Cara Mengetahui Resolusi Foto

0

Setiap foto yang kalian punya, baik itu di smartphone atau pc, pastinya mempunyai resolusi yang berbeda-beda.

Orang biasanya lebih mengenal resolusi sebagai ukuran, ukuran yang dimaksud bukanlah ukuran file dalam satuan mb tetapi ukuran sebuah foto dalam satuan pixel atau px.

Baca Juga : Cara Mengubah Background Facebook Menggunakan Foto Sendiri

Supaya bisa melihat sebuah ukuran foto bisa dikatakan cukup mudah, baik itu di smartphone ataupun di pc. Di kesempatan ini, saya akan membagikan bagaimana cara mengetahui resolusi foto di smartphone atau pc dengan sangat mudah dan tentunya tanpa perlu aplikasi tambahan apapun.

Cara Mengetahui Resolusi Foto di PC dan Android

Bagaiamanapun perangkat yang kalian pakai, kalian bisa tetap melihat resolusi atau ukuran pixel dari sebuah foto, baik itu di smartphone seperti android atau di pc yang memakai OS windows. Pastinya kalian juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, cukup memakai aplikasi bawaan saja.

Cara Mengetahui Resolusi Foto di Android

Ketika kalian memakai smartphone android, di bawah ini adalah cara mengetahui resolusi foto dengan sangat mudah tanpa aplikasi apapun dari pihak ketiga.

Melalui Aplikasi Galeri atau Foto

 

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah membuka aplikasi galeri atau foto yang ada di smartphone kalian. Pada aplikasi ini biasanya kalian akan melihat semua foto yang tersedia

Berikutnya, cari dan tekan foto yang ingin kalian ketahui resolusin-nya

Di bagian bawah, klik menu more atau biasa berupa icon titik tiga, lalu tap opsi details

Baca Juga : Memperbesar Resolusi Foto Agar Tidak Pecah

Supaya bisa melihat resolusi pada foto tersebut, kalian bisa melihatnya pada bagian lebar dan tinggi. Kalau lebar 100 dan tinggi 100, maka resolusinya, 100 x 100

Melalui Aplikasi File Manager atau File Explorer

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah  membuka aplikasi file manager atau file explorer di martphone kalian. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk melihat isi dari kartu memori di smartphone tersebut.

Kemudian cari dan tekan foto yang ingin kalian ketahui resolusinya. Kalau ingin melihat foto hasil screenshot atau camera, cari pada file DCIM.

Sesudah mencari dan menekan foto tersebut, pada bagian bawah, klik icon titik tiga atau more, lalu tap opsi rincian.

Baca Juga : Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Pada bagian info berkas kalian bisa melihat resolusi atau ukuran dari foto tersebut, contoh 100 x 100

Apabila di smartphone kalian tidak menemukan beberapa menu yang sudah dijelaskan di atas, anda tinggal menyesuaikan saja.

Cara Mengetahui Resolusi Foto di PC atau Laptop

Apabila kalian memakai komputer atau laptop, maka di bawah ini cara mengetahui resolusi foto dengan mudah. Cara ini berlaku untuk semua versi windows, seperti windows xp,7,8 atau 10.

Arahkan Cursor ke Foto

Cara pertama dan cara yang paling mudah untuk mengetahui ukuran foto di komputer atau laptop kalian hanya cukup mengarahkan cursor mouse kalian ke foto tersebut.

Ingat hanya mengarahkan saja ya, jangan mengklik foto tersebut. 

Nantinya akan muncul sebuah tooltip yang berisi beberapa detail foto tersebut, pada bagin Dimensions kalian bisa melihat resolusi foto tersebut.

Cek di Properties foto

Di sini, kalian bisa mencari foto yang kalian inginkan. Kemudian klik kanan foto tersebut dan tap opsi propertis.

Baca Juga : Cara Upload Foto Terjadwal di Instagaram Secara Otomatis

Berikutnya, klik tab details. Setelah itu, pada bagian image kalian bisa melihat detail resolusi foto tersebut, seperti dimensions, width dan height.

Itu tadi cara mengetahui resolusi foto tanpa memakai aplikasi tambahan apapun.

Semoga bisa bermanfaat unutk kalian.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.