Cara Mengatasi ‘Your Connection is Not Private’

error ini banyak orang yang ingin memperoleh informasi di internet menjadi tertunda dan bahkan gagal mendapatkannya. Bahkan karena error ini juga menyebabkan banyak pengguna browser Google Chrome ataupun baidu browser tidak dapat mengakses ke situs yang sedang dituju.

0

Google Chrome dan baidu browser pun juga memperlihatkan pesan yang tujuannya sama, yaitu untuk melindungi penggunanya dengan memberi peringatan bahwa situs yang kalian kunjungi mungkin  saja tidak aman. Google dan baidu sudah menerapkan SSL yang saat ini menjadi standar keamanan untuk sebuah situs.

Your Connection is not private adalah masalah atau error yang sering kalian temukan saat browsing saat memakai baidu browser ataupun Google Chrome.

Akibat dari error ini banyak orang yang ingin memperoleh informasi di internet menjadi tertunda dan bahkan gagal mendapatkannya. Bahkan karena error ini juga menyebabkan banyak pengguna browser Google Chrome ataupun baidu browser tidak dapat mengakses ke situs yang sedang dituju.

Sebenarnya, apa penyebab Your Connection is Not Private bisa muncul?

Google Chrome dan baidu browser pun juga memperlihatkan pesan yang tujuannya sama, yaitu untuk melindungi penggunanya dengan memberi peringatan bahwa situs yang kalian kunjungi mungkin  saja tidak aman.

Google dan baidu sudah menerapkan SSL yang saat ini menjadi standar keamanan untuk sebuah situs.

SSL adalah metode aman untuk mengenskripsi data komputer yang akan dikirim ke server. Hal ini untuk membantu mengamankan informasi pribadi kalian sebagai pengguna agar tetap aman saat transmisi ke server, begitu juga sebaliknya.

Contohnya, saat kalian ingin transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain.

SSL berfungsi untuk mengenskripsi informasi yang sensitif tersebut supaya hanya kalian dan server saja yang tahu.

Ketika transmisi ke server ada sebuah perjalanan, jika misalkan tidak dienskripsi akan menyebablan bocor informasi sensitifnya. Karenanya, dengan adanya SSL ini maka insformasi kalian akan aman.

Apabila SSL pada suatu situs error, Google Chrome ataupun Baidu browser akan mencegah kalian untuk mengakses maupun memuat situs.

Ada beberapa kemungkinan pesan error ini bisa muncul, Gaes. Pertama, sertifikat SSL expired a tausudah kadaluarsa, dan biasanya hal ini terjadi karena pengelola web yang kalian kunjungi tidak memperpanjang sertifikat SSL yang sudah dikontrak sebelumnya.

Kedua, pengelola web salah mengatur SSL pada domain web nya, yang membuat domain web tidak dapat dikunjungi. Ketiga, sertifikat SSL bukan berasal dari organisasi yang terpercaya. Keempat, salah membaca domain yang seharusnya tidak menggunakan SSL tapi di address bar justru menggunakan SSL

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private

Jika error Your Connection is Not Private dengan kode pesan error NET::ER_CERT_DATE_INVALID , maka kalian bisa mengatasinya dengan cara berikut.

Pertamanya, usahakan browser dalam keadaan tertutup (belum dibuka). Lalu lihatlah tangal di komputer, apakah tanggal tersebut sangat berbeda dengan hari ini?

Kalau berbeda, ubah dan sesuaikan tanggal tersebut dengan hari ini.

Masih gagal? Kalian bisa coba cek lagi pesan errornya, apakah benar seperti NET::ER_CERT_DATE_INVALID atau bukan?

Kalau pesan error sepert ini, “Attackers might be trying to steal your information from animecewekindo.com: (for example, passwords, messages, or credit cards). NET::ERR_CERT_COMMON_NAME_INVALID

Kira-kira artinya begini, “Sambungan anda tidak pribadi. Penyerang mungkin mencoba mencuri informasi kalian dari situs.com (contohnya, sandi, pesan, atau kartu kredit). NETT::ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID.

Cek Tanggal PC

Kalianharus pastikan dahulu tanggal di PC apakah berbeda atau tidak, kalau berbeda silahkan disesuaikan.

Pesan error ini umumnya muncul sebab tanggal PC tidak sesuai dengan tanggal yang sedang berlangsung. Maka akan menyebabkan error pada browser Google Chrome ataupun Baidu.

Cek SSL Antivirus

Sebagian besar antivirus yang sekarang punya fitur untuk memblock situs yang memakai SSL yang bukan berasal dari organisasi tidak aman.

Bisa jadi pesan error Your Connection is Not Private muncul sebab fitur antivirus SSL, untuk mengunjungi situs wajib untuk menontaktifkan fitur ini.

Avast

Pertamanya, buka dashboard. Lalu pergi ke Settings, dan klik Active Protection dan klik Customize next to web shield. Selanjtunya, kalian hilangkan tanda centang di bagian enable HTTPS scanning kemudian tap OK.

Bitdefender

Pertama, buka Dashboard. Lalu cari dan tap opsi Modules. Lalu tap opsi Web Protection. Kemudian di bagian Scan SSL klik Off.

Hapus data cache

Kadang data history, cookies, dan chahe bisa membuat pesan error ini muncul sebab salah transmisi yang memakai data-data lama yang sudah disimpan. Untuk mengantispiasinya silahkan hapus cache dan data browsing lainnya.

Terobos masuk

Cara ini bisa kalian lakukan jika tahu web yang kalian kunjungi aman dan terpercaya.

Ganti Https menjadi http

Mungkin saja situs yang kalian kunjungi mencopot sertifikat SSL atau bisa jadi situs yang kalian kunjungi ternyata tidak memakai SSL, jadi browser salah membacanya.

Baca Juga :

Selamat mencoba! Salama Teknologi Nah, dengan begini kalian dapat menggunakan lagi browser dan kalian dapat mencari atau seacrhing kembali hal yang sebelumnya kalian cari. Kalian dapat melakukan ini pada semua device

Leave A Reply

Your email address will not be published.