Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

0

Aplikasi WhatsApp dahulu hanya bisa untuk saling berbalas pesan, tetapi sekarang ini WhatsApp sudah jadi berkembang dan mempunyai banyak fitur yang memanjakan penggunanya. Salah satu fitur yang menarik di aplikasi WhatsAppnya adalah fitur untuk melacak lokasi seseorang loh.

Kalian penasaran bagaimana caranya menggunakan fitur WhatsApp keren yang satu ini? Kuy simak sampai akhir!

Inilah Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Fitur melacak lokasi di WhatsApp ini pastinya sangat berguna jika kalian ingin mengetahui keberadaan teman, pasangan atau keluarga ketika kalian kesulitan mencarinya guys.

Saat ingin mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp, setidaknya kalian memiliki dua cara mudah untuk melakukannya. 

IP Tracker

Pertama-tama, kalau kalian ingin melacak lokasi seseorang secara diam-diam, kalian bisa menelusuri alamat IP dari orang yang kalian ajak chatting di WhatsApp. Di sini kalian cuma memerlukan aplikasi WhatsApp Web dan membukanya di PC atau laptop guys.

Selain itu kalian pun harus memakai aplikasi Command Prompt yang ada di sistem operasi Windows. Berikut caranya, Gaes.

Akses Whatsapp Web lalu ajak orang yang mau kalian ketahui lokasinya dengan mengajaknya chatting.

Selanjutnya kalian wajib menutup semua aplikasi lain yang berjalan di background. Caranya tinggal membuka Task Manager (klik Ctrl+Alt+Delete), kemudian End Task pada semua aplikasi kecuali aplikasi browser yang tersambung dengan WhatsApp Web.

Langkah selanjutnya segera jalankan Command Promt dengan memilih tombol Ctrl+R, lalu ketik cmd dan pilih tombol Enter. Masukkan perintah netstat-an dan klik Enter.

Terakhir, catat alamat IP yang ditampilkan di jendela Command Prompt. Lalu selanjutnya kalian bisa dengan mudah melakukan tracking lewat website http://www.ip-adress.com/ip_tracer/.

 

Fitur Live Location

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah memanfaatkan fitur Live Location yang bisa memberi tahukan lokasi seseorang secara real time di aplikasi WhatsApp. Syaratnya orang yang ingin kalian ketahui lokasinya harus membagikannya ke kalian secara langsung.

Cara ini memang lebih efektif daripada langkah pertama yang sudah saya bahas di atas. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Gaes.

Awalnya, saat WhatsApp yang terinstall sudah versi yang terbaru, kalian tinggal memilih ikon Attachment pada kolom tulis pesan. Selanjutnya klik Location, tekan Share live location.

Kemudian kalian akan diberikan pop-up yang mengkonfirmasi apakah kalian akan membagikan lokasi. Tap Continue untuk melanjutkan dan klik durasi untuk membagikan live location.

Di sini nanti kalian sudah bisa membagikan lokasi ke teman kalian. Sebaliknya kalian juga bisa meminta teman kalian untuk melakukan hal yang sama, Gaes.

Demikianlah cara mengetahui lokasi seseorang di WhatsApp dengan mudah. Dengan begitu, kalian pun tidak perlu ribet dan kesulitan untuk mengetahui lokasi di mana teman, saudara, pasangan atau keluarga kalian berada.

Cara ini juga bisa kalian pakai untuk menghindari penculikan dengan membagi lokasi kalian ke teman, pasangan, atau keluarga lainnya.

Pastikan juga kalian menginstall aplikasi WhatsApp terbaru sebelum menemukan lokasi terakhir teman kalian. Semakin maraknya penculikan anak belakangan ini juga bisa membuat kalian melakukan cara ini untuk mengetahui lokasi orang terdekat dan keluarga kalian, serta melindungi dari berbagai kemungkinan lain.

Apakah setelah ini kalian mau langsung praktek? Ya sudah.

Selamat mencoba ya, Gaes. Semoga bermanfaat dan terus update berita juga tips terbaru di techjack.com. Sampaikan pertanyaan di kolom komentar kalau ada yang ingin kalian tanyakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.