Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka di Smartphone Android

0

Telegram merupakan aplikasi messaging dengan fokus pada kecepatan dan keamanan. Aplikasi ini terbilang sangat simple, cepat, ringan, dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. 

Banyak orang berkata bahwa Telegram mirip dengan whatsapp. Menariknya aplikasi ini tanpa Iklan atau Adsense. Artinya pengguna dibuat nyaman dengan aplikasi ini. Ditambah lahi tidak ada biaya langganan perbulan atau pertahun. Aplikasi Telegram ini benar-benar gratis.

Baca Juga : cara-membuat-telegram

Dari banyaknya pengguna Telegram, ternyata ada saja beberapa pengguna yang mengalami masalah, salah satunya apliaksi tidak bisa dibuka. Baru-baru ini muncul Masalah Pada Aplikasi Telegram Yang Tidak Bisa Dibuka Dan Muncul Pesan Error, salah satunya adalah pesan bertuliskan “Sayangnya Telegram Telah Berhenti” atau “Unfortunately Telegram Has Stopped”.

Baca Juga : cara-hapus-kontak-telegram

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Penyebab umum Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka, Macet, ataupun Error biasanya disebabkan file sampah yang terus menumpuk pada Android dan membuat aplikasi terjadi error, macet, dan rusak. Atau bisa saja yang paling buruk terkena Virus. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. 

Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk Membersihkan File Sampah Android, kalian bisa langsung masuk pada pengaturan dan bersihkan file sampah pada aplikasi Telegram. Tetapi untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya install aplikasi Cleaner atau Pembersih seperti Clean Master1 Tap CleanerCCleaner, dan aplikasi cleaner lainnya.

Baca Juga : cara-membuat-grup-telegram

Untuk membersihkannya, kalian hanya perlu buka menu Setelan, klik Aplikasi Terinstal, kemudian tap opsi Telegram. Selanjutnya klik tombol Hapus Data, dan pilihlah Bersihkan Cache. Selesai.

Hapus Data Aplikasi

Kalau cara pertama tidak berhasil maka coba dengan metode kedua dengan Menghapus Data Aplikasi Telegram. Cara ini akan membersihkan Telegram dari file sampah, historysetelanchatdata loginbasis data, dan lainnya.

Baca Juga : cara-menghapus-akun-telegram

READ  Cara Mengatasi proses android.process.acore Telah Berhenti

Untuk menghapus data aplikasi telegram, kalian cukup buka menu Settings, klik opsi Aplikasi Terinstall. Kemudian tap opsi Telegram. Berikutnya klik menu Hapus Data, dan klik Kelola Ruang.

Install Ulang Aplikasi

Supaya lebih amannya dan terjamin lebih baik, sebaiknya nantinya unduh aplikasi Telegram langsung dari Playstore, bukan dari Apk dari situs pihak ketiga yang belum tentu aman. 

Untuk menghapus aplikasi telegram kalian cukup buka Setelan. Lalu klik Aplikasi Terinstall. Tap opsi Uninstall. Lalu Ok. Setelah itu, kalian bisa instal kembali aplikasi Telegram di Play Store.

Restart Smartphone

Cara berikunya yaitu restart atau Reboot Smartphone Android. Hal ini bertujuan agar Android lebih bersih dari file sampah, lebih fresh dan aplikasi Telegram juga serasa lebih baru.

Baca Juga : cara-mengirim-pesan-diam-diam-di-telegram

Untuk menghindari kesalahan, error, ataupun macet pada aplikasi Telegram sebaiknya kalian pakai aplikasi cleaner dan bersihkan file sampah yang ada di Android secara rutin. Ada banyak aplikasi cleaner yang bisa kalian coba gunakan seperti Clean Master1 Tap CleanerCCleanerCM SecurityCM Booster, dan lainnya. Anda bisa cari langsung pada Google Play Store dengan kata kunci “Cleaner”.

Nah, demikianlah ulasan singkat tentang cara mengatasi Telegram tidak bisa dibuka, macet, dan error di smartphone android.

Kalau ada yang ingin kalian tanyakan, bisa tulis di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Dan jangan lupa untuk terus update info dan berita terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada juga tips keren dan review produk terbaru 2020.

 

Sampai bertemu di artikel yang lainnya.

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.