Cara Mengatasi WhatsApp Error

0

Seperti kita ketahui dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, perangkat mobile menyediakan banyak fitur dan layanan serta aplikasi yang bisa didownload untuk memenuhi kebutuhan setiap orang dalam berkomunikasi atau pekerjaan lainnya. Salah satu aplikasi yang wajib dalam sebuah perangkat mobile adalah WhatsApp.

Baca Juga : Cara Update Whatsapp .

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting terbaik, dengan lebih dari 2 milyar  orang di dunia memakai WhatsApp. Tapi bagaimana jika aplikasi ini mengalami masalah? Kalau aplikasi WhatsApp error pasti akan mengganggu aktivitas dalam mengirim pesan.

Nah, di sini kalian harus segera mencari jalan keluar untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang bermasalah. Error di WhatsApp sendiri ada bermacam-macam. Ada yang tidak bisa menginstall WhatsApp, tidak bisa menerima kode aktivasi, tidak bisa terhubung ke aplikasi WhatsApp, dan masih banyak lagi lainnya.

Saya di sini akan memberikan solusi atau cara untuk mengatasi berbagai masalah dan error pada aplikasi WhatsApp, yang berdasarkan pengalaman pribadi tentunya.

Di bawah ini beberapa masalah di WhatsApp dan solusi untu mengatasinya.

Tidak Bisa Menginstal WhatsApp

Biasanya masalah ini terjadi untuk Android bersi lama. Karena tahu 2016 kemarin, smartphone android yang memakai versi 2.1 dan 2.2 tidak bisa lagi install WhatsApp.

Baca Juga : Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus Sebelum Backup .

Kalian bisa mengecek versi android saatini di menu Settings, kemudian klik About Phone atau Tentang Ponesl. Nanti di sana akan tertera versi OS Android yang sedang kalian pakai.

Kalau kalian ingin menginstall WhatsApp lewat file apk yang diunduh di website selain Google Play, kalian perlu mengaktifkan opsi Unknown Sources di pengaturan.

Apabila kalian mengalami masalah saat install WhatsApp di Google Play dan muncul kode error, mungkin masalahnya ada pada aplikasi Google Play. Karenanya kalian harus memperbaiki aplikasi Google Play Store terlebih dahulu

Tidak Bisa Mendapatkan Kode Aktivasi

READ  Steam Pecahkan Rekor dengan User Aktif Mencapai 20 Juta Orang Akibat Karantina Corona

Ketika kalian sukses menginstall WhatsApp, tapi kalian belum juga memperoleh kode aktivasi yang dikirim via SMS, pertama pastikan kalian memasukkan nomor yang benar.

Jangan lupa cek apa kalian sudah benar dalam memilih negara asal. Negara asal disini maksudnya negara asal nomor smartphone kalian, bukan negara yang sekarang kalian tempati (jika saat ini kalian sedang berada di luar negeri).

Baca Juga : Whatsapp Batasi Forwad Pesan Cegah Menyebarnya Hoax .

Contoh nomor ponsel mu +628988406***, maka kalian harus memilih negara Indonesia, karena kode negara +628 adalah kode no.hp negara Indonesia. Sampai disini kalian paham?

Apabila kalian sudah memasukkan nomor smartphone dan sudah memilih negara dengan benar tetapi kode aktivasi tidak juga datang, cobalah opsi Voice call alias panggilan suara.

Kalian akan menerima panggilan suara dari robot WhatsApp, panggilan tersebut akan menyebutkan kode aktivasi (dalam bahas inggris).

Pastikan dulu sinyal dan jaringan bagus saat kalian akan menerima sms ataupun voice call yang berisi kode aktivasi. Dan ingat, satu nomor martphone hanya bisa dipakai pada satu perangkat Android saja.

WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Down atau Tidak Connect

Pada dasarnya masalah koneksi pada jaringan internet yang membuat kalian tidak bisa terkoneksi ke aplikasi WhatsApp. Kalau masalah lain seperti aplikasi yang tidak bisa dibuka atau tidak bisa mengirim pesan, kalian bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

Pertama,kalian harus memastikan untuk menginstall versi WhatsApp yang terbaru. Kemudian cek koneksi internet, pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau koneksi Data) berjalan dengan baik. Pastikan kuota data masih ada kalau kalian memakai koneksi data mobile.

Baca Juga : Cara Login Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif .

READ  Cara Menghapus Akun Telegram

Apabila kalian memasang aplikasi sejenis Task Killer, pastikan aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi WhatsApp.

Langkah selanjutnya, lakukan pengosongan cache. Caranya pergi ke Setting kemudian tekan opsi Applications, klik tombol  WhatsApp, lalu pilih Clear Cache.

Cara terakhir kalau cara di atas tidak work, yaitu dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Baca Juga : Cara menggunakan Dua Whatsapp Dalam Satu Smartphone .

Meskipun begitu, kadang error juga bisa disebabkan oleh masalah server. Kalau server down, tidak ada yang bisa kalian lakukan selain menunggu sampai server benar-benar pulih.

Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Mendeteksi Kontak

Ada bermacam-macam alasan kenapa aplikasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi kontak pada smartphone Android.

Beberapa cara untuk kalian mengatasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi kontak yang pertama adalah kalian harus pastikan sudah memasukkan nomor kontak dengan benar.

Kemudian pastikan juga nomor kalian juga memakai aplikasi WhatsApp, versi yang terbaru.

Baca Juga : 5 Aplikasi Kamera Webcam Laptop Terbaik .

Nanti di daftar kontak pada smartphone, pastikan kalian sudah mengatur supaya dapat dilihat, baik oleh manusia ataupun aplikasi. Hal ini juga berlaku untuk grup kontak.

Nah, itu tadi beberapa sebab yang membuat WhatsApp eror dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.