Cara Mengatasi Tidak Bisa Edit di Excel

0

Untuk mempermudah mengolah data berupa angka dalam jumlah banyak kalian biasanya akan memanfaatkan aplikasi pengelolah angka, seperti microsoft excel.

Microsoft excel sendiri adalah salah satu produk yang bisa kalian dapatkan dari microsoft office.

Terdapat banyak fitur yang sangat bermanfaat dan memudahkan kalian mengoperasikan microsoft excel. Salah satunya fitur Protected View. 

Dengan memakai fitur ini excel tidak bisa diedit apabila dibuka oleh orang lain, sehingga akan menjaga keamanan data tersebut.

Akan tetapi di beberapa pengguna, fitur Protected View termasuk masalah, karena file excel tersebut hanya bisa dibaca saja, tetapi tidak bisa diedit.

Baca Juga : Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa Dicopy atau dan Diedit Orang Lain

Meski begitu kalian tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membuat file excel tersebut bisa di dit kembali. 

Kalian penasaran bagaimana saja caranya? Langsung cekidot kuy!

Nonaktifkan Fitur Protected View

 

Protected View adalah fitur keamanan yang bisa kalian jumpai pada semua produk microsoft office, termasuk microsoft exel.

Fitur ini akan membantu kalian melindungi file excel dari serangan virus. Tetapai, apabila fitur ini aktif orang yang membuka dokumen excel tersebut hanya bisa melihatnya saja atau read-only dan tidak bisa mengedit dokumen tersebut.

Baca Juga : Cara Mengatasi File Exe Tidak Bisa dibuka di Windows 10

Oleh sebab itu ada baiknya kalian menonkatifkan terlebih dahulu Protected View supaya bisa mengedit dokumen excel tersebut.

Lewat Properties File Excel

Dengan cara ini, kalian bisa cari dan menentukan file excel yang tidak bisa diedit tersebut. Kemudian klik kanan dan pilih propertis.

Seterusnya, pada bagian bawah kanan, klik tombol unlock. Sampai disini file excel tersebut sudah bisa kalian edit.

Baca Juga : Cara Mengunci File atau Folder di Windows 10

READ  Xiaomi Luncurkan Fitur Pinjaman Online, Mi Credit

Apabila kalian memakai cara pertama, tetapi tidak menemukan tombol unlock, silahkan lakukan cara lainnya.

Lewat Trust center

Langkah yang bisa kalian lakukan dengan cara kedua ini adalah, pertamamya kalian pastikan sudah membuka file excel yang tidak bisa diedit tersebut. Kemudian klik menu file pada bagian atas dan tap opsi options.

Nantinya pada jendela options yang terbuka, silahkan klik menu Trust Center pada bagian kiri bawah. Lalu, klik tombol Trust Center Setting di bagian kiri. Apabila trust center sudah terbuka, klik menu Protected View pada bagian kiri

Baca Juga : Cara Compress file PDF dengan Mudah

Selanjutnya hilangkan tanda centang pada semua pilihan ini. Yaitu, Enabe protected view for files originating from the internet, Enable protected view for file located on potencialy unsafe locations, dan Enable protected view for outlook attachments. Kalau sudah, klik tombol ok pada bagian bawah.

Sampai disini, silahkan close dokumen excel tersebut, kemudian buka kembali. Seharusnya excel tersebut sudah bisa diedit.

Aktifkan Izin Edit Pada Cell

Apabila file excel yang kalian buka, ada fitur read-only, maka bisa dipastikan file excel tersebut hanya bisa kalian baca saja dan tidak bisa diedit. Hal ini terjadi sebab fitur Allow editing directly in cells dinonaktifkan.

Untuk menonaktifkan fitur edit cell tersebut,  kalian silahkan buka file microsoft excel. Kemudian klik menu file di bagian atas dan pilih menu options pada bagian bawah. Setealhnya klik menu Advanced.

Nanti di bagian Editing options, silahkan centang opsi Allow editing directly in cells. Yang terakhir, simpan perubahan dengan menekan tombol OK.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi excel tidak bisa diedit. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Salam teknologi, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.