Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

0

Kecerahan pada layar komputer atau laptop yang kalian miliki pasti menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Ini karena, memandang layar dengan kondisi pencahayaan yang berubah-ubah tentu opsi Brightness pun juga harus diubah atau atur sesuai kebutuhan.

Saat kalian menulis atau melakukan aktivitas di depan laptop dengan situasi lingkungan yang cukup terang, biasanya kecerahan layar pun perlu ditingkatkan. Sebaliknya, saat suasa gelap, maka kecerahan layar pun tidak perlu begitu terang.

Baca Juga ; Cara Mengatasi Black Screen Death di Komputer atau Laptop

Windows 10 mendatangkan fitur yang dimana kalian dimudahkan untuk mengubah brigness layar sesuai dengan kebutuhan dengan mudah dan cepat.

Beberapa di antaranya bisa memakai keyboard, action center, atau lewat system display

Kalian ingin tahu bagaimana caranya? Simak langsung kuy!

Mengatur Brightness Laptop Windows 10

Untuk setelan brightness pada Windows 10, ada beberapa opsi yang bisa kalian coba. Sebelumnya perlu kamu pahami, apabila ada di antara fitur brightness di laptop kalian tidak berfungsi atau mungkin tidak tersedia, kemungkinan berpindah atau adanya kesalahan pada driver.

Sebab biasanya letak fitur brightness berbeda-beda sesuai dengan versi sistem operasi yang digunakan.

Lewat Tombol Fisik

Cara pertama, kalian bisa coba pakai tombol fisik untuk mengatur tingkat kecerahan layar. 

Sepertinya ini yang paling mudah untuk kalian coba dan yang pasti cara ini ada pada semua komputer maupun laptop.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus di Shortcut Flasdisk dan Komputer

Akan tetaop, setiap keyboard mempunyai pilihan brightness yang letaknya berbeda-beda. Dan biasanya kombinasi tombol atau shortcut juga berbeda.

Untuk laptop saya sendiri dengan merk ASUS, kombinasi tombol yang dipakai adalah FN + F5 untuk mengurangi dan FN + F6 untuk meningkatkan kecerahan.

Sedangkan untuk laptop LENOVO, ada yang bisa memakai tombol F11 untuk mengurangi dan F12 untuk meningkatkan kecerahan. Agar lebih mudah, kalian dapat melihat simbol brightness yang ada pada keyboard.

Lewat Windows Mobility Center

Cara kedua, kalian bisa memakai Mobility Center. Sedikit pembahasan, Mobility Center adalah fitur yang dimana kalian bisa mengatur beberapa opsi penting pada laptop seperti status baterai, sinkronisasi, volume speaker, display tambahan, dan opsi presentasi.

Untuk kalian yang tertarik untuk mencoba, kalian bisa ikuti langkah berikut.

Langkah pertama, kalian dapat mencoba klik kanan pada Start Menu untuk masuk ke WinX atau untuk pilihan lebih cepat, bisa memakai shortcut keyboard Windows + X. Kemudian kalian klik fitur Mobility Center.

Baca Juga : Cara Mengubah Smartphone Jadi Pengganti Keyboard Komputer

Nanti dari opsi Display Brightnes kalian dapat mengatur kebutuhan atau tingkat kecerahan layar sesuai keinginan. Kalian dapat menggeser ke kanan atau ke kiri untuk mengaturnya. Kalau sudah, kalian bisa menutup menu tersebut.

Lewat Display Settings

Berikutnya, cara lain yang bisa kalian coba adalah lewat Display Settings. Bukan hanya itu saja, di bagian tersebut sebenarnya kalian dapat mengatur kebutuhan lain yang dimana kalian memakai Dual Monitor pada laptop atau melakukan perubahan pada resolusi, layout, dan lain sebagainya.

Untuk langkah-langkahnya, kalian bisa masuk ke Display Settings. Kalian dapat memilih opsi Settings, lalu klik System. Tap opsi Display atau agar lebih cepat, kalian bisa tap opsi Start Menu lalu ketikkan Display Settings.

Baca Juga : Ingin Memiliki Komputer Yang Awet Begini Caranya

Kemudian di bagian Brightness and Color, kalian dapat mengatur kecerahan layar sesuai keinginan. Tinggal geser ke kanan atau ke kiri untuk menambah atau mengurangi kecerahan.

Pilihan ini sepertinya cukup mudah untuk kalian jadikan pilihan.

Lewat Action Center

Di samping beberapa cara di atas, kalian juga dapat melakukannya lewat Action Center atau Quick Actions pada Windows 10.

Di fitur Action Center, pada dasarnya ada banyak opsi pilihan yang bisa kalian pakai yang mungkin sewaktu-waktu kalian butuhkan seperti Networks, Nearby Sharing, Airplane Mode,

Location, Mobile Hostspot, dan lainnya.

Selain itu, untuk opsi Brightness tentu juga tersedia. Langkah yang bisa kalian lakukan pertamanya adalah membuka fitur Action Center pada pojok kanan bawah bagian Notifikasi atau mode cepatnya pakai Shortcut WINDOWS + A

Pada icon Brightnes, kalian dapat mengatur tingkat kecerahan layar sesuai keinginan. Caranya bukan digeser, cukup dengan klik saja dimulai dari 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Tinggal klik-klik saja untuk mengatur.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Mac OS yang Lambat

Sedangkan dari segi opsinya memang lebih cepat, hanya saja pilihan tidak dapat sesuai keinginan. Contohnya ingin mengatur 20%, maka tentu tidak dengan fitur yang satu ini.

Bukan hanya pada Windows 10, sebagian fitur tersebut juga bisa kalian lakukan pada Windows 7Windows 8, dan juga Windows 8.1.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.