Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di PC/Laptop

0

Untuk kalian, mungkin pernah menghapus tidak sengaja foto kalian di PC atau laptop, atau memang sengaja menghapusnya, tetapi ingin mengembalikannya lagi.

Tidak usah khawatir, saya akan memberikan cara untuk kalian  mengembalikan foto yang sudah terhapus di PC/laptop dengan cara yang mudah dan simpel.

Jangan lupa ya, ikuti langkah yang saya berikan dengan benar, maka foto-foto kalian bisa kembali tanpa ada kerusakan sedikitpun.

Memeriksa Recycle Bin

Cara ini mungkin sudah kalian ketahui ya. Tetapi hanya untuk lebih memastikan saja, hal pertama yang harus kalian periksa ketika ingin mengembalikan foto terhapus adalah Recycle Bin.

Recycle Bin, atau ‘tempat sampah’ yang ada di komputer atau laptop ini jadi tempat pembuangan sementara file yang pernah dihapus penggunanya. Otomatis, foto-foto yang pernah atau tidak sengaja kalian hapus masih tersimpan di sini loh.

Dengan kalian memberi akses tempat yang satu ini, kalian bisa mengembalikan foto terhapus agar muncul kembali ke ruang penyimpanan dan bisa kalian pakai untuk berbagai keperluan.

Langkah yang harus kalian lakukan adalah memilih foto yang hendak dikembalikan, tekan atau klik kanan pada mouse lalu klik Restore. Foto kemudian akan otomatis kembali ke perangkat PC/laptop kalian. Selesai!

Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Apa kalian sudah memeriksa dan tidak menemukan foto yang kalian maksud di Recycle Bin? Jangan panik! Masih ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk menemukan foto yang kalian cari tersebut.

Segera lah pergi ke folder terakhir tempat foto berada sebelum dihapus. Klik kanan pada mouse lalu klik Restore Previous Versions. Nantinya akan keluar folder tempat di mana tempat foto terakhir berada dan bisa kalian restore untuk mengembalikannya.

 

Menggunakan Software Khusus

Kalau kemudian fitur-fitur bawaan yang ada di atas belum bisa mengembalikan foto kalian, maka kalian dapat mencoba berbagai software khusus yang bisa membantu kalian mengembalikan foto. 

Beberapa rekomendasi software ini bisa kalian coba, Gaes. Di antaranya MiniTool Partition Recovery, Recuva, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery.

 

Melindungi Data (Foto)

Benar kata pepatah, ‘Mencegah itu lebih baik dari mengobati.’ Ungkapan ini sangat pas untuk cara yang terakhir, Gaes. Kalau kalian memang tidak ingin kehilangan foto penting, segera lakukan back up data lebih dulu.

Kalian haru menyalin atau copy foto-foto tersebut ke perangkat lain selain PC atau laptop yang kalian pakai sebagai tempat penyimpanan. Dengan demikian, jika foto di PC/laptop hilang, kalian bisa menyalin kembali foto yang sudah kalian simpan di perangkat lain.

Inilah beberapa cara yang bisa mengembalikan foto kalian yang terhapus di PC atau laptop. 

Sekarang kalian bisa mengembalikan foto penting kapan saja tanpa harus root smartphone kesayangan atau melakukan coding tingkat dewa. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua menemukan kembali foto yang hilang, dan hati-hati saat membuka file. Jangan sampai terhapus secara permanan dan membuat kalian kehilangan kenangan berharga.

Yuk, update terus info dan berita terbaru seputar teknologi hanya di techjak.com. 

Semoga bisa memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan untuk kalian. Terus belajar, dan semangat membuat perubahan yang lebih baik setiap harinya. Jangan lelah untuk terus menemukan tips baru, info baru, dan update dengan perkembangan ilmu dan teknologi di luar sana.

Salam teknologi. Semoga memberikan inspirasi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.