Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android

0

Pernahkah kalian mengalami samrtphone android kalian tidak bisa menginstal aplikasi? Kalau iya. Berarti klaian teoat ada di artkel ini karena saya akan memberikan tips atau cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di smartphone Android.

Masalah tentang aplikasi yang tidak bisa diinstal pastinya menjadi masalah penting yang harus kalian perhatikan.  Hal semacam ini bisa saja terjadi tidak hanya pada satu merek smartphone saja, tetapi pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, dan lainnya.

 

Penyebab dari aplikasi tidak bisa install bisa bermacam-macam. Dan setiap pengguna smartphone Android pasti mempunyai alasan yang berbeda-beda.

 

Yang paling sering biasanya pengguna memperoleh pesan pop up error bertuliskan “application cannot be installed in the default installation location”“not enough space on device”“insufficient storage available”, “out of space”“tidak cukup ruang pada perangkay““penyimpanan internal hampir penuh”, “penyimpanan tidak memadai”,dan mungkin masih ada pesan error lain yang belum diketahui.

Baca juga : 4 Aplikasi Dwonload Video di Instagram

Penyebab Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Jika pesan yang muncul seperti di atas tai, itu berarti ada masalah di sektor RAM dan memori Internal. Kalau kedua bagian memori utama tersebut penuh atau sudah tidak menampung file lain lagi, maka Aplikasi apapun juga tidak bisa kalian tambahkan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi tidak bisa terinsstall di bawah ini.

Hardware dan Sistem Android tidak mendukung

Hardware dan OS Android yang tidak mendukung biasanya memang gagal dalam instalasi aplikasi, terutama dari Playstore. Biasanya setiap aplikasi di Google Playstore memberikan sedikit reviews mengenai support OS.

Baca Juga : Cara Install Font Windows di Ubuntu

Apabila Aplikasi Support pada Android Lollipop v5.0, maka pastikan Aplikasi tersebut tidak support pada OS di bawahnya seperti Kitkat dan juga Jelly Bean. Ada baiknya juga kalian sebelum install aplikasi, pastikan melihat keterangan support OS dari Aplikasi tersebut.

Sering Install dan Uninstall Aplikasi

Kalau sebelumnya kalian sering kali menginstall aplikasi dan menghapus aplikasi, tanpa membersihkan file sampah atau residual file dari Aplikasi tersebut maka akan terjadi error secara berlebihan.

Hal ini seringkali terjadi pada pengguna Android yang sedikit awam mengenai perawatan Sistem.

RAM dan Memori Internal Sudah Penuh

RAM dan memori internal yang penuh tidak akan bisa install aplikasi lagi. Hal ini biasanya akan menampilkan pesan error seperti di atas tadi. Cara mengatasinya cukup mudah.

Kalian sebagai pengguna harus mengurangi penggunaan memori internal supaya bisa install aplikasi lain lagi.

Baca Juga : Cara Mengintall Aplikasi di Fibbit Smartwatch.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi

Sesudah kalian menyimak beberapa faktor yang membuat aplikasi tidak bisa di install. Selanjutnya, ada beberapa metode yang perlu kalian lakukan supaya smartphone Android bisa menerima Aplikasi baru lagi.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di semua perangkat Android.

Berikan Izin Pada Aplikasi

Jika kalian menginstall aplikasi di luar dari Playstore atau dari Sumber yang tidak di kenal semacam file apk, maka kalian harus memberikan izin pada aplikasi tersebut supaya bisa di Install.

Baca Juga : cara-uninstall-aplikasi-di-laptop-atau-pc-sampai-tuntas

Hal ini perlu kalian lakukan supaya aplikasi bisa di Install. Memberikan izin pada aplikasi pada setiap perangkat Android berbeda-beda. Sebagai contohnya di bawah ini saya melakukannya pada smartphone OPPO.

Pertama-tama kalian buka menu Pengaturan, kemudian klik opsi Setelan Tambahan. Setelah itu tap opsi Keamanan dan Privasi. Kemudian lakukan perizinan pada Aplikasi dengan menggeser tombol “Izinkan Penginstalan Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal”.

Hapus Aplikasi yang Tidak Pernah dipakai

Metode kedua yang bisa kalian lakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak pernah dipakai.

Ini supaya bisa lebih hemat dengan memori Internal kalian. Di samping itu, hal ini cukup dapat mempercepat kinerja smartphone Android karena berkurangnya satu aplikasi.

Baca Juga : cara-memindahkan-aplikasi-yang-tidak-bisa-dipindah-ke-sd-card-di-android/

Caranya sangat mudah, kalian tinggal buka menu Pengaturan, kemudian klik Setelan Tambahan. Selanjutnya tap opsi Manajemen Aplikasi. Dan berikutnya cari “Nama Aplikasi”, Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Hapus File Cache Secara Berkala

Cara selanjutnya ini perlu kalian lakukan agar aplikasi bisa berjalan dengan ringan dan semua masalah error juga hilang.

Kalau kalian mempunyai apikasi celaner, bisa juga memakai aplikasi tersebut untuk membersihkan file cache. Dan setelah itu, lakukan restart.

Langkah yang bisa kalian lakukan adalah membuka menu Pengaturan. Klik opsi Setelan Tambahan, lalu tekan tombol Manajemen Aplikasi. Setelah itu cari “Nama Aplikasi”. Kemudian tap “Hapus Cache”.

Bersihkan Memori Internal

Metode ke empat yang bisa kalian coba adalah membersihkan memori internal. Seperti cara ini sama dengan memberihkan file cache, tapibedaannya adalah membersihkan memori Internal bisa memakai aplikasi bawaan dan bisa di lakukan dengan cepat.

Baca Juga : aplikasi-editor-foto-terbaik-2020-untuk-android-dan-iphone

Kalian bisa membuka menu Pengaturan, kemudian klik opsi Setelan Tambahan. Selanjutnya tap opsi Penyimpanan, lalu tekan tombol Pembersihkan File. Sekarang, tunggu sampai proses membersihan file cache dan recidual selesai.

Hentikan dan Hapus Data Google Play Store

Jika yang terjadi error adalah playstore, kalian bisa melakukan perbaikan pada Google Playstore.

Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan file cache dan menghapus data aplikasi. Kalian hanya perlu membuka menu Pengaturan. Kemudian tap opsi Setelan Tambahan, dan klik Manajemen Aplikasi. Tekan tombol Semua.  Dan cari aplikasi “Google Play Store”. Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

 

Factory Reset Android

Apabila semua metode di atas tidak berhasil mengatasi aplikasi yang tidak bisa diinstall, maka hal terakhir yang bisa kalian coba adalah reset ulang android.

Hal semacam ini sebenarnya sangat beresiko, karena semua data dan aplikasi akan hilang secara total.

Untuk mengamankan data, sebaiknya kalian backup dulu semua data penting yang kalian punya, utamanya foto, video, aplikasi apk, daftar kontakpesan, dan lainnya.

Kalau sudah, barulah kalian mulai melakukan reset pada smartphone android.

Kalian hanya perlu membuka menu Pengaturan. Kemudian klik Setelan Tambahan, dan tap opsi Buat Cadangan dan Reset. Kemudian tap opsi “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Dengan adanya beberapa cara di atas, semoga permasalahan yang ada di smartphone Android kalian bisa teratasi dengan baik. 

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.