Cara Mengetahui Jenis Font di PC, Android dan iPhone 2020

0

Ada beberapa kali ketika kalian akan menemukan gambar acak di suatu tempat yang mempunyai beberapa teks di atasnya, tetapi tidak yakin jenis font mana yang dipakai pada foto tersebut. Mengidentifikasi font pada gambar adalah trik yang sangat bermanfaat yang harus diketahui semua orang. 

Baca Juga : Cara Install Font Windows di Ubuntu .

Tips cara mengetahui jenis font dalam gambar apapun mempunyai banyak kegunaan seperti memungkinkan kalian menemukan dan mengunduh jenis font yang benar-benar kalian sukai, yang digunakan dalam gambar. 

Atau, kalian mungkin sudah menemukan meme secara online dan ingin membuatnya sendiri dengan font yang serupa. Dari desainer sampai meme, semua orang akan merasa bermanfaat untuk mengetahui jenis font dalam gambar. Untungnya tidak sulit untuk melakukan ini.

Untuk mengetahui jenis font dalam gambar, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut.

Mengetahui Jenis Font dengan Photoshop CC

Adobe Photoshop mempunyai alat yang rapi dan memungkinkan kalian mengetahui jenis font dalam gambar baik secara online maupun offline. Tetapi, tak semua versi Photoshop dapat mengidentifikasikan font. Hanya versi Photoshop CC yang mempunyai fitur pendeteksi font.

Caranya juga mudah, kalian cukup buka gambar yang ingin diidentifikasikan fontnya. Seleksi memakai selection tool di sekitar gambar yang ingin kalian identifikasi fontnya. Setelah itu pilih menu Type dan pilih opsi Match font.

Baca Juga : 2 Cara mengganti Font Instagram .

Secara otomatis Photoshop akan mengidentifikasikan font. Ada dua pilihan deteksi font yaitu secara offline dan online. Apabila kalian memilih match font offline, photoshop akan menampilkan jenis font yang benar-benar mirip atau sama dengan font gambar.

Apabila kalian memilih match font online kalian akan diminta untuk log in ke Creative Cloud dan kemudian Photoshop akan mendeteksi online dengan Typekit secara lebih akurat.

Menggunakan Ekstensi di Chrome

WhatFont

Kalian bisa mengetahui font gambar dengan WhatFont yang merupakan ekstensi Google Chrome yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi font pada halaman web atau gambar. Pertama-tama, kalian perlu mengunjungi chrome.google.com/webstore/detail/whatfont/jabopobgcpjmedljpbcaablpmlmfcogm?hl=en dan kemudian klik ‘Tambahkan Ke Chrome’

Setelah itu kalian akan melihat popup di mana kalian perlu mengklik ‘Tambahkan Ekstensi’. Setelah ditambahkan, kalian akan memperoleh notifikasi dan akan melihat ikon WhatFont pada tab Bookmark yang menandakan bahwa ekstensi telah terpasang.

Selesai terpasang, buka gambar atau halaman web dari font yang ingin kalian ketahui. Ketuk ikon WhatFont dan bawa kursor ke teks atau gambar tersebut. Disana kalian akan melihat nama Font.

Font Finder

Font Finder adalah salah satu ekstensi Google Chrome terbaik yang bisa dipakai oleh pengembang, perancang, dan juru ketik. Ekstensi ini pada dasarnya memungkinkan kalian untuk menganalisis font dan akan menunjukkan setiap detail font termasuk nama font, ukuran, jarak, dll.

Baca Juga : Nama dan Jenis Font Instagram Story.

Pemakaiannya juga mirip dengan WhatFont, cukup pasang ekstensi ini di Google Chrome lewat chrome.google.com/webstore/detail/font-finder/bhiichidigehdgphoambhjbekalahgha?hl=en

Untuk mengidentifikasi font cukup klik kanan dan pilih opsi Font Finder.

Fontface Ninja

Fontface Ninja ialah ekstensi Google Chrome terbaik dalam daftar yang bisa membantu kalian menjelajahi font dalam suatu situs web. Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa, mencoba, membookmark dan membeli font yang digunakan di situs web apa pun.

Ekstensi chrome sangat mudah digunakan dan menunjukkan informasi instan terkait font yang dipilih.

Kalian cukup pasang ekstensi lewat chrome.google.com/webstore/detail/font-finder/bhiichidigehdgphoambhjbekalahgha?hl=en

Mengetahui Jenis Font secara Online

WhatTheFont

WhatTheFont adalah tool online yang dengan mudah bsia mendeteksi jenis font dari sebuah gambar lewat situs online.

Intinya kalian cukup upload gambarnya dalam berbagai format seperti JPG, PNG, GIF, maka tak lama kemudian kalian akan diberitahu detil font dalam gambar yang kalian upload tadi.

Langkahnya bagaimana? Mudah kok. Apabila gambarnya masih ada di sebuah website seperti gambar sebuah logo, kalian download dulu dan simpan di PC, andorid atau iPhone kalian,

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan Unit di Whatsapp .

Selanjutnya, kunjungi situs myfonts.com/WhatTheFont/.  Kemudian klik Choose File, dan kalian bisa memilih gambar yang sudah kalian download tadi, lali klik Continue.

Ketika selesai, akan terlihat hasilnya. Kalian scroll ke bawah di website WhatTheFont, kemudian tap opsi Ccontinue. Nanti akan ditampilkan hasil jenis fontnya. Kalian tinggal pilih mana font yang cocok untuk kalian.

Situs WhatTheFont akan otomatis menganalisa. Kalian tinggal menunggu sampai proses selesai.

Namun, pastikan untuk mengunggah gambar berkualitas baik untuk akurasi pengenalan font yang lebih baik.

Kalau bentuknya tulisan bukan gambar bagaimana? Mudah. Kalian tinggal ubah tulisan tadi jadi gambar dengan memakai aplikasi Snipping Tools.

Font Identifier

Font Identifier adalah pencocokan font online lain yang memungkinkan pengguna untuk mendeteksi font yang dipaiau dalam gambar apa pun. Hal yang hebat tentang Font Identifier adalah antarmuka yang terlihat bersih dan sederhana.

Baca Juga :  Cara Aktifkan Layanan Lokasi Iphone.

Cukup buka tautan fontsquirrel.com atau matcherator, kalian hanya perlu mengunggah gambar dan situs ini akan segera memberi tahu font yang terdeteksi.

Fontspring Matcherator

Fontspring Matcherator adalah pengenal font lain yang mirip dengan Font Identifier. Antarmuka web cukup bersih dan kamu hanya perlu mengunggah gambar berkualitas baik untuk mengetahui font.

Cukup buka fontspring.com/matcherator untuk mengoperasikannya. Namun, Fontspring Matcherator membutuhkan banyak waktu selama proses pengenalan font. Tapi, hal ini sebanding dengan kualitas pengenalan font yang lebih akurat.

Mengetahui Jenis Font dengan Aplikasi iOS

Untuk kalian yang memakai smartphone dengan sistem operasi iOS bersyukurlah karena ada aplikasi WhatTheFont yang bisa kalian pakai untk mengetahui jenis font dan juga nama fontnya.

Pertama-tama, kalian unduh aplikasinya di iTunes. Kemudian instal dan buka. Jepretlah fontnya dengan kualitas bagus dan mudah dikenali. 

Baca Juga :Cara Mengatasi Google Keyboard Error di Xiaomi.

Kemudian input foto lewat aplikasi WhatTheFont dan biarkan aplikasi bekerja sebentar. Nanti akan keluar informasi jenis dont yang ingin kalian ketahui.

Demikianlah beberapa cara mengetahui jenis font baik lewat PC, android, atau iPhone. Tentunya cara di atas bisa diharapkan bisa membantu menyelesaikan tugas kalian. Kalian juga bisa mendesain sebuah brosur atau logo, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.