Cara Mengetahui Fungsi dan Penggunaan USB OTG

0

Pernah mengalami kendala menyimpan data yang besar dan banyak di smartphone dan ingin memindahkannya? Nah, kalau memang demikian, kalian bisa memakai USB OTG. USB On-The-Go (OTG) flash drive bisa mengatasi memori smartphone yang penuh. 

Di samping membantu mengatasi kepenuhan memori internal pada smartphone, USB On-The-Go juga punya beberapa fungsi dan kegunaan ainnya, lho. Ingin tahu apa saja? Simak langsung kuy. Saya jelasin satu-satu di artikel ini.

Gaes, sebelum saya kupas tuntas kegunaan USB OTG, saya mau kasih catatan dulu. Pastikan sebelumnya perangkat android kalian sudah mendukung USB OTG. Caranya dengan melihat informasi spesifikasi di box smartphone atau tablet. Atau bisa lihat langsung di website pabrikannya.

Cara Mengetahui Fungsi dan Penggunaan USB OTG

Perangkat yang sudah mendukung USB OTG biasanya akan tertera logo seperti gambar di atas pada boxnya. Jika masih kurang yakin, alternatifnya kalian juga bisa memakai aplikasi bernama USB OTG Checker yang tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi tersebut bisa memberitahu apakah perangkat kalian mendukung USB OTG atau tidak.

Selanjutnya kalian membutuhkan kabel konektor dari USB OTG itu sendiri (adapter). Tetapi seiring perkembangan teknologi, sekarang ini sudah banyak USB OTG yang sudah include dengan alat penyimpanan tanpa kabel. Contohnya usb drive otg SanDisk.

Langsung saja, Gaes. Berikut beberapa hal yang bisa kalian lakukan pada smartphone atau tablet Android yang sudah mendukung USB OTG.

Mencetak Dokumen Langsung dari Printer

Selain menyimpan data atau file dari smartphone kalian, USB OTG juga bisa kalian gunakan untuk mencetak dokumen secara langsung dari printer tanpa menyambungkannya ke PC. Penggunaan USB On-The-Go tentu bisa membantu kalian untuk menghemat banyak waktu.

Pada beberapa merk printer, seperti Canon misalnya, kalian perlu menginstall aplikasi khususnya terlebih dahulu yang tersedia gratis di Google Play Store.

Menghubungkan Game Controller

Fungsi USB OTG lainnya adalah bisa dipakai untuk menyambungkan game controller atau joystick. Buat kalian yang memanfaatkan smartphone berbasis Android 9.0 (Pie),  berbahagialah karena kalian bisa menyambungkan game controller ke smartphone.

Game controller yang bisa dipakai di antaranya game controller Xbox One dan PlayStation 2. Khusus untuk PlayStation 2, kalian harus melakukan proses root terlebih dulu pada smartphone supaya kalian dapat bermain game memakai controller yang disambungkan dengan USB On-The-Go.

Menyambungkan Kamera DSLR

Dengan memanfaatkan USB On-The-Go, kalian juga  bisa menyambungkan kamera DSLR yang kalian miliki dengan smartphone Android, lho. Jadi, kalian bisa mengontrol kamera dengan lebih baik lewat tampilan layar yang lebih besar, sehingga foto yang dihasilkan juga bisa lebih memuaskan.

Para fotografer mungkin akan menyukai fitur ini. Perangkat Android kalian akan bisa menampilkan tayangan kamera secara live pada layar Android. Keuntungannya jelas, tampilan kamera akan terlihat lebih besar.

Untuk menghubungkannya, kalian bisa memakai aplikasi bernama DSLR Controller lewat Play Store. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur seperti: capture, focus, control shutter speed, dan masih banyak lagi. Bisa dipakai secara ideal untuk kamera dengan merek Canon, dan juga beberapa kamera Nikon dan Sony.

Menghubungkan Keyboard dan Mouse dengan Perangkat Elektronik Berbasis Android

Kalian ingin menjadikan smartphone atau tablet layaknya perangkat komputer? Pakailah saja USB On-The-Go.

Ya, kalau kalian memakai  tablet atau smartphone sebagai alat yang menunjang produktivitas pekerjaan,  maka kalian bisa memakai USB OTG. Karena salah satu fungsi USB OTG adalah untuk menyambungkan alat periferal berupa mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard yang bisa disambungkan dengan smartphone Android kalian adalah mouse dan keyboard wireless atau yang tak mempunyai kabel.

Cukup tancapkan ke port USB OTG, kalian sudah bisa mengetik di Android dengan keyboard dan mouse fisik. Kalau ingin lebih fleksibel lagi, kalian juga bisa menggunakan wireless mouse dan keyboard.

Membaca File dari Hardisk Eksternal

Fungsi USB OTG  tidak hanya memindahkan data dari smartphone, menghubungkan mouse dengan keyboard sampai mencetak dokumen tanpa bantuan PC secara langsung. Fungsi USB OTG lebih dari itu. Funsi USB OTG juga bisa membantu membaca file atau data milik kalian yang disimpan dalam harddisk eksternal dengan mudah.

Membuat Smartphone menjadi Powerbank

Ketika kalian mendapati baterai smartphone habis memang membuat kesal. Terlebih, bila kalian sedang berada di luar rumah atau kantor dan tak mendapati adanya colokan atau bahkan kalian lupa membawa powerbank yang kalian miliki.

Tenang, kalian bisa mengandalkan USB On-The-Go untuk membuat smartphone milik teman atau keluarga kalian sebagai powerbank.

Karena itu, kalau powerbank kalian ketinggalan atau sulit menemukan colokan, sambungkan saja smartphone lain ke smartphone kalian lewat USB On-The-Go untuk membantu mengisi daya baterai. Sangat mudah dan praktis, bukan?

Bakup Konten Media Sosial

Tahukah kalian? Dengan memanfaatkan USB On-The-Go, kalian juga bisa melakukan back up konten media sosial yang kalian punya.

Apabila sewaktu-waktu kalian terpaksa harus menutup akun sosial media namun tak mau kehilangan konten yang ada di dalamnya, kalian bisa mengandalkan USB On-The-Go untuk mengamankan konten atau file yang kalian punya.

Dengan memakai USB On-The-Go dari Sandisk seperti SanDisk Dual Drive (Android) atau SanDisk iXpand Drive (iOs) misalnya, kalian bisa menyimpan dan mem-back up semua konten dari akun sosial media kalian dengan mudah.

Demikianlah cara mengetahui kegunaan USB OTG. Semoga bermanfaat, Gaes!

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.