Cara Mengetahui Driver Belum Terinstall di Windows 10

0

Windows 10 adalah versi windows terbaru yang dikeluarkan oleh microsoft untuk laptop atau pc. Windows 10 hadir dengan banyak fitur menarik dan terlihat lebih powerfull dari versi windows sebelumnya.

Akan tetapi, windows 10 juga mempunyai beberapa masalah yang umum terjadi, seperti adanya driver yang belum terinstall, dan karenanya ada fungsi yang berjalan kurang maksimal.

Oleh sebab itu kalian harus mengetahui driver apa saja yang belum terinstall dan menginstallnya kembali.

Baca Juga : Mencari Sebab dan Solusi Kartu Sim Tidak terinstall

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahukan bagaimana cara mengetahui driver yang belum terinstal di windows 10.

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba, hanya saja umumnya untuk melihat driver yang belum terinstall yaitu lewat device manager.

Memakai Command Prompt

Supaya bisa mengetahui driver yang belum terinstall kalian bisa melihat langsung lewat device manager. Kalian dapat membuka device manager lewat Command Prompt dengan cara berikut.

Pertama-tama, silahkan kalian buka cmd di komputer atau laptop kalian. Selanjutnya klik tombol windows + r pada keyboard , kemudian ketik cmd dan enter

Setelah itu pada jendela cmd yang terbuka, ketik devmgmt.msc dan enter

Apabila device manager sudah terbuka, kalian dapat melihat semua driver yang tersedia. Kalau driver tersebut belum diinstall, maka akan diberi dengan icon tanda seru (Exclamation).

Lewat Device manager

Cara umum yang dipakai untuk melihat, menginstall dan mengupadte sebuah driver, dapat dilakukan langsung lewat Device Manager.

Di samping itu beberapa driver yang belum terinstall juga bisa kalian lihat langsung lewat Device Manager.

Langkah yang harus kalian lakukan pertamanya, yaitu silahkan buka windows explorer. Kemudian pada bagian this pc atau my computer klik kanan dan tap opsi manage.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Tidak Terbaca di Windows

Disana nanti akan terbuka sebuah program baru, yaitu Computer Management. Di bagian kiri Computer Management, silahkan klik menu Device Manager

Lalu akan muncul semua driver yang tersedia. Dna untuk melihat driver yang belum terinstall, silahkan perhatikan pada driver yang mempunyai tanda seru (Exclamation)

Melalui Run

 

Sama dengan cara-cara sebelumnya, semua driver yang terinstall bisa kalian lihat langsung lewat device manager, di bawah ini cara membuka device manager dengan run.

Langkah awal, silahkan buka program run, dengan menekan tombol windows + r pada keyboard atau dengan menekan start, lalu ketik dan klik run

Apabila run sudah terbuka, silahkan kalian ketik devmgmt.msc dan enter. Nantinya akan terbuka sebuah program baru yaitu Computer Management, pada bagian kiri silahkan klik menu Device Manager

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android

Nanti kalian dapat melihat semua driver yang belum terinstall dan diberi tanda seru kuning

Lewat Control Panel

Di control panel kalian dapat menemukan Device Manager pada bagian hardware and sound, lalu kalian bisa melihat semua driver yang belum terinstall di windows 10 tersebut.

Langkh pertama, buka control panel, bisa lewat menu start atau tekan windows + r pada keyboard kemudian ketik control panel dan enter.

Kalau control panel sudah terbuka, klik menu hardware and sound. Selanjutnya pada bagian devices and printers, silahkan klik menu device manager.

Di device manager kalian dapat melihat driver yang belum terinstall yang mempunyai icon tanda seru warna merah.

Baca Juga : Cara Uninstall Aplikasi Zoom

Itu tadi beberapa cara mengetahui driver yang belum terinstall di windows 10. 

Sesudah kalain tahu mana yang belum terinstall, kalian bisa install driver lewat DVD ROM installer driver atau lewat website dari vendor driver tersebut.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.