Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Di Smartphone atau Laptop

0

Pernahkah kalian tidak sengaja menghapus sebuah foto yang ada pada gadget kalian? Jika pernah, ada sebuah cara yang bisa kalian lakukan agar gambar tersebut kembali kepada kalian dan tidak hilang. Karena jika terhapus, gambar-gambar tersebut belum tentu terhapus sepenuhnya.

Sebenarnya pada beberapa jenis memoti seperti Harddisk pada sebuah computer, data yang telah terhapus sebenarnya tidak akan benar-benar terhapus dari memori tersebut. Oleh karena itu, kalian bisa mengembalikan data-data tersebut untuk digunakan lagi nantinya.

Hal ini terjadi, karena pada saat sistem menghapus file, sebenarnya file tersebut tidak dihapus dari memori, namun sistem hanya menghapus pointer dan menandainya sebagai ruang kosong. Sebab, pada dasarnya untuk menghapus file dalam memori hanya dapat dilakukan dengan menimpanya dengan file baru yang membutuhkan waktu yang lebih lama dari menandainya.

Dengan adanya fakta ini, beberapa data yang mungkin terhapus oleh kalian bisa untuk diselamatkan, meskipun tidak semua data yang bisa diselamatkan dengan sempurna. Data yang sudah terhapus juga bisa benar-benar hilang jika ditimpa dengan data lain, mungkin saja data yang sedang kalian ingin dipulihkan sudah tertimpa oleh file lain dan sudah tidak bisa ditemukan.

Jika kalian ingin mengembalikan data-data yang sudah terhapus sengaja ataupun tidak sengaja, sebaiknya cepat-cepat memulihkannya tanpa menunggu banyak waktu sehingga data tersebut lenyap dan hilang selamanya. Lebih baik lagi jika kalian lebih berhati-hati sebelum menghapus data agar data yang penting tidak ikut terhapus, misalnya sebuah foto kenangan bersama teman lama kalian, berikut ini adalah cara untuk memulihkan data atau foto tanpa menggunakan Komputer ataupun Laptop.

Mengembalikan Foto yang terhapus dengan menggunakan Google Photos.

Jika kalian ingin memulihkan foto yang telah terhapus tanpa sengaja, cara yang cukup ampuh adalah menggunakan Google Photos, namun sebelumnya kalian harus mengaktifkan fitur Backup dan Sinkronisasi dengan layanan Google Photos.

Tidak hanya foto, Anda dapat memulihkan video dengan menyinkronkan perangkat dengan layanan Google Photos. Secara otomatis, Google Photos akan menyimpan foto dan video yang terhapus pada trash selama 60 puluh hari.

Berikut ini adalah cara agar bisa memulihkan menggunakan layanan Google Photos, simak baik-baik ya.

  1. Buka aplikasi Google Photos.
  2. Klik ikon menu (garis bertumpuk tiga) pada sudut kiri atas.
  3. Pilih ikon tempat sampah (opsi Trash).
  4. Pilih foto yang akan dipulihkan dengan klik dan menahanya beberapa saat sampai tangga centang muncul.
  5. Klik ikon anak panah melingkaryang terdapat pada bagian atas.
  6. Tunggu prosesnya, dan selamat foto yang telah kalian hapus tanpa sengaja dan sengaja berhasil dikembalikan

.Nah begitulah cara untuk mengembalikan foto-foto yang tak sengaja terhapus oleh kalian masing-masing, mulai dari sekarang lebih berhati-hati dalam hal seperti ini karena mungkin saja foto yang kalian hapus ternyata foto yang berharga.

Dan jika kalian ingin menjual Smartphone milik kalian, jangan lupa untuk benar-benar menghapus foto-foto yang tersimpan di Opsi Trash layanan Google Play, agar nantinya Smartphone kalian sudah benar-benar bersih dan tidak ada foto ataupun file milik kalian lagi di situ.

Hal ini di lakukan untuk jaga-jaga saja, jika kalian sudah menghapus foto dari galeri namun belum menghapus sepenuhnya dari layanan Google Photos, kemungkinan orang yang membeli HP kalian akan mengotak-atik HP kalian untuk mendapatkan File dan Foto yang sudah dihapus tapi tidak sepenuhnya di hapus.

Tetap berhati-hati ya semua!

Leave A Reply

Your email address will not be published.