Cara Mengatasi Smartphone Samsung Restart Sendiri

Mendengar kata Samsung biasanya fikiran kita langsung terlintas, bagus, mewah, mahal, dan berkualitas.Hanya saja seperti biasanya, setiap smartphone pasti pernah mengalami eror.

0

Salah satu contoh kasus yang akan saya bahas disini adalah smarpthone Samsung yang suka restart sendiri saat kalian sedang menggunakannya. Biasanya ini dapat kalian alami ketika kalian buka game dan buka aplikasi medsos yang dibuka secara bersamaan.

Perusahaan Samsung merupakan perusahaan yang sudah berdiri sejak lama. Smartphone yang mereka produksi pun terhitung sebagai smartphone dengan kualitas terbaik. Banyak yang sukses dan laku di pasararn. Akan tetapi, ada juga yang gagal dalam penjualannya karena sau dan berbagai hal.

Mendengar kata Samsung biasanya fikiran kita langsung terlintas, bagus, mewah, mahal, dan berkualitas.Hanya saja seperti biasanya, setiap smartphone pasti pernah mengalami eror.

Salah satu contoh kasus yang akan saya bahas disini adalah smarpthone Samsung yang suka restart sendiri saat kalian sedang menggunakannya.

Biasanya ini dapat kalian alami ketika kalian buka game dan buka aplikasi medsos yang dibuka secara bersamaan.

Pastinya smartphone Samsung restart sendiri bisa menggangu aktivitas, utamanya untuk pelaku bisnis yang sedang melayani pelanggannya via chat. Atau kalian yang sedang menyelesaikan tugas atau pekerjaan di smartphone, tiba-tiba restart sendiri ketika ingin menambahkan sisipan file atau yang lainnya.

Llau bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi error smartphone Samsung seperti ini.

Simak bareng kuy!

Install dan scan dengan Antivirus

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan melakukan instal antivirus lalu scan.

Hal ini karena salah satu penyebab masalah ini yaitu smartphone terkena virus yang ada di internet.

Bisa jadi di smartphone ada virus, oleh sebab itu scan terlebih dahulu memakai antivirus yang bisa kalian unduh di playstore.

Bersihkan File dan Aplikasi yang Tidak Terpakai Kalau Memori Internal Full

Cara kedua ini memang sangat dibutuhkan karena akan membuat aplikasi lain berjalan lambat. 

Hal ini disebabkan saat memori internal kalian full dan saat itu membuka aplikasi berat seperti game maka bisa membuat smartphone Samsung mati hidup sendiri.

Karenanya memori internal tidak kuat menjalankan aplikasi berat karena penuh. 

Masalah lainnya, ketika memori interal kalian penuh dan kalian memakai palikasi berat maupun menggunakan beberapa aplikasi seara bersamaan bisa membuat smartphone cepat panas.

Update sistem android

Cara adalah update sistem android. Sebab bisa jadi ada bug di versi sistem android yang sedang kalian gunakan Karenanya pihak developer update sistem supaya bug tersebut diperbaiki lagi.

Untuk melakukan update sistem android kalian bisa masuk ke Pengaturan, kemudian klik Tentang ponsel (About Phone). Setelah itu tap opsi pilih Pembaruan sistem (System Updates)

Tiap versi pengaturannya berbeda-beda, silahkan kalian sesuaikan.

SD Card sebagai Tempat Penampungan Prioritas

Cara selanjutnya adalah mengganti SD Card sebagai memori internal. Maksudnya disini adalah semua aplikasi yang akan kalian simpan di smarpthone menjadi SD Card.

Caranya mudah. Kalian hanya perlu masuk ke menu Settings, kemudian klik penyimpanan, lalu pada Disk tulis Default kalian pilih SD Card. Tunggu sampai selesai dan smartphone akan restart sendiri nanti.

Reset pabrik (factory data reset)

Cara ini menjadi pilihan terakhir ketika semua cara yang lain tadi gagal kalian lakukan.

Kelemahan cara ini adalah, semua data yang kalian punya akan hilang. Jadi saya sarankan kalian buat backup dahulu agar nanti bisa kalian kembalikan lagi setelah reset pabrik selesai.

Keuntungannya, memori internal kalian akan menjadi lega dan kalian bisa melakukan aktivitas lagi seperti sedia kala.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat, Gaes! Nah, dengan begini kalian dapat melakukan perbaikan sendiri tanpa harus service ketempat perbaikan  smartphone. Kalian dapat melakukan ini sendiri dirumah dengan mudah tanpa harus membeli alat – alat

Leave A Reply

Your email address will not be published.