Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Touchpad pada laptop memang menjadi salah satu bagian komponen penting untuk menggantikan dan membuat kursor bergerak kemana saja kalian inginkan. Sebagian orang banyak yang mengatakan Touchpad Laptop pengganti mouse laptop. Umumnya penyebutan ini untuk kalian dengar di kalangan pelajar.

0

Masing-masing Touchpad Laptop mempunyai sensitifitas yang berbeda. Dengan kata lain setiap disentuh ada perbedaan yang mendasar dari masing-masing Laptop, ada yang keset, ada yang lancar, ada yang tersendat, dan lainnya.

Kalian para pengguna laptop pasti sudah tidak asing dengan touchpad bukan? Apa jadinya kalau toudhpad laptop kalian tidak berfungsi? Pastinya bingung bukan?

Touchpad pada laptop memang menjadi salah satu bagian komponen penting untuk menggantikan dan membuat kursor bergerak kemana saja kalian inginkan.

Sebagian orang banyak yang mengatakan Touchpad Laptop pengganti mouse
laptop. Umumnya penyebutan ini untuk kalian dengar di kalangan pelajar.

Masing-masing Touchpad Laptop mempunyai sensitifitas yang berbeda. Dengan kata lain setiap disentuh ada perbedaan yang mendasar dari masing-masing Laptop, ada yang keset, ada yang lancar, ada yang tersendat, dan lainnya.

Touchpad pada Laptop sendiri sering mengalami berbagai masalah di antaranya kursor tidak bergerak. Dengan begitu Touchpad Laptop jadi tidak berfungsi dengan baik.

Walaupun kalian sudah coba menyentuh dan menggesek-gesek dengan jari berkali-kali tetap tidak dapat menggerakan kursor.

Masalah ini kebanyakan sering terjadi pada orang yang tidak sengaja menekan tombol di keyboard untuk menonaktifkan touchpad supaya tidak dapat digerakan.

Akan tetapi masalah ini juga dapat disebabkan virus yang menyerang laptop secara diam-diam maupun karena kesalahan dalam driver Laptop sendiri.

Kalau begitu, seperti masalah kalian ini apa ada cara mengatasinya? Ada kok, Gaes. Berikut beberapa cara mengatasinya. Cek sampai akhir ya..

Menekan tombol untuk mengaktifkan Touchpad

Sebagaimana yang sudah saya tulis sebelumnya, kebanyakan Touchpad tidak berfungsi yang mengakibatkan kursor tidak bergerak karena ketidaksengajaan menekan tombol di keyboard untuk menonatkfikan Touchpad Laptop. Oleh karena itu, kalian harus mengembalikannya seperti semula.

Bagaimana cara mengaktifkan touchpad laptop kembali? Untuk  Laptop Merek Lenovo tekan tombol F6. Untuk Laptop Merek Acer kalian bisa tekan tombol F7.

Sedangkan untuk Laptop Merek Mac dengan menekan tombol F2. Laptop Merek Asus dengan menekan tombol F3 atau F7.

Laptop Merek Dell dapat dikembalikan fungsi touchpadnya dengan menekan tombol F7. Dan untuk Laptop Merek Toshiba tekan saja tombol F9.

Kalau tetap tidak bisa? Berarti bisa jadi masalah ada dalam driver Laptop.

Install ulang Driver Touchpad

Kalian bisa hapus atau uninstall driver-nya, sebab umumnya hal kedua yang paling sering jadi masalah kursor tidak bergerak karena driver.

Seperti apa cara install ulang driver Touchpad? Sebelumnya kalian periksa dulu windows yang kalian pakai. Kalau memakai windows 7 dan windows 8 driver tidak terdeteksi kalau diuninstall. Karenanya kalian harus menginstall driver kembali dengan cara manual.

Untuk driver Touchpad dari masing-masing merk dapat kalian lihat di situs resminya

Untuk laptop Lenovo: silakan kunjungi situs https://support.lenovo.com/id/en/search?query=TouchPad%20Driver&searchLocation=masthead_S

Pada laptop Acer silahkan berkunjung kesini: https://www.acer.com/ac/en/US/content/drivers

Untuk kalian para pengguna laptop Asus, download disini ya https://www.asus.com/id/support/Download/3/772/0/3/wTAlhCWbY6urQkZ3/45/

Bagi para pengguna laptop Delllangsung klik tautan ini ya, Gaes. http://www.dell.com/support/home/id/en/idbsdt1/Drivers/DriversDetails?driverId=1JW07

Terakhir, untuk lapotp Toshiba langsung kunjungi saja situs http://support.toshiba.com/drivers

Menariknya, pada windows 10 kalian sudah da[at mendeteksi selesai restart. Karenanya kalian tidak harus menginstall driver secara manual. 

Tetapi kalau misalkan tidak terdeteksi kalian bisa cari driver Touchpad-nya lewat situs resmi yang sudah saya bagikan di atas.

Untuk cara install ulang driver Touchpad, kalian bisa install dulu driver Touchpad untuk jaga-jaga, selanjutnya klik tombol logo windows+R. Kemudian ketik perintah: mmc devmgmt.msc

Selanjutnya, kalian cari bagian mouse & pointing klik kanan kemudian uninstall dan Restart Laptop.

Tunggu beberapa saat sampai laptop akan mendeteksi kembali driver touchpad yang kalian pakai.

Kalau misalnya masih tidak berfungsi silahkan install manual drive Touchpad yang tadi sudah kalian peroleh dari situs resmi

Masih tidak bisa juga? Boleh coba install antivirus dan scan. Cara terakhir, bawa ke service center atau tempat service yang terpercaya.

Baca Juga :

Salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat memperbaiki TOuchpad laptop kalian yang sekiranya rusak karena masalah internal. Kalian dapat menyobanya pada setiap jenis laptop. Dengan begini klaian tidak harus pergi ke tempat service laptop.

READ  Cara Mudah Menggunakan Google Translate Offline, Tanpa Kuota!

Leave A Reply

Your email address will not be published.