Cara Mengetahui WA Kita Diblokir atau Tidak

0

WhatsApp Messanger sudah menjadi alat komunikasi penting bagi banyak orang. WhatsApp yang biasa disingkat WA ini bahkan berhasil menggeser primadona aplikasi pesan instan lain seperti Blackberry Messenger yang sebelumnya banyak digunakan.

Adanya fitur-fitur menarik  seperti panggilan video, berkirim chat dan pesan suara serta foto sampai dokumen namun user interface-nya tetap simpel menjadi satu alasan kenapa WhatsApp digandrungi oleh para pengguna gadget.

Baca Juga : .

Di samping bisa mengkoneksikan kita dengan orang lain, WA juga bisa membuat kita saling berjauhan dengan sesama pengguna akibat pemblokiran kontak. Dan ternyata, ada tandanya tersendiri jika seseorang sudah memblokir kontak WA kita. Apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasannya ya, Gaes.

Tidak Bisa Melihat ‘Last Seen’

Salah satu tanda kontak WA diblokir adalah kalian tidak bisa melihat atau megetahui last seen dari orang tersebut. Last seen sendiri adalah status terakhir seseorang yang aktif memakai WhatsApp. Tapi, status ‘terakhir dilihat’ yang tak nampak tidak selalu berarti kalian sudah diblokir oleh si pemilik WA.

Bisa saja disebabkan karena orang tersebut mengatur privasi last seen-nya. Seperti yang kita ketahui, setiap pengguna WA dapat mengatur privasi last seen melalui pengaturan.

Kalian bisa membuatnya tampak kepada orang yang masuk dalam daftar kontak, kepada semua orang yang meski tak masuk dalam kontak kalian, atau tidak bisa dilihat siapa pun.

Jadi selain karena diblokir, status ‘terakhir dilihat’ yang tak muncul ini bisa diakibatkan oleh pengaturan privasi dari pengguna WA itu sendiri.

Foto Profil Default

Tanda WA diblokir lainnya adalah foto profil orang tersebut ada dalam posisi default seperti saat pertama kali mendaftar. Foto profil default ini berupa gambar orang berwarna abu-abu.

Tetapi, bisa jadi sebelum memblokir orang tersebut sempat bergonta-ganti foto. Akhirnya yang tampak hanya foto profil terakhir yang ia gunakan. 

Hanya saja, foto profil default bisa disebabkan karena orang tersebut memang tidak menambahkan foto profil dan membiarkannya seperti itu, atau orang tersebut tak kalian masukkan ke dalam kontak sehingga fotonya tidak muncul.

Begitu pula jika orang tersebut sempat mengganti fotonya beberapa kali kemudian kalian tak melihat ia berganti foto dan tetap memakai foto yang sama selama beberapa waktu, bisa jadi orang tersebut memang malas atau tak ingin mengganti foto profilnya lagi.

Chat Tidak Terkirim

READ  Cara Praktis Mengaktifkan Windows Defender pada Windows 8 dan 10

Chat atau pesan singkat yang tidak terkirim juga bisa menjadi tanda kalau kontak WhatsApp kalian telah diblokir seseorang. Periksalah tanda centang atau tick marks yang ada di ujung kanan bawah.

Apabila tanda centang berjumlah satu buah dan warnanya abu-abu dan setelahnya orang tersebut tak membalas pesan sampai berhari-hari atau bahkan dalam satu tahun, bisa jadi pesan kalian tak terkirim disebabkan karena nomor kontak kalian telah diblokir oleh si penerima pesan.

Kita semua tahu jika chat WA telah terkirim itu jumlah centang abunya ada dua buah. Dan saat warna tanda centang berubah menjadi biru, artinya si penerima sudah membaca pesan alias chat yang sudah kita kirim.

Tapi, ada juga sebagian orang yang membiarkan tanda centangnya tetap berwarna abu meski pesannya sudah dibaca. Ya, kalian dan semua pengguna WA dapat mengatur warna tick marks atau tanda centang untuk pesan yang telah terbaca melalui menu pengaturan. Tapi cara ini membuat orang sulit mengetahui kalian sudah baca pesan itu atau belum.

Seperti kita tahu juga, kadang centang satu itu karena orang yang kita kirim chatt tidak terhubung ke koneksi internet.

Tidak Bisa Menelepon via WA

Coba hubungi mereka dengan telepon atau panggilan video WA. Jika kalian tidak berhasil terhubung dengan si pengguna, dalam hal ini status teleponnya masih terus calling (memanggil), bukan ringing (berdering), maka kemungkinan besar orang tersebut sudah memblokir WA kalian.

Sebab lainnya adalah si pengguna bisa jadi sedang tidak menghubungkan smartphonenya ke koneksi internet, atau dalam keadaan mati atau koneksi internetnya buruk.

Tidak Bisa Melihat Update Statusnya

Sekarang kita sudah bisa berbagi cerita atau status ala-ala Instagram atau Facebook melalui WhatsApp. 

Jika kalian tidak bisa menyaksikan pesan status mereka, bisa jadi mereka telah memblokir kalian. Tapi, bisa juga karena pengaturan privasi untuk pesan status yang dibatasi oleh si pengguna.

Atau, orang tersebut jarang memperbarui pesan statusnya. 

Untuk tahu apakah nomor kalian memang diblokir atau hanya sekadar dihapus dari daftar viewer pesan status, coba tanya teman kalian yang juga berteman dengan orang yang dimaksud. Apakah teman kalian masih bisa melihat pesan status orang tersebut atau tidak.

Terjadi Masalah Saat Memasukkan Kontak ke Grup

READ  Cara Mengatasi Bootloop di Android

Saat kalian mencoba memasukkan mereka ke dalam grup yang kalian buat, akan ada notifikasi yang menyatakan kalau kalian tidak punya otoritas atau izin untuk menambahkan orang tersebut ke dalam grup. Tapi, hal ini juga bisa disebabkan eror semata.  

Tidak Bisa Mengirim Pesan Suara dan Foto

Jika tanda centang di foto dan voice note yang kalian kirim, berjumlah satu buah dan warnanya abu-abu dalam waktu yang sangat lama, bisa jadi orang tersebut memang sudah memblokir WA kalian.

Itulah beberapa cara mengetahui apakah nomor WA kita diblokir atau tidak. Pasti juga ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang memblokir kontak WhatsApp kita. Semuanya kembali kepada diri masing-masing.

Bila orang tersebut merupakan orang terdekat, bisa jadi mereka memblokir WA kalian karena masalah pribadi. Jadi, ada baiknya langsung tanyakan pada yang bersangkutan.

Karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lainnya.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.