Iphone Cepat Rusak Begini Cara Merawatnya .

Oleh karena itu, lakukan penghapusan chache secara rutin dengan memakai aplikasi CCLeaner. Untuk mendapatkannya kalian bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Matikan Aplikasi Aktif di Background

Ketika smartphone tidak dipakai tetapi masih hidup, kadang ada aplikasi aktif yang berjalan di latar belakang atau background.

Inilah yang menyebabkan Asus cepat panas meskipun tidak terlalu sering memakai perangkat.

Kalian tidak harus menghapus aplikasi yang berjalan. Tetapi cukup mengatur notifikasi otomatis menjadi manual. Fitur ini bisa diubah secara langsung di dalam tool setting.

Kalian juga bisa memakai aplikasi seperti Greenify untuk mengontrol aplikasi mana saja yang boleh aktif di latar belakang.

Baca Juga : Tips Mengetahui Smartphonemu Telah Disadap .

READ  AnTuTu Benchmark Hilang dari Google Play?

Matikan Data Seluler Ketika Jaringan Sedang Error

Hal ini sangat penting dalam mengatasi android Asus cepat panas. Karena kalau tetap aktif, fitur ini akan terus mencari koneksi meskipun perangkat tidak dipakai.

Oleh karena itu, periksa jaringan internet di android. Kalau kalian merasa sedang gangguan dan sinyalnya buruk, lebih baik non aktifkan data seluler untuk sementara waktu. Kalian bisa menghidupkan kembali saat koneksi sudah membaik.

Jangan Memasang Widget Berlebihan

Sama dengan aplikasi, widget juga bisa mengakibatkan smartphone Asus overheat. Seba dengan adanya fitur ini, di samping kapasitasnya memenuhi memori, cache dan file junk di dalamnya berpotensi menumpuk di dalam smartphone.

Baca Juga :  Tips Memilih Casing Smartphone Yang Tepat.

Oleh karena itu, lebih baik kalian memasang fitur widget sewajarnya saja. Minimal yang memang kalian butuhkan untuk mendukung kinerja ponsel.

Matikan Ponsel Saat Sedang Dicas

Cara mengatasi Smartphone Asus cepat panas berikutnya adalah matikan smartphone saat charging. Kebiasaan memakai hp saat sedang dicas bisa membuat perangkat cepat panas.

Ditambah lagi komponen baterai bisa mengalami overheat yang membuat dayanya berkurang.

Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Xiaomi .

Oleh karena itu, matikan dahulu kalau smartphone akan di-charge. Sebab selain komponennya lebih awet, juga mencegah terjadinya korsleting yang berbahaya.

Jangan Terlalu Lama Bermain Game

Smartphone apapun kalau sering dipakai untuk bermain game pasti cepat panas. Apalagi kalau kapasitas permainannya besar juga bisa memberatkan memori.

Oleh sebab itu, lebih baik kalian memakai smartphone untuk bermain game asalkan tidak berlebihan. Ketika sekiranya smartphone tidak mempunyai spesifikasi yang bagus lebih baik dipakai untuk pekerjaan yang lebih bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mempercepat Windows 10 Anti Lemot .

READ  Tips Mengubah Fungsi Tombol Bixby Samsung Galaxy S10 Series

Smartphone Asus bisa dipakai dalam waktu lama asalkan komponen di dalamnya tidak bermasalah. Oleh karena itu, untuk mencegah smartphone kepanasan silakan terapkan cara mengatasi smartphone Asus yang cepat panas yang sudah dijelaskan di atas ya, Gaes.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.