Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Hilang

0

Perkembangan zaman dan teknologi yang makin berkembang pesat membuat sebagian orang akhirnya sangat tergantung pada salah satu teknologi yang manusia lain ciptakan, yaitu smartphone.

Mereka tidak bisa sehari tanpa smartphone. Bahkan terkadang mereka abai dengan sekitar dan asyik sendiri dengan smartphone di tangan. Meski begitu, ada beberapa kelebihan smartphone selain untuk life style. Di antaranya mencari berita dan informasi terbaru. Menyelesaikan tugas, sampai menjalin komunikasi dan hubungan sosial yang baik melalu berbagai aplikasi di smartphone. Salah satunya aplikasi WhatsApp.

Nah, Gaes. Kita sering atau sudah biasa tiap menit selalu cek notifikasi WhatsApp padahal kadang itu adalah obrolan tidak penting di grup dan tidak terlalu urgent kita baca. Meski kadang, memang kita harus memakai WhatsApp agar hubungan kita dengan dunia luar tetap terjalin baik. 

Akan tetapi, bagaimana jika akun whatsapp kalian suatu waktu hilang? Padahal kalian sedang ada proyek penting dengan seseorang di kontak WhatsApp tersebut. Padahal kalian sangat membutuhkan WhatsApp untuk melancarkan usaha kalian. Apa yang harus kalian lakukan?

Jangan panik, Gaes. Kalian bisa kok mengembalikannya. Akan tetapi sebelum mengetahui caranya, kalian harus mengetahui beberapa penyebab akun WhatsApp kalian hilang, diantaranya: Data Tidak Sengaja Terhapus; WhatsApp Tidak Bisa Dibuka; dan Tidak Sengaja Teruninstall

Nah, berikut cara mengembalikan akun whatsapp yang hilang versi saya ya, Gaes.

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Hilang dengan Google Drive

Apabila kalian sudah pernah membuat backup chat ke Google Drive, maka akun WhatsApp kalian sepenuhnya masih aman. Kalian cukup mengikuti cara berikut ini untuk mengembalikannya

Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Lalu masuk memakai nomor lama kalian

Selanjutnya, akan muncul pop-up yang berisikan permintaan izin SMS, pilih Izinkan. Tunggu kode verifikasi masuk melalui SMS

Selanjutnya, WhatsApp akan secara otomatis mencari cadangan yang tersimpan di Google Drive kalian. Jika sudah ditemukan, pilih Pulihkan

Kalian hanya perlu menunggu proses pengembalian data saja. Maka akun WhatsApp lama kalian bisa digunakan kembali.

Perlu kalian ketahui juga ya, Gaes. Sebelum melakukan restore data, pastikan akun Gmail yang digunakan untuk mem-backup sudah terhubung ke smartphone kalian. Kemudian gunakan nomor yang lama untuk bisa mengembalikan akun. Terakhir, kalian haru memastikan koneksi internet yang kalian pakai stabil.

 

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Hilang Secara Manual

Ada beberapa hal yang benar-benar kalian harus perhatikan dari awal sampai akhir agar bisa mengembalikan akun WhatsApp kalian yang hilang.

 

Pertama-tama, buka File Manager kalian. Kemudian masuk ke menu WhatsApp, klik Databases.

Berikutnya, akan ada file backup yang diurutkan sesuai tanggal backup. Klik file yang ingin kalian gunakan. Ubah file yang tadinya msgstore-Tahun-Bulan-Tanggal.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12.

Selanjutnya, kalian install ulang aplikasi WhatsApp kalian. Setelah selesai, masuklah memakai nomor yang lama. Ikuti petunjuk selanjutnya sampai menuju ke proses backup.

Dengan begitu, secara otomatis, WhatsApp akan membaca file backup kalian. Tunggu hingga proses backup selesai.

Untuk informasi saja ya, Gaes. Kalau cara manual ini tidak bisa kalian pakai, mau tidak mau kalian memakai backup dari Google Drive atau membuat baru.

 

Demikianlah 2 cara yang bisa kalian gunakan untuk mengembalikan akun WhatsApp kalian yang hilang. Semoga bisa memberikan manfaat. 

 

Jangan lupa selalu update info dan berita terkini seputar teknologi hanya di techjak.com.

 

Sampai jumpa dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.