Cara Mengatur Keuangan Usaha Dan Pribadi

Apabila kalian sedang menjalankan usaha, tapi masih menggabungkan uang pribadi dan untuk usaha, maka kalian harus memisahkannya mulai sekarang.

0

Biaya kantor harus keluar dari uang perusahaan, begitu juga biaya pribadi juga tidak bisa dibayarkan oldarieh uang perusahaan. 

Kalian sedang merintis usaha tapi bingung karena tidak tahu cara mengatur keuangan untuk usaha dan pribadi? Jangan khawatir. Kalian berada di tempat yang tepat.

Apabila kalian sedang menjalankan usaha, tapi masih menggabungkan uang pribadi dan untuk usaha, maka kalian harus memisahkannya mulai sekarang.

Memang banyal pebisnis kurang menyadari bagaimana pentingnya mengatur keuangan usaha. Bahkan tidak jarang pebisnis kurang melakukan pemisahan keuangan pribadi dengan  usahanya, sehingga pebisnis sulit untuk mengembangkan keuangannya dan inilah menjadi kesalahan yang fatal yang terjadi pada pemilik usaha.

Kenapa cara mengatur keuangan usaha dan pribadi harus dipisah? Sebab keuangan antara pemilik pribadi dan usahanya merupakan dua entitas yang berbeda.

Biaya kantor harus keluar dari uang perusahaan, begitu juga biaya pribadi juga tidak bisa dibayarkan oldarieh uang perusahaan. 

Oleh sebab itu cara mengatur keuangan pribadi dengan usaha ini juga harus dikelola dengan manajemen biaya yang baik agar tidak bercampur.

Nah, di bawah ini ada 5 cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatur keuangan usaha dan pribadi.

Melakukan Budgeting Secara Rutin

Tips pertama adalah dengan melakukan budgeting yang secara rutin. Sebab budgeting ini akan mengatur kinerja keuangan kalian dan membatasi pengeluaran.

Di samping mengatur keuangan usaha kalian juga harus membatasi pengeluaran untuk bisa memperkirakan biaya apa saja yang keluar sebelumnya. Sehingga nantinya kalian bisa menyusun anggaran di periode yang akan datang.

Lewat budgeting ini kalian dapat juga menyesuaikan setiap modal tergantung dari kondisi perusahaan, dan cobalah untuk mencari budgeting usaha kecil lewat review pebisnis supaya lebih baik dari sebelumnya.

Melakukan Perencanaan Secara General

Kalian yang baru membangun bisnis dan mengatur keuangan usaha harus melakukan perencanaan keuangan secara general. Untuk rencana tersebut ada baiknya secara beberapa periode pendek misalnya bulanan, mingguan, atau triwulan.

Kalau sudah, lakukan perhitungan secara mendetail untuk keperluan dana yang akan menjalakan suatu kegiatan usaha, dan juga tentukan kapan kegiatan tersebut harus dijalankan.

Mengontrol Arus Kas Keuangan

Saat kalian menjalankan sebuah usaha, kalian harus mengawasi dan mengatur keuangan usaha pada arus kas perusahaan secara berkala.

Walau sering arus kas menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Sebab butuh ketelitian yang sangat tinggi untuk menghitung dan mengontrolnya.

Kalau kalian kesulitan dalam melakukan pengontrolan terhadap arus kas perusahaan, sekarang kalian bisa memakai software akuntansi seperti Harmony untuk mengontrol aliran kas hingga membuat laporan arus kas dengan mudah, cepat dan menyajikan data secara realtime.

Mengembangkan Usaha Dengan Laba

Sebenarnya yang membedakan pengusaha sukses dan pengusaha yang kurang sukses ada di kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payahnya. Memang kalian sangat berhak sekali untuk menikmati hasil dari kerja keras, tapi sebaiknya tidak menghabiskannya begitu saja.

Langkah baik dalam hal ini yaitu memakai uang dari keuntungan untuk dikembangkan agar menjadi usaha yang lebih besar dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan.

Misalnya menambah armada dagang atau penambahan barang-barang dagangan untuk dijual kembali. Kalau kalian melakukan hal ini maka besar kemungkinan untuk cepat menjadi pengusaha yang sukses.

Membuat Perencanaan Pendapatan

Terakhir, buat perencanaan pendapatan usaha, agar bisa memenuhi kebutuhan modal yang sudah direncanakan.

Caranya, untuk merencanakan bagaimana usaha kalian bisa mendatangkan penghasilan, sesudah itu lakukan penjualan beberapa produk.

Apabila sudah cobalah untuk menghitung berapa target penjualan, apa saja strategi dipakai dan juga bagaimana mencapai target penjualan.  Bahkan perencanaan ini juga bisa memastikan seberapa besar penjualan yang menghasilkan keuntungan. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.