Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Di-klik

0

Start menu windows 10 tidak bisa di klik pasti membuat kalian sulit untuk membuka beberapa menu yang ada di windows, seperti  settings, recent apps, power dan sebagainya.

Biasanya hal ini diakibatkan oleh adanya bug atau error seperti system corrupt yang terjadi di windows tersebut.

Supaya bisa mengatasinya, tentunya kalian harus memperbaiki bug atau error tersebut. Dapat lewatm update windows, System File Checker, load ulang windows explorer dan sebagainya.

Kalian bisa menyimak pembahasan cara mengatasi start menu windows 10 tidak bisa di klik berikut.

End Task Windows Explorer

Umumnya error yang terjadi saat membuka start menu diakibatkan oleh error dari windows explorer yang berjalan di latar belakang. Solusinya, kalian dapat menghapus windows explorer tersebut lewat task manager dan kembali menambahkannya secara manual.

Langkah pertama, kalian buka task manager di laptop atau komputer kalian lewat, salah satu cara ini.  Menekan tombol keyboard windows + x, lalu klik task manager. Atau menekan tombol keyboard Ctrl + Alt + Del. Atau bisa juga dengan cara Klik kanan pada taskbar lalu klik task manager

Baca Juga : Cara Mengetahui Driver Belum Terinstall di Windows 10

Apabila task manager sudah terbuka, cari Explorer.exe, lalu klik kanan dan tap opsi end task

Nanti, taskbar akan tiba-tiba hilang, kalian tidak perlu khawatir, selanjutnya silahkan tambahkan Explorer.exe secara manual lewat task manager

Tap opsi menu file pada bagian atas task manager, lalu klik opsi Run New task, dan klik browse.

Kemudian, arahkan ke folder C:Windows dan pilih explorer.exe dan klik open

Perbaiki Dengan Powershell

Salah satu penyebab tidak dapat membuka start menu pada windows 10, yaitu adanya file sistem yang corrupt atau rusak. Karena itu kalian harus memperbaikinya lewat Powershell.

Langkah awal, buka task manager, lakukan salah satu cara ini. Dengan menekan tombol keyboard windows + x, lalu klik task manager. Atau menekan tombol keyboard Ctrl + Alt + De. Atau pilih Klik kanan pada taskbar lalu klik task manager

READ  Xiaomi Luncurkan Fitur Pinjaman Online, Mi Credit

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 10

Di bagian atas task manager, tap opsi file, lalu klik opsi Run new task. Kemudian, ketik Powershell, jangan lupa centang pada bagian Create this task with administrative privileges dan tekan OK

Setelah itu, program powershell akan terbuka. Kalian bisa ketik perintah berikut sfc /scannow, lalu tekan enter, fungsi dari perintah tersebut yaitu untuk mencari dan memperbaiki kerusakan atau file corrupt dari system

Di samping dijalankan melalui powershell, perintah di atas juga bisa ipakai di cmd, tapi cmd tersebut harus dibuka lewat akses admin atau run as administrator.

Buat User Baru

Kalau kalian masih mengalami masalah yang sama, kemungkinan akun user yang kalian pakai saat ini memanglah error atau rusak. Untuk itu kalian bisa membuat sebuah akun baru pada windows 10 yang kalian pakai.

Pertama, masuk terlebih dahulu pada Safe Mode. Kemudian buka task manager (Ctrl+Shift+Esc). Pilih File, klik Run New Task. Ketikkan “cmd”. Centang pada bagian “Create this task with administrative privileges”. Lalu tekan Ok

Baca Juga : Cara Restart Laptop Windows 10

Setelahnya, kalian ketikkan perintah “net user nama user /add” di cmd yang sedang dibuka.

Refresh Windows 10

Apabila windows 10 yang kalian pakai mengalami masalah, maka kalian bisa melakukan refresh atau penyegaran terlebih dahulu. 

Masuk terlebih dahulu di Safe Mode, lalu buka CMD. Setelah itu masukkan perintah “Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth” dan Enter. Kalau sudah, lakukan restart pada laptop atau pc kalian.

Lakukan Diagnosa Error

Ketika windows 10 mengalami error salah satunya yaitu start menu tidak bisa di klik, maka hal kalian bisa klik kanan pada Start atau buka menu Settings Lalu tekan menu Recovery. Setelah itu, windows akan troubleshoot dan memberikan solusi terbaik untuk memcahkan masalah yang terjadi.

Kalau prosesnya sudah selesai, lakukan restart pada laptop atau PC yang kalian pakai.

Re-install Apps Windows

READ  Tampilan baru Facebook Mirip Twitter, plus Dark Mode

Aplikasi bawaan windows bisa saja menjadi penyebab kalian tidak membuka start menu. Biasanya hal ini disebabkan karena error system atau app windows yang terkena virus.

Kalian bisa langsung buka powershell di laptop atau pc, lalu buka task manager dengan menekan tombol ctrl + shift + esc, lalu klik menu file di task manager dan tap opsi run new task.

Di kolom yang tersedia, silahkan ketik Power Shell dan centang opsi create this task with administrative privileges, lalu klik OK.

Baca Juga : Restart Windows 10 tanpa Reboot

Kalau powershell sudah terbuka, silahkan ketik Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)AppXManifest.xml”}

Klik enter. Kalian tinggal menunggu sampai proses selesai, jika sudah selesai jangan lupa restart pc atau laptop kalian.

Update Windows

Microsoft selalu melakukan update untuk windows 10, selain menambah fitur baru, tentunya untuk memperbaiki bug yang ada. Bisa jadi start menu yang tidak bisa dibuka dikarenakan karena versi windows 10 yang kalian pakai adalah versi lawas dan terdapat bug atau error, jadi lakukan update windows 10 tersebut.

Caranya ,di bagian taskbar, klik menu pencarian, lalu ketik Windows Update. Kemudian tap opsi menu Check for updates.

Tunggu proses update selesai, pastikan koneksi internet kalian stabil atau cepat. Jangan lupa restart laptop atau komputer setelah update windows.

Itu tadi beberapa cara mengatasi start menu windows 10 yang tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.