Cara Mengecek Saldo E-Toll

0

Mengecek saldo e-toll adalah pekerjaan yang sangat mudah. Bahkan mengecek sisa saldo e-toll bisa kalian lakukan lewat smartphone android yang sudah NFC maupun tanpa NFC.

NFC sendiri singkatan dari Near Field Communication yang menjadi teknologi yang bisa melakukan transaksi pembayaran seperti pengecekan sisa saldo e-toll hanya lewat perangkat smartphone dan smartwatch.

E-toll merupakan sistem untuk membayar tol agar lebih praktis tanpa memakai uang tunai. Ketika kalian mengecek berapa sisa saldo e-toll, kalian tidak perlu khawatir kehabisan saldo saat ingin masuk ke dalam tol.

Ada banyak cara untuk mengecek saldo e-toll. Kalian bisa memakai smartphone android dengan fitur NFC ataupun smartphone android tanpa fitur NFC. Saya coba merangkumnya menjadi beberapa poin.

Cara Cek Saldo E-toll di HP NFC

Beberapa cara untuk mengecek sisa saldo e-toll memakai smartphone android yang sudah mempunyai fitur NFC di dalamnya bisa kalian memilih salah satu caranya di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi Mandiri Online

Apabila kalian nasabah dari bank mandiri dan sudah mengaktifkan mandiri online di smartohone android, bisa dipastikan kalian bisa memakai aplikasi mandiri online untuk mengecek sisa saldo e-toll.

Caranya yang pertama, buka fitur NFC pada android kalian lalu buka aplikasi mandiri online. Kalau sudah login, masuk ke dalam menu e-money. Selanjutnya klik menu Lihat / Perbarui Saldo. Terakhir, cukup tempelkan kartu e-money dan tunggu sampai informasi saldo kalian keluar.

Cek Saldo E-Toll di E-Money

Cara cek sisa saldo e-toll memakai android NFC berikutnya adalah memakai bantuan aplikasi e-money. Kalian hanya perlu memasang aplikasi ini dan tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu untuk bisa melihat sisa saldo e-toll anda.

Pertama, instal aplikasi e-money lewat google playstore. Kemudian aktifkan fitur NFC lalu buka aplikasi e-money. Terakhir, tempelkan kartu e-toll kalian dan tunggu sampai informasi sisa saldo e-toll keluar.

Cara Cek Sisa Saldo E-Toll di Tokopedia

DI samping menjadi tempat belanja online, tokopedia juga bisa dimanfaatkan untuk melihat sisa saldo e-toll dengan mudah. 

Kalian hanya perlu mengaktifkan fitur NFC kalian terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi tokopedia yang sudah terpasang di smartphone android kalian.

Berikutnya, masuk ke menu E-Money, lalu klik tombol Cek saldo. Terakhir, kalian harus menempelkan kartu e-toll ke smartphone android dan tunggu sampai sisa saldo e-toll muncul.

Cara Cek Saldo E-Toll di BukaLapak

Bukalapak juga bisa untuk mengecek sisa saldo e-toll yang kalian miliki. Cara kerjanya pun sangat mudah. 

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengaktifkan NFC dahulu. Kemudian buka aplikasi Bukalapak dan langsung cari menu E-Money.

Ketika telah masuk ke menu e-money, tempelkan kartu kalian dan tunggu sampai sisa saldo e-toll muncul.

Cara Cek Sisa Saldo E-toll di Smartphone Tanpa NFC

Ketika smartphone android kalian tidak mempunyai fitur NFC di dalamnya, kalian masih bisa cek saldo e-toll secara mudah dan praktis dengan beberapa cara berikut.

Internet Banking

Kalian tinggal membuka internet banking sesuai dengan bank yang kalian pakai. Kemudian asuk ke menu Uang elektronik, lalu tap opsi menu e-money.

Selanjutnya ketikkan nomor 16 digit yang ada di kartu e-toll kalian. Terakhir, pilih tombol kirim.

Panggilan Dial

Ada kode dial yang bisa kalian pakai untuk melihat sisa saldo e-toll kalian dengan mudah. Cara mengoperasikannya yang pertama adalah cukup pergi ke fitur panggilan telepon di smartphone kalian.

Selanjutnya tekan *141*6# dan panggil. Klik opsi e-money lalu masukkan nomor 16 digit yang ada di kartu e-toll kalian. Maka secara otomatis sisa saldo e-toll akan keluar di layar smartphone android kalian.

Telkomsel M-Banking

Cara ini mungkin cocok ketika kalian pengguna kartu telkomsel. Hanya perlu memasang aplikasinya, lalu lakukan pendaftaran sesuai data diri kalian. Dan kalian sudah bisa mengecek sisa saldo e-toll kapanpun.

Itulah cara mengecek saldo e-toll yang bisa kalian lakukan lewat smartphone android dengan fitur NFC ataupun tanpa NFC. 

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.