Cara Mengatur Keamanan Ponsel dengan Benar dan Aman untuk Android

0

Seperti halnya komputer, laptop, iMac, keamanan harus menjadi perhatian utama saat memakai perangkat seluler kalian. Ketika kalian menjalankan perangkatiOS, seperti iPhone atau iPad, atau perangkat Android, seperti Samsung Galaxy atau Google Pixel, ada beberapa langkah yang dapat kalian ambil untuk memastikan keamanan ponsel kalian.

Karena itu mulailah dengan mengikuti panduan lengkap di bawah ini untuk memastikan bahwa keamanan ponsel kalian dan kehidupan digital kalian tetap aman dan privasi.

Perbaharui Sistem Keamanan Ponsel

Pabrikan tidak merilis pembaharuan hanya untuk memperkenalkan fitur-fitur baru ke platform mereka. Dalam banyak kondisi, pembaharuan Android dan iOS disediakan untuk membantu menghilangkan celah keamanan yang mungkin sudah ditemukan.

Baca Juga : Cara Membuka Iphone Yang Terkunci

Memastikan perangkat ponsel kalian tetap terbaharui dengan perangkat lunak terbaru yang tersedia adalah langkah penting dalam mengamankan privasi online kalian dan kehidupan digital kalian.

 

Cara Perbaharui atau Update Sistem Android

Apabila kalian menjalankan perangkat dengan Android, seperti Samsung Galaxy atau Google Picel, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memastikan bahwa perangkat kalian mutakhir dengan perangkat lunak terbaru yang tersedia.

Pertama-tama, buka aplikasi Settings. Kemudian klik opsi About Phone. Lalu tap opsi Software Update.

Android akan memeriksa pembaruan, memberi kalian opsi untuk menginstal pembaruan apa pun jika tersedia. Kalau tidak, kalian akan diberi pesan yang memberi tahu kalian bahwa your software is up to date.

Aktifkan Kode Akses Perangkat Seluler

Menambahkan kode sandi ke perangkat kalian mengharuskan kata sandi dimasukkan sebelum bisa memakai ponsel atau tablet kalian setelah jangka waktu tertentu.

Jadi, jika kalian meninggalkan perangkat seluler kalian, kalian bisa yakin bahwa siapapun orang tidak akan dapat membuka kunci dan memakai perangkat kalian.

Baca Juga : Mengunci Aplikasi Terbaik di Android 2020

READ  Nokia 4.2 Resmi Peroleh Android 10 di Indonesia, Lihat Fitur Barunya

Kalau kalian menjalankan perangkat dengan Android, seperti Samsung Galaxy atau Google Pixel, ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan kode sandi untuk membantu mengamankan perangkat kalian.

Bukalah aplikasi Settings. Scroll ke bawah dan pilih Security atau  Security and Screen Lock . Lalu klik opsi Screen Lock, tap opsi PIN, dan masukkan empat nomor digital sebagai password kalian.

Terakhir, masukkan kode sandi kalian sekali lagi untuk mengonfirmasi memastikan keamanan ponsel lebih kuat.

Periksa Izin Aplikasi (Permissions)

Pada perangkat Android dan iOS, kalian bisa melihat dan membatasi berapa banyak akses ke informasi yang diberikan aplikasi spesifik – ini bisa mencakup akses ke kontak kalian, pesan teks, galeri foto, atau bahkan kamera, mikrofon, dan GPS perangkat kalian.

Apabila kalian menjalankan perangkat dengan Android, atau Google Pixel, ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa izin apa yang dimiliki aplikasi saat ini dan bagaimana cara membatasinya.

Buka aplikasi Settings, lalu klik Aplikasi atau Manajer Aplikasi. Kalian klik Izin atau Izin Aplikasi.

Baca Juga : Kini Facebook Kids Tingkatkan Fitur Keamanannya

Pilih aspek privasi yang ingin kalian periksa seperti SMS atau Mikrofon – Kalian akan ditunjukkan semua aplikasi yang diberikan akses ke aspek yang dipilih.

Untuk memungkinkan aplikasi mengakses aspek, pastikan sakelar menyala, jika tidak, untuk membatasi akses, pastikan sakelar dimatikan.

Aktifkan Pencegahan Kehilangan Ponsel

Salah satu aspek paling riskan membawa-bawa perangkat seluler dengan informasi pribadi kalian adalah kenyataan bahwa kalian bisa salah tempat atau kehilangan perangkat.

Beruntungnya, baik iOS menyertakan opsi pencegahan kehilangan bawaan untuk membantu kalian menemukan perangkat kalian setelah salah tempat atau tertinggal demi keamanan ponsel kalian.

Kalau kalian menjalankan perangkat dengan Android, seperti Samsung Galaxy atau Google Pixel, ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan fungsi Find My Device.

Baca Juga : Dua Celah Keamanan Berbahaya Ditemukan di Prosesor AMD

READ  Tips Screnshoot Smartphone Realme 5i

Pada kasus kehilangan, kalian nanti bsia menemukan perangkat kalian dengan mengunjungi android.com/find.

Pertama, bukalah aplikasi Settings. Klik Security & Location, kemduian tap opsi Find my Device. Pastikan juga  Find My Device dihidupkan.

Unduh Hanya dari Sumber Terpercaya

Untuk kalian para pengguna Android, saat memakai perangkat Android, kalian hanya perlu mengunduh aplikasi dari sumber terpercaya.

Sumber terpercaya utama yang kemungkinan besar akan kalian unduh dari aplikasi Android kalian adalah Google Play Store yang dipantau oleh tim di Google untuk malware dan trik jahat lainnya.

Baca Juga : Acos Sistem Keamanannya Lebih Rendah Dari Windows Ancaman Malwarenya Meningkat Dratis

Di samping itu, Amazon App Store adalah alternatif yang bagus untuk toko utama Google karena dipantau oleh tim di Amazon. Ketika kalian menjelajah internet, jangan pernah mengunduh aplikasi kecuali kalian secara eksplisit mempercayai sumbernya, atau kalian mungkin mengunduh malware bersama dengan game baru kalian.

Gunakan VPN Jika Ber-internet dengan Wi-Fi Publik

Selama bertahun-tahun, Wi-Fi publik menjadi lebih aman, hanya saja masih mungkin bahwa orang-orang bisa mengintip data kalian, melihat website yang kalian kunjungi dan bahkan mencegat password dari koneksi yang kurang aman.

Menggunakan VPN atau Virtual Private  Network memastikan jika koneksi kalian tetap terenkripsi dan aman.  

 

Itu tadi cara mengatur keamanan ponsel dengan benar dan aman untuk Android. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.