Cara Mengatasi “ Unfortunatelly, App Has Stopped“ di Android

0

Untuk kalian para pengguna smartphone android, pasti sudah tidak asing lagi dengan notif “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”.

Apabila hal ini tidak segera diatasi, tentunya error seperti ini akan sering muncul. Karena itu, saya  di sini akan memberikan berbagai cara mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di android.

Baca Juga : Cara Mengatasi Facebook Diblokir Tidak Bisa Like dan Komentar Status .

Pastinya sangat menjengkelkan kalau sedang asyik-asyiknya bermain game atau memakai aplikasi lalu tiba-tiba aplikasi tersebut keluar sendiri/force close dan muncul notif “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” atau “Unfortunatelly, App Has Stopped“.

Aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba ini biasanya terjadi pada smartphone android low-end yang mempunyai spesifikasi minim. Meskipan begitu, aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba (force close) ini juga bisa terjadi pada smartphone yang berspesifikasi gahar.

Biasanya error atau notif yang keluar ada bermacam macam. Misalnya, Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti; Unfortunatelly, App Has Stopped; Sayangnya, Facebook Telah Berhenti; Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti; Sayangnya, Proses com.android.systemui Telah Berhenti; Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti; dan lainnya.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Quotes Keren Terbaik 2020 Untuk Android .

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang bisa membuat error seperti di atas. Baik dari memori RAM yang penuh, file cache menumpuk, aplikasi tidak terupdate, smartphone jadul, OS Android tidak kompatible dengan versi aplikasi, dan lain-lain.

Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

Untuk mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di android, kalian perlu melakukan beberapa hal yang perlu kalian lakukan berikut ini. 

Hapus File Cache

Dalam smartphone adnroid, file cache adalah file sementara, Cache berguna untuk menyimpan data sementara sebuah apliaksi.

Contohnya, saat pertama kali membuka aplikasi Facebook akan terasa lebih lama. Tetapi kalau dibuka untuk kedua atau ketiga kalinya, aplikasi akan terbuka dengan cepat. Itulah fungsi cache.

Tapi, lama-lama file cache ini akan terus menumpuk seperti gunung. Kalau hal ini dibiarkan maka selain bisa membuat smartphone android, juga bisa membuat sebuah aplikasi mengalami force close dan muncul error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Whatsapp Error .

READ  5 Aplikasi Terbaik untuk Membuat Foto Bergerak di Android

Untuk mengatasi hal ini, kalian harus rajin membersihkan cache secara berkala.

Ada banyak aplikasi pembersih cache yang bagus. Saya memberikan rekomendasi aplikasi CCleaner, Files Go dan Clean Master.

Tiga aplikasi di atas cukup bagus untuk menghapus file cache sampai bersih dan bisa membuat ruang penyimpanan menjadi lega kembali. Kalian juga bisa menghapus cache pada aplikasi tertentu saja.

Caranya masuk ke menu Pengaturan, kemudian klik opsi Aplikasi kemudian cari Aplikasi yang ingin dihapus cache nya. Berikutnya itu pilih Clear Cache.

Hapus Data Aplikasi

Apabila menghapus file cache belum cukup untuk mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” atau ” Unfortunatelly, App Has Stopped” maka kalian harus untuk menghapus data aplikasi.

Saat aplikasi yang ingin dihapus datanya adalah aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dll maka kalian harus ingat data login seperti email dan password.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Lag Lemot Saat Main Game .

Ini disebabkan dengan menghapus data aplikasi, maka aplikasi tersebut sama seperti baru saja diinstall.

Untuk menghapus data aplikasi, kalian bisa pergi ke menu Pengaturan dan klik Aplikasi. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin dihapus datanya, lalu pilih Clear Data.

Restart Samrtphone

Ini merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di Xiaomi, Oppo dan smartphone android lainnya.

Kalian bisa mematikan dan hidupkan kembali smartphone kalian. Coba lagi aplikasi yang sebelumnya mengalami force close. Biasanya dengan cara restart, notif error ‘Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti’ tidak akan terjadi lagi.

Bersihkan RAM Smartphone

Masalah seperti “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” atau “com.android.phone telah berhenti” biasanya terjadi pada ponsel android low-end yang mempunyai RAM kecil.

Kalau memori RAM penuh, tentu tidak ada ruang yang bisa dipakai utuk menjalankan aplikasi yang lainnya.

Kalau memori RAM androdi kalian di bawah 1 GB, solusinya anda harus rajin membersihkan RAM agar menjadi lega dan cukup muat untuk menampung aplikasi yang dijalankan.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau Error.

READ  Cara Mengedit Video Menggunakan Aplikasi KineMaster Biar Keren!

Cara membersihkan RAM berbeda-beda dalam setiap smartphone. Biasanya dengan cara menekan (dan tahan) tombol menu (atau home, tergantung settingan smartphone). Lalu pastikan sudah muncul daftar aplikasi yang berjalan seperti di bawah ini.

Untuk membersihkan RAM, klik tanda “X” yang berada di bagian bawah tersebut. Dengan begitu, RAM akan kembali lega.

Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang atau Background

Penyebab aplikasi sering force close atau berhenti tiba-tiba dan muncul notif “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” biasanya karena menumpuknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Kalau memori RAM kalian besar (3GB keatas), hal ini bukan masalah. Tapi kalau memori RAM kalian kecil, kalian perlu menghentikan secara paksa aplikasi yang tidak dipakai dan berjalan di background. 

Caranya, kalian pergi ke Pengaturan atur kemudian pilih Aplikasi, danklik Running.

Nantinya akan tampil beberapa daftar aplikasi yang berjalan di background. Pilih aplikasi yang sekiranya tidak sedang kalian pakai lalu tekan tombol Stop/Berhenti.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Window 10

Update Aplikasi

Kalian bisa melakukan update secara berkala untuk memperbaiki bug dan menstabilkan aplikasi supaya makin lancar dipakai dan tidak eror. Cara ini juga bisa membuat kalian mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

Upgrade OS Android

Beberapa aplikasi terbaru tidak kompatibel dengan versi android jadul seperti KitkatGingerbread atau versi di bawahnya. Solusinya adalah melakukan upgrade versi android supaya aplikasi tersebut kompatibel.

Biasanya vendor smartphone akan memberikan update OS secara berkala. Misalnya seperti Lenovo A6000 Plus saya yang masih Kitkat memperoleh update ke versi Lollipop.

Baca Juga : Tips Membuat Nomor Smartphone Sibuk.

Dengan upgrade ke versi terbaru, aplikasi yang berhenti tiba-tiba dan muncul error “Unfortunatelly, App Has Stopped” akan hilang.

Gunakan Custom ROM

Pakailah Cusrom yang ringan dan kompatibel dengan martphone agar lancar saat membuka aplikasi.

Custom ROM ada banyak macamnya. Misalnya Resurrection Remix OS, Lineage OS, CopperheadOS, AOKP.

Kalian bisa pilih custom ROM yang cocok dan install pada smartphone kalian. Untuk cara install Custom ROM sendiri, kalian bisa mencari tutorialnya di Google.

Lakukan Factory Reset 

READ  5 Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install Windows 10

Ketika kalian melakukan factory reset, maka smartphone akan kembali seperti baru keluar dari pabrik. Oleh sebab itu, pastikan kalian sudah melakukan backup data dan file penting supaya tidak hilang.

Baca Juga :  TIps Upgrade Android.

Ada 2 cara untuk melakukan reset di smartphone android, yaitu dengan melakukan factory reset lewat menu pengaturan dan reset smartphone dengan cara hard reset.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian pakai untuk mengatasi aplikasi yang sering force close dan muncul notif ‘App Has Stopped’.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.