Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Mengetik karena Terkunci

Dokumen tidak dapat diketik, diedit, juga tidak bisa di-print adalah salah satu cara penulis untuk mencegah terjadinya plagiat maupun diakui oleh orang lain.

0

Cara ini juga bisa dilakukan untuk skirpsi, tesis, dan yang lainnya. Dimana dokumen tersebut akan di-cek dahulu oleh mentor maupun orang-orang yang sudah berpengalaman, ketika di cek dokumen tersebut tidak diacak-acak oleh orang iseng.

Kalian membuka dokumen di laptop teman tapi tidak bisa mengedit apa-apa disana karena word terkunci? Kesal pastinya kan? 

Yups. Dokumen tidak dapat diketik, diedit, juga tidak bisa di-print adalah salah satu cara penulis untuk mencegah terjadinya plagiat maupun diakui oleh orang lain.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk skirpsi, tesis, dan yang lainnya. Dimana dokumen tersebut akan di-cek dahulu oleh mentor maupun orang-orang yang sudah berpengalaman, ketika di cek dokumen tersebut tidak diacak-acak oleh orang iseng.

Mengapa tidak dapat mengetik di microsoft word? Hal ini karena dokumen tersebut terkunci password.

Kalau dokumen terkunci maka dokumen tersebut hanya dapat kalian baca saja, dan fitur ini tersedia di microsoft word.

Kalau lupa password? Maka selamanya dokumen tersebut tidak bisa kalian edit. Kalau mau tetap edit, kalian harus mengetik ulang dokumen tersebut, Gaes. Mengetik dari awal sampai akhir semuanya. 

Tapi, bisakah mengtasi word terkunci agar bisa diedit? Bisa. Dengan beberapa cara yang akan saya bagikan berikut.

Nantinya dokumen bisa kalian edit, tapi dokumennya tidak asli, seperti membuat dokumen baru dengan isi sama atau dupilkat.

Dengan cara ini kalian tidak harus  menyalin satu per satu isi dokumen word yang sudah dikunci. Cara ini juga dapat kalian terapkan di word 2007, 2010, 2013, dan word 2016.

Menggunakan Word Pard

Langkah pertama, kalian bisa buka dokumen word yang terkunci. Lalu simpan dengan format .rtf.

Klik kanan file .rtf yang tadi kalian save, kemudian open with, dan klik wordpard.

Kalau masih belum berhasil, pakai fitur google drive, cara ini bisa dengan catatan kalian punya akun gmail (Google email). Karena itu untuk yang yang belum punya, wajiba untuk  membuat akun gmail terlebih dahulu di: gmail.com

Memakai Google Drive

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan masuk ke drive.google.com

Nati kalian bisa pada bagian kiri, tap opsi new dan klik file upload.

Cari file word yang sudah dikunci, sesudah itu diupload. Nanti kalian lihat file yang sudah masuk di google drive, klik kanan pada file tersebut. Setelah itu  open with dan klik google docs.

Kalian selanjtunya dapat klik file kemudian klik download as dan microsoft word (.docx) nanti file akan tersimpan di komputer atau laptop kalian.

Terakhir, buka file tersebut dan tap opsi enable editing. Selesai.

Itu tadi, Gaes. Beberaa informasi mengenai Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Mengetik karena Terkunci. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian semua.

Kalau ada pertanyaan Cara Mengatasi Word Tidak Bisa Mengetik karena Terkunci atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begini kalian dapat menulis pada dokumen word yang terkunci. Gunakanlah cara ini untuk hal positif tidak disarankan untuk digunakan pada penjiplakan karya orang lain.

READ  Cara Mudah Menonaktifkan NSP Telkomsel, Supaya Pulsa Tidak Cepat Habis!

Leave A Reply

Your email address will not be published.