Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack

0

Mungkin kalian mempunyai 100 atau 100ribu followers, tapi saat kalian merasa akun Instagram kalian dihack, pasti kalian kesal. Apalagi, kalau akunnya sampai tidak bisa dibuka.

Pertama-tama yang bisa kalian lakukan adalah melaporkannya ke pusat bantuan Instagram, memilih pusat Privasi dan Keselamatan. Kemudian pilih Laporkan Sesuatu dan klik Akun yang Dibajak. Setelah itu, ikuti saja perintah yang tertera di laman tersebut.

Di samping melaporkan dan meminta bantuan langsung kepada Instagram, ada beberapa cara lain yang bisa kalian lakukan sendiri untuk mengembalikan Instagram yang dihack.

Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack dengan mudah dan cepat

Kali ini saya akan memberikan beberapa cara mengembalikan akun Instagram yang dihack dengan mudah dan cepat.

Jika Instagram dihack, tapi masih bisa login

Kalau tiba-tiba akun Instagram kalian dipakai orang lain, tapi kalian masih login ke akun tersebut, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan akun Instagram kalian yang dihack.

Langkah pertama, buka aplikasi Instagram di smartphone kalian  lalu pilih Settings untuk mengubah password kamu.

Selesai kalian mengubah password, cek daftar authorized applications untuk memastikan hacker tidak mengunggah atau memposting dari sumber-sumber lain.

Supaya menghapus semua akses aplikasi yang terhubung ke Instagram kalian, kalian harus login memakai PC atau laptop via windows. Ketika kalian sudah masuk ke profil, lalu pilih settings dan tap ikon  Authorized Apps.

Selanjutnya, Revoke Access atau batalkan akses ke aplikasi yang tidak kalian kenali atau gampangnya revoke saja semua akses.

Sekarang akun Instagram kalian tidak lagi bisa diakses orang lain. Ada kemungkinan orang tersebut tahu pasword kalian, makanya dia bisa masuk ke akun Instagram kalian. Karena itu jagalah kerahasiaan password.

Instagram dihack, tapi tidak bisa login

READ  Cara Share Loc di WhatsApp

Jika hal ini yang terjadi, artinya kalian menghadapi hacker yang lebih jago. Memang banyak hacker yang mengubah password supaya kalian kesulitan masuk ke akun kalian sendiri.

Cara mengembalikan Instagram yang dihack, jika kalian tidak bisa login sama sekali, maka kalian harus buka aplikasi Instagram di smartphone kalian. Kemudian tap opsi Forgotten Password. Lalu ketik username Instagram atau email kalian. Kalau tidak bisa juga coba masukkan nomor handphone kalian. Setelah itu kalian ikuti saja perintah-perintahnya untuk mengembalikan akun Instagram kalian

Jika username, dan email juga diubah hackers

Apabila hackers tersebut tidak hanya mengganti password tapi juga mengganti username, email dan kalian tidak punya akses ke email yang terhubung ke akun kalian, berarti kalian tetap bisa mengembalikan akun. 

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah cek email kalian yang terhubung dengan akun Instagram. Jika ada pesan di Inbox atau Spam dari instagram yang menyebut adanya request atau permintaan mengganti email Instagram kalian, coba klik opsi ‘revert this change’ untuk  konfirmasi bahwa bukan kamu yang mengajukan perubahan email.

Kalau kalian tidak menemukan pesan tersebut coba cari ke bin atau trash karena mungkin terhapus. Tapi jika email dari Instagram tersebut betul-betul tidak ada, kalian bisa memaiaki Facebook untuk mengubah email Instagram kalian. Ini bisa kalian lakukan jika sebelumnya sudah menghubungkan Instagram kamu ke Facebook.

Langkah-langkahnya adalah, untuk smartphone  Android, tap opsi Get Help Signing In di halaman login. Kemudian login dengan Facebook. Dan, pakailah kredensial Facebook kalian untuk login ke akun Instagram kalian. 

Sementara jika kalian pengguna, iPhone, tap ikon Facebook. Setelah kalian berhasil masuk, langsung ke menu Settings dan setelah ulang email dan password kalian.

Cara menjaga keamanan Instagram dari hacker

Untuk mencegah supaya akun kalian tidak dihack, saya punya tips tentang cara menjaga kemanan kalian dari hacker, yakni mengaktifkan two-factor authentification di menu Settings.

Memang cara ini tidak menjamin 100 persen Instagram kalian bebas dari hacker, tapi setidaknya membuat hacker agak kesulitan untuk mengakses akun Instagram kalian karena ada perlindungan ganda.

Baiklah, Gaes. Itu tadi beberapa cara mengembbalikan akun Instagram yang dihack. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.