Cara Mengetahui Nomor KK Online

0

Apakah kalian sedang mengurus sebuah urusan dengan memakai KK? Kalian kesulitan karena KK atau Kartu Keluarga kalian dipegang orang tua di kampung? Tenang, Gaes. Jangan panik karena saya akan membocorkan tips buat kalian tahu cara cek nomor KK online tanpa harus khawatir kirim paket KK via pos dan malah hilang KKnya.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP Secara Online.

Tahukah kalian bahwa bagi kalian yang sedang mencari cara cek nomor KK online ternyata sangat mudah. Kalian hanya cukup melakukannya dengan beberapa cara yang akhan saya bagikan.

Kartu Kelaurga memang dokumen yang wajib dimiliki sebagai syarat menjadi WNI yang sudah berkeluarga.

Karena kalian tinggal di Indonesia dan supaya status warga negara kalian diakui, maka kalian wajib mempunyao KK. Saat kewarganegaraan kalian diakuin, kalain akan mudah dalam mengapatkan segala pelayanan dari pemerintah. Misalnya melakukan registrasi kartu SIM, sertifikat tanah, sampai mengurus surat ijin menikah di KUA.

Tanpa ada KK, pastinya sangat sulit mendapatkan akses dan surat-surat serta perizinan yang kalian uru. Oleh karena itu keberadaan LL sangat penting. Kalian pun harus menyimpannya baik-baik karena sewaktu0waktu saat butuh kalian tidak usah lagi repot membuatnya.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP Badan Usaha .

KK sendiri adalah dokumen kependudukan yang memuat informasi tentang anggota keluarga yang terdiri dari Ibu, Bapak, Anak, dan lain sebagainya. Ada nama anggota keluarga, Tanggal kelahiran. Nomor Induk Kependudukan, dan sebagainya. Akan tetapi, kadang kalian juga mengalami lupa nomor KK kalian, sehingga bingung unutk mengetahuinya saat kalian berada di luar rumag. 

Padahal, mungkin saja saat itu nomor KK kalian sangat dibutuhkan untuk persyaratan tertentu yang wajib kalian penuhi.

Baca Juga : Cara Mencegah Toko Online Melakukan Penipuan.

Nah, hubungan KK dengan internet juga penting. Saat ini manfaat internet salah satunya adalah mengetahui nomor KK secara online.

Kalian hanya perlu memakai smartphone dimana dan kapan saja 24 jam bebas pulsa. Kalian cukup membutuhkan koneksi internet saja untuk mengaksesnya.

Oleh sebab itu, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara cek atau mengetahui nomor KK secara online terbaru 2020.

Situs Pemerintah atau Dukcapil

Untuk mengetahui nomor KK secara online berdasarkan nama sebenarnya sangat mudah dan sederhana. 

Untuk percobaan, kalian bisa memakai halaman cek KK dukcapil KALBAR dan ini khusus untuk warga Kalbar saja.

Kalian bisa membuka aplikasi Chrome atau Firefox dan masukkan URL dukcapil wilayah kalian. Setelah website terbuka, kalian masukkan NIK, Nama Depan + Nama Belakang dan Nama Ibu Kanudung yang tercantum di KK kalian.

Centang pada area Saya Bukan Robot, kemudian kalian tinggal tekan tombol Cek. Nanti akan keluar hasil yang kalian inginkan. Selesai.

Baca Juga :  Cara Mengganti Nomor Whatsapp.

Yang perlu kalian perhatikan, setiap Kartu Keluarga atau KK akan mengalami perubahan saat ada perubahan status pada anggota keluarga yang tercantum dalam KK tersebut.

Misalnya saat dalam anggota keluarga tersebut ada yang menikah, melakukan perpindahan tempat tinggal, lulus sarjana, dan lain sebagainya.

Nomor yang tercantum pada KK sebanyak 16 digit juga bersifat unik karena tidak sama antara keluarga yang satu dengan keluarga yang lainnya.

Baca Juga : Cara Membuka Blokir WA Orang Yang Memblokir Kita Tanpa Ganti Nomor .

Demikianlah artikel tentang cara mengetahui nomor KK secara online. Semoga bisa memberikan manfaat untuka kalian semua.

Jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi di techjak.com. Ada juga tips keren yang bisa jadi solusi masalah kalian saat ini, khususnya di bidang teknologi. Dan juga artikel lain yang pastinya akan menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.