Cara Mengatasi Touchscreen Error di Smartphone Android

0

Touchscreen atau layar sentuh adalah komponen terpenting dalam smartphone yang dipakai untuk berinteraksi dengan smartphone. Baik saat menjalankan aplikasi, melakukan chatting, bermain game dan pekerjaan lainnya. Tetapi meski mempunyai fungsi penting, touchscreen ternyata juga bisa mengalami error dan tidak bisa merespon sentuhan. Karena itu, kali ini saya akan membagi ke kalian cara untuk mengatasi masalah touchscreen error di smartphone Android

Terjadinya error pada touchscreen smartphone Android adalah masalah yang wajar. Sebab, kita menyentuh layar ponsel sampai ratusan kali dalam sehari dan masalah bisa muncul kapan saja. 

Beberapa error yang sering terjadi pada touchscreen smartphone android, misalnya touchscreen error sebagian, touchscreen error kena air, touchscreen tidak bisa disentuh, touchscreen meleset (tidak akurat), touchscreen bergerak sendiri, layar sentuh tidak merespon.

Kalau  kalian mengalami masalah error di touchscreen smartphone, berikut ini saya berikan cara untuk mengatasi touchscreen error pada Smartphone Android ya, Gaes.

Cara Mengatasi Touchscreen Error di Smartphone Android

Gaes, ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk berbagai smartphone, seperti merk Samsung, Xiaomi, Oppo, Acer, Asus, Advan, LG, HP dan merk lainnya.

Restart Smartphone

Kalian mengatasi touchscreen error dengan cara merestart smartphone android kalian. Cara ini paling mudah dan cukup efektif untuk mengatasi berbagai error ringan pada smartphone kalian.

Erornya touchscreen juga bisa disebabkan smartphone yang sudah dipakai cukup lama dan jarang direstart. Sebab itulah, merestart smartphone sebagai salah satu cara untuk mengatasi eror touchscreen.

Safe Mode

Fitur Safe Mode ini memungkinkan kalian memakai smartphone android dengan software kosong, tanpa layanan atau aplikasi yang diinstal di smartphone.

Kalian bisa masuk safe mode di android yaitu dengan tekan dan tahan tombol Power. Kemudian tekan dan tahan menu Power Off  dan ada tampilan prompt untuk masuk ke Safe Mode.

 

Pilih Accept atau tap layar dua kali dan ponsel kalian akan masuk ke Safe Mode. Sedangkan untuk keluar dari Safe Mode, kalian bisa ulangi prosedur tadi tapi pilih opsi Restart.

 

Lepas Pelindung Layar

Sampai saat ini banyak pengguna smartphone yang memasang pelindung layar atau screen protector untuk melindungi layar android mereka. Padahal, kalau kita tahu panel plastik atau kaca ini justru bisa menghambat sinyal sentuhan kalian mencapai panel display.

Karena itu, saat touchscreen error sebagian atau tidak merespon sama sekali, kalian bisa coba melepas pelindung layar. 

Lepas SIM Card

Kalian bisa melepaskan SIM Card dan Memory Card dari smartphone Android. Setelah lepas, coba kalian nyalakan kembali smartphone dan cek Touchscreen. Kalau Touchscreen berfungsi normal, kalian bisa masukkan kembali SIM Card dan Memory Card yang tadi dikeluarkan.

Diagnosa Display

Untuk mengatasi Touchscreen Error lainnya bisa dengan mendiagnosa display ponsel. Kalian bisa memakai  Display Tester  untuk mendiagnosa display ponsel.

 

Langkah awal, kalian install aplikasi Display Tester. Kemudian masuk ke tab Tests. Beriktunya kalian dapat mendeteksi dead pixels, burn-in layar OLED, status multi-touch dan masih banyak lagi lainnya.

Ketika hasil positif diuji multi-touch, artinya touchscreen bisa berfungsi dengan normal dan bisa jadi masalah terjadi akibat aplikasi ketiga ya, Gaes.

Meningkatkan Latensi Layar

Gaes, kalian bisa meningkatkan latensi layar ketika touchscreen error sebagian. Latensi layar bisa dijalankan dengan memakai aplikasi pihak ketiga seperti Touchscreen Repair.

Aplikasi Touchscreen Repair ini mempunyai fungsi mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respons. Touchscreen Repair ini nanti akan meminta kalian untuk menyentuh sebagian dari layar. Beberapa saat kemudian ia akan menurunkan latensi layar secara artifisial semaksimal mungkin.

Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Touchscreen error biasanya disebabkan terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan memakan RAM smartphone. Karena itu, kalian dapat menghentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang. 

Caranya dengan membuka Setelan, kemudian klik Aplikasi. Setelahnya klik aplikasi yang kalian inginkan, dan pilih hentikan aplikasi. Selesai

Kalibrasi Layar

Dengan pemakaian smartphone secara terus menerus dapat membuat layar menjadi lebih hangat atau bahkan terlihat lebih dingin yang menyebabkan touchscreen error. 

 

Kalibrasi layar bisa memakai aplikasi pihak ketiga seperti Touchscreen Calibration. Ini berfungsi untuk memeriksa touchscreen dan mengoreksi warna perangkat Android

 

Demikianlah info tentang cara mengatasi touchscreen error di smartphone Android. Semoga bermanfaat ya, Gaes. See you again!

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.