Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Mudah di ANDROID

0

Seperti halnya di iPhone, sebenarnya foto yang kalian hapus dari galeri tidak sepenuhnya hilang. Ada folder penyimpanan sementara yang bisa menampung foto yang telah kalian hapus.

Akan tetapi, jika kalian sudah melakukan pembersihan memori sebanyak lebih dari 1 kali atau membersihkan Recycle Bin, foto akan hilang secara permanen.

Ada cara yang bisa saya berikan asalkan kalian belum menghapus foto-foto tersebut secara permanen. Bagaimana caranya? Mari kita simak sampai akhir, Gaes.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Mudah di Android

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan aplikasi yang tersedia gratis di Play Store maupun di toko aplikasi lainnya. Bahkan, kalian juga bisa memakai aplikasi bawaan Google Photos

Menggunakan Software atau Aplikasi Pengembali Foto

Untuk kalian yang suka menggunakan aplikasi galeri lain alias tidak memakai Google Photos, sebenarnya banyak aplikasi alternatif untuk mengembalikan foto kalian.

Salah satunya adalah aplikasi Dumpster. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai ‘recycle bin’-nya Android. Di sini kalian bisa mengatur segala file (termasuk foto) dan mengorganisir file yang terhapus.

Lalu bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus menggunakan Dumpster? Cukup ikuti langakh demi langkah mudah di bawah ini ya.

Awalnya, kalian Instal aplikasi Dumpster di smartphone atau perangkat Android kalian.

Kalau sudah selesai, segera buka aplikasinya dan pilih ikon tiga garis yang terletak di sebelah kiri atas. Lanjutkan dengan klik opsi Deep Scan Recovery.

Nantinya Aplikasi ini akan memunculkan seluruh foto yang pernah ada dan sudah terhapus dari perangkat Android kalian. Klik salah satu atau beberapa foto yang ingin kalian kembalikan.

Langkah berikutnya setelah membuka foto, pilih Restore to Gallery. Foto tersebut kemudian akan otomatis kembali muncul di galeri smartphone.

Gaes, selain Dumpster dan aplikasi Android lain yang juga tersedia di Play Store, kalian juga bisa menggunakan bantuan aplikasi atau software lain di perangkat PC. Salah satunya adalah Wondershare Dr.Fone.

Menggunakan Google Photos

Google Photos saat ini menjadi salah satu aplikasi bawaan dari Google yang berguna untuk manajemen file berupa foto dan video yang banyak digunakan pengguna smartphone Android.

Google Photos juga punya berbagai keunggulan, salah satunya menyimpan ribuan foto bahkan yang pernah kalian hapus atau yang tidak sengaja menghapus foto sekalipun.

Dengan demikian, kalian bisa mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah di aplikasi ini. Caranya cukup mudah dan sederhana saja.

Pertama, buka aplikasi Google Photos yang ada di smartphone Android kalian. Lalu klik ikon tiga garis yang ada di sebelah kiri atas. Selanjutnya kalian klik opsi Trash.

Aplikasi ini nantinya akan memunculkan seluruh foto yang pernah ada di perangkat Android kalian, termasuk yang sudah terhapus. Pilih salah satu atau beberapa foto yang ingin kalian kembalikan ya, Gaes.

Klik ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas, lalu klik Restore. Foto tersebut akan otomatis muncul kembali di galeri smartphone kalian.

Nah, mudah sekali bukan mengembalikan foto yang sudah terhapus. Kalian tidak perlu repot harus melakukan root atau pergi ke service center. Cukup lakukan langkah-langkah di atas dan masalah selesai.

Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian. Tetap update terus info dan berta terkini di website ini.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.