Cara Mengatasi Unsend Chat di WhatsApp Lebih Dari 7 Menit

0

Aplikasi WhatsApp bukan lagi menjadi aplikasi yang asing. Karena saat ini ada lebih dari 1 milyar pengguna aplikasi WhatsApp di seluruh dunia. Hampir semua orang di bumi ini menggunakan apliaksi WhatsApp. Selain untuk berkomunikasi, kini WhatsApp bertransformasi menjadi media berkirim foto, video, dokumen, bahkan memberikan fitur baru yang menarik seperti update status seperti di Instagram story. Pastinya ini menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi chatting terbaik yang pernah ada. Walaupun sempat beberapa kali mengalami down, reputasi WhatsApp karena bisa menghubungkan orang yang super jauh jadi dekat. Layanan video call yang memberikan sensai seperti bertemu langsung. Bahkan bisa melakukan video call dengan lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan makin membuat aplikasi ini digandrungi para penggunanya.  

Dan seperti yang sudah kita ketahui beberapa waktu lalu WhatsApp juga memberikan layanan fitur terbaru untuk memberikan kenyamanan penggunanya. Kali ini, WhatsApp menghadirkan fitur unsend ketika kamu chatting dengan orang lain.

Pada umumnya kita akan kebingungan saat salah kamar ke grup WhatsApp lain sehingga tidak bisa menghapusnya untuk semua orang yang ada di grup tersebut. Sebelum ada fitur unsend, meskipun kita menghapus pesan pada grup. Maka pesan tersebut tetap bisa dibaca.

Tetapi setelah hadirnya fitur unsend, semua jadi teratasi. Sayangnya, fitur tersebut hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu 7 menit. Karenanya, saat kita salah kamar chat di grup, kita harus segera menghapus pesan itu sebelum fitur itu tidak muncul setelah menit ke tujuh. Tapi, siapa tahu kita baru sadar setelah menit ke-8 atau ke-9, bukan?

Ya, fitur unsend tersebut memang mempunyai tiga opsi. Di antaranya delete for me, cancel dan delete for everyone sehingga kita akan dengan mudah menghapus pesan tersebut. 

Kembali ke masalah awal, fitur ini ternyata hadir hanya dalam waktu 7 menit saja. Tetapi tenang, Gaes.  Ada cara untuk mengatasinya kok. Dikutip dari halaman Kompas Tekno, ada teknik untuk menghapus pesan tersebut tanpa harus melihat waktu.

Cara Mengatasi Unsend Chat di WhatsApp Lebih Dari 7 Menit

Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menghapus chat yang sudah terlanjur terkirim di grup lain. Cara ini bisa dipakai di smartphone dengan merk dan tipe apa saja ya, Gaes.

Pertama, kalian bisa mematikan koneksi internet. Baik dengan mobile data maupun saat kalian mengandalkan Wi-Fi.

Kedua, tutup jendela aplikasi WhatsApp untuk mematikan kinerja aplikasi tersebut untuk sementara waktu.

Ketiga, masuk ke dalam setting smartphone. Setelah itu ubah tanggal dan waktu sebelum hari pengiriman pesan yang ingin kalian hapus tersebut.

Keempat, kalian bisa masuk kembali ke aplikasi WhatsApp dan cari pesan yang ingin dihapus tersebut.

Langkah selanjutnya, hapus pesan tersebut seperti halnya kalian menghapus pesan sebelumnya. Saat kalian menekan pesan terebut, maka kalian akan melihat opsi delete for everyone yang tadinya tidak ada setelah 7 menit.

Untuk mengembalikan aplikasi bisa bekerja kembali, aktifkan kembali data internet pada smartphone kalian. Tetapi, sebelumnya setting kembali waktu menjadi waktu saat ini. Setelah waktu kembali normal lagi, maka pesan atau chat yang kalian hapus tadi akan otomatis hilang.

Saat kalian membuka grup atau pesan yang kalian kirim pada seseorang tersebut, maka kalian akan melihat tulisan you deleted this message sehingga teman kalian tidak bisa lagi melihat chat tersebut.

Itu tadi cara mengatasi unsend chat di WhatsApp lebih dari 7 menit. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba, Gaes!

Leave A Reply

Your email address will not be published.