Cara mengecek IP Address di Smartphone Secara Akurat

0

Hello guys!

IP address atau singkatan dari Internet Protocol Address merupakan deretan angka biner antara 32 sampai 12 bit yang digunakan untuk alat mengidentifikasi setiap komputer host dalam jaringan internet. IP Address ini bersifat unik yang berbeda satu sama lain karena berfungsi sebagai alamat untuk identifikasi, sebagai identitas. Apakah kamu ingin mengetahui IP address dari perangkatmu? Caranya tidak terlalu sulit kok untuk dilakukan.

IP Address ini cukup penting loh guys. Kamu bisa saja mengecek apakah IP address asing terhubung ke jaringan WiFi kamu dirumah, jadi kamu bisa langsung memblokirnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek alamat IP address milik HP sendiri guys. Kamu bisa mengeceknya melalui About Phone, halaman pengaturan WiFi dan juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pasti penasaran kan bagaimana sih caranya mengecek IP address ini? Yuk simak cara yang bisa kamu lakukan berikut ini guys!

Cara mengecek IP Address melalui menu Settings About Phone

Cara pertama mengecek IP address dari HP adalah mengaksesnya melalui menu Settings. Caranya sangat mudah dan simpel sekali guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu settings yang terdapat pada smartphone milikmu, lalu pilihlah menu About Phone dari sederetan menu yang tersedia.
  2. Carilah menu Status. Pengguna Xiaomi bisa menemukan menu ini dengan cara memilih opsi All Specs scrol ke bawah dan pilihlah menu Status yang muncul.
  3. Kamu akan dibawa ke laman baru, scroll sampai ke bawah. Kamu akan menemukan tulisan IP Address. Nah itulah nomor IP address dari ponselmu guys.

Cara mengecek IP Address melalui menu Settings WiFi

IP Address juga bisa kamu ketahui melalui menu Settings pada WiFi guys. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Bukalah menu settings yang ada di ponselmu. Setelah itu, pilihlah opsi WiFi atau kamu juga bisa menekan dan tahan pada ikon WIFi yang terdapat pada jendela toolbar notifikasi.
  2. Klik ikon tanda panah yang terdapat di jaringan WiFi yang sedang kamu gunakan.
  3. IP address dari perangkat pun akan ditampilkan guys.
  4. Kamu tetap bisa mengeceknya walaupun tidak lagi menggunakan WiFi dengan cara memilih menu Additional Settings.

Cara mengecek IP address menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek alamat IP adalah dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga guys. Salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan adalah What is My IP Address. Berikut adalah langkah – langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Unduh dan install aplikasi What Is My IP Address
  2. Bukalah aplikasi What is My IP Address yang sudah kamu install tersebut
  3. IP address milikmu akan muncul pada opsi Local IP
  4. Bukalah opsi Local IP dan tara! Kamu sudah menemukan IP address dari ponselmu guys.

Baca Juga : 

Cara Membuka situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Tips Mengatasi MIc Smartphone Tidak Berfungsi

Cara Mengetahui Password yang Tersimpan di Chrome

Cara Setting Access Point Paling Mudah

Buka situs Yang diblokir Tanpa VPN Mudah Begini Caranya

Nah begitulah caranya mengecek alamat IP dari smartphone yang kamu gunakan yaa guys. Kamu juga bisa loh mengetahui alamat IP dari laptopmu dengan mudah. Tentu saja caranya tidak sama dengan mengecek alamat IP di HP yaa. Jadi sekarang tak perlu bingung lagi bagaimana cara mengecek alamat IP yaa guys. Kamu bisa melakukannya dengan mudah. 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.