Cara Mengetahui IP Wifi

0

IP Wifi? Apa itu? Penting nggak sih? Trua ada caranya nggak buat mengetahui IP Wifi? 

Gaes, IP Wifi atau IP Address Wifi merupakan barisan angka biner yang berguna sebagai identitas hosting dalam sebuah jaringan internet. IP Wifi ini sangat penting karena saling berhubungan dengan koneksi internet dan perangkatnya.

Di samping itu, IP Wifi juga mempunyai berbagai macam fungsi yang sangat penting. Salah satunya yaitu untuk mengganti password WiFi. Ini karena sebelum mengganti password Wifi kalian harus tahu dulu berapa IP Wifi. Biasanya IP Wifi tercantum di bawah casing router. 

Kalau sudah mencari taoi ternyata IP Wifi tidak ditemukan di bawah casing router, bagaimana? Tenang, Gaes. Ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk memperoleh IP Wifi. Mau tahu? Kuy simak.

Cek IP Wifi di PC

Kalau kalian ingin mengetahui IP Address Wifi dengan memanfaatkan detail jaringan yang ada di dalam PC, maka kalian harus memastikan bahwa PC kepunyaan kalian terkoneksi dengan Wifi. Selanjutnya, kalian cukup ikuti langkah-langkah yang saya tulis di sini.

Pertamanya, kalian harus masuk ke dalam system “tray” dan tap opsi “Bar” atau “Monitor” (sesuai pilihan mana yang tampil).

Selanjutnya klik “Open Network and Sharing Center”. Beberapa saat kemudian akan tampil windows baru. Setelah itu klik link warna biru yang ada di sebelah “Connection”.

Gaes, nama link ini bisa berbeda-beda antara satu PC dengan PC yang lainnya. Ini karena nama link tergantung dengan jaringan yang terhubung dengan PC.

Langkah berikutnya, tap opsi “Details” pada windows yang baru terbuka. Dan terakhir, kalian bisa menemukan alamat IP Wifi yang berada di sebelah “Default Gateway”.

Cara Mengetahui IP Wifi di Android

Cara melihat IP Wifi dengan memakai smartphone android, sebetulnya sangat mudah. Tapi seperti halnya mencari tahu IP Wifi dengan berlandaskan detail jaringan dalam PC, smartphone kalian harus terhubung dengan Wifi. 

Apabila smartphone tidak tersambung dengan Wifi, maka cara ini tidak akan bisa kalian pakai. Kemudian setelah kalian memastikan ponsel dengan Wifi telah terhubung, kalian cukup melakukan langkah-langkah yang saya bagi ini.

Pertama, masuk ke pengaturan dan pilihlah pengaturan Wifi. Di sini kalian akan melihat kalau jaringan Wifi yang sudah terhubung ada di daftar paling atas.

Selanjutnya, pilih jaringan yang sudah terhubung. Tunggu beberapa saat sampai tampil pop up tampilan properties Wifi.

Perhatikan pada pop up tersebut, kalian akan melihat beberapa versi IP. Umumnya versi IP yang muncul adalah IPv4 dan IPv6. Tetapi, pada umumnya jaringan Wifi di setting pada IPv4. Dan itulah yang disebut IP Wifi.

Itu tadi cara mudah mengetahui IP Wifi lewat smartphone android. Karena biasanya dalam setiap smartphone yang terkoneksi pada Wifi mempunyai IP Address yang berbeda. Ini karena IP Address mempunyai keunikan. Dimana tak boleh ada double IP, karena akan menyebabkan error di jaringan.

Cara Mengetahui IP Wifi dengan CMD

Cara paling mudah untuk mengetahui IP Wifi adalah dengan memakai command prompt (baris perintah penerjemah). Dengan command prompt ini kalian akan memperoleh alamat IP Wifi yang kalian cari dengan rincian yang sangat jelas, tanpa harus repot. Langsung saja, ini ada cara mengetahui IP Address Wifi dengan command prompt.

Pertama kali, kalian pilih tombol Windows + R, pada papan ketik ( keyboard ) di laptop atau PC. Lalu tunggu beberapa saat sampai menu Run terbuka.

Ketika program terbuka ketik ‘cmd’ pada lembar yang kosong. Kemudian tap OK.

Setelahnya, akan muncul program dengan background hitam. Jangan khawatir dan berfikir laptop atau PC kalian tiba-tiba blank atau error. Ini karena program itulah yang disebut sebagai command prompt.

Nantinya pada command prompt ketik ‘ipconfig’. Selanjutnya tap tombol Enter pada keyboard.

Kalian tunggu sampai muncul parameter yang berbeda-beda di layar windows. Sedangkan IP Wifi berada di dalam Default Gateway.

Demikialnah tiga cara mengetahui IP Wifi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu kalian. Utamanya untuk kalian yang ingin mengetahui cara mencari alamat IP Wifi. 

Selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.