Cara Mengetahui MAC Address Android

0

Kita pasti sudah biasa ya, melihat MAC address di perangkat desktop seperti komputer dan laptop. Tetapi, apakah kalian juga sudah tahu cara cek MAC Address di smartphone Android kalian?

MAC Address di sini bisa jadi sesuatu yang sangat penting. Ini disebabkan MAC Address bisa mengatur perangkat kalian pada jaringan wired maupun jaringan di WIFI.

Contohnya, kalian menyambungkan perangkat kalian ke jaringan @wifi.id atau jaringan wifi publik lainnya. Dengan begitu yang terdaftar dan tercatat di wifi tersebut adalah sebuah MAC Address dari perangkat kalian, Gaes.

Pengertian MAC Address

MAC Address ini terdiri dari nomor acak, unik dan juga berbeda di setiap perangkat. Tujuannya supaya perangkat yang terhubung ke jaringan tidak mendapat masalah.

Kalau kalian menghafalnya, mungkin akan sulit karena format dari MAC Address sangat acak. Karena itu, artikel cara mengetahui MAC Address di smartphone Android bisa jadi salah satu solusi terbaik untuk kalian.

Cara Mengetahui MAC Address Smartphone Android

Cara cek MAC Address di smartphone Android adalah pekerjaan yang mudah. Bahkan ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk melihat MAC Address di smartphone Android kalian.

Kalian bisa memakai bantuan aplikasi atau tanpa aplikasi, dikarenakan kebanyakan smartphone Android sekarang sudah mempunyai fitur bawaan untuk mengetahui MAC Address yang kalian punya.

Beberapa cara yang saya tulis ini bisa kalian pakai di semua smartphone Android seperti Samsung, Realme, Asus, Xiaomi, OPPO, Vivo, Huawei dan lainnya.

Via Fitur dari Smartphone atau Tanpa Aplikasi

Cara mengetahui MAC Address di smartphone Android yang pertama adalah melalui fitur dari smartphone kalian sendiri. Karena itu, kalian tidak perlu memasang aplikasi untuk mengecek MAC Address smartphone.

Caranya bagaimana? Kalian awalnya harus pergi ke menu Pengaturan di smartphone. Lalu buka menu About Phone atau Tentang ponsel.

Selanjutnya klik opsi Status di pilihan menu yang tampil. Kemudian carilah kolom yang bernama Wi-Fi MAC Address. Pada kolom tersebut akan memberikan informasi MAC Address dari smartphone Android kalian.

Baca Juga : Cara Menghubungkan Proyektor Ke Laptop

Mungkin menu yang saya tulis akan sedikit berbeda dari segi nama tergantung dari merk smartphone android yang kalian pakai.

Via Wifi

Gaes, kalian bisa melihat MAC Address di smartphone android lewat menu pengaturan wifi kalian. Karena setiap kalian menyambungkan smartphone android ke jaringan wifi, akan tampil juga informasi MAC Address smartphone Android kalian.

Cara cek MAC Address di smartphone Android pertamanya kalian buka menu Pengaturan di smartphone, lalu masuk ke menu WiFi.

Berikutnya, sambungkan smartphone kalian ke salah satu jaringan wifi yang tersedia. Kalau sudah terhubung, klij nama wifi untuk membuka informasinya. Kalian akan dapat melihatnya di kolom MAC Address.

Cara ini sangat mudah, tapi karang ada smartphone android keluaran terbaru terkadang tidak mendukung cara yang satu ini.

Via Aplikasi What’s My MAC Address

Gaes, aplikasi ini bisa menginformasikan MAC Address di smartphone Android. Kegunaannya hanya mengecek MAC Address. Karena itu aplikasi ini sangat ringan dan berukuran kecil, yaitu 2 MB saja.

Kelebeihannya, aplikasi ini gratis dan bisa kalian pasang lewat google playstore. Cara pakainya cukup sambungkan smartphone ke WIFI. Dengan begitu aplikasi ini akan memperlihatkan MAC Address milik smartphone Android kalian.

Via Aplikasi MAC Address Finder

MAC Address Finder adalah aplikasi yang dapat menampilkan semua informasi sehubungan dengan jaringan di smartphone Android kalian. Di samping bisa melihat MAC Address, aplikasi ini juga bisa mengetahui IP dan informasi pada jaringan smartphone kalian.

Ukuran aplikasi ini hanya 4 MB dan sudah dipasang 10 ribu kali oleh pengguna android di seluruh dunia. 

Cara mengetahui mac address smartphone android dengan aplikasi ini sangat mudah dilakukan.

Via Aplikasi Change My MAC

Aplikasi ini di samping bisa memperlihatkan MAC Address di smartphone Android, juga mempunyai fitur untuk mengubah MAC Address smartphone Android kalian dengan mudah.

Akan tetapi, untuk fitur mengubah MAC Address, smartphone Android kalian harus dalam keadaan sudah di-root. Tetapi kalau hanya untuk mengetahui MAC Address saja, maka kalian tidak perlu akses root di smartphone.

Aplikasi ini cukup terkenal untuk mengganti MAC Address di smartphone Android. Lebih dari 500 ribu kali aplikasi ini sudah diinstal, dan ukuran aplikasi ini cukup kecil yaitu 4 MB saja.

Demikianlah, Gaes, cara untuk mengetahui MAC Address di Android yang bisa kalian coba. Semoga dengan cara ini kalian bisa melihat MAC Address smartphone Android yang kalian pakai.

Semoga bermanfaat.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.