Cara Menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader

0

File PDF sering dipakai untuk memberikan sebuah materi secara online ataupun offline dalam bentuk digital. PDF adalah dokumen yang dibuat untuk pengguna internet.

Karena itu, data seperti gambar, video, musik, teks dan sebagainya disimpan dalam satu dokumen. 

Lalu bagaimana cara menggabungkan file pdf dengan foxit reader?

Foxit reader adalah sebuah programs software / freeware yang bisa kalian peroleh di windows. Windows 10, 8 dan 7 contohnya, ada varian jenis windows lainnya yang bisa memakainya.

Aplikasi ini termasuk ke dalam program pembaca file PDF tapi bisa dipakai sebagai alat untuk menyatukan dua file pdf atau lebih dalam satu aplikasi saja.

Ada fitur bernama Merge PDf dimana kalian bisa menyatukan beberapa file pdf menjadi satu bagian. Tanpa aplikasi tambahan, andkaliana sudah bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan mudah. 

Berikut ulasan mengenai cara combine pdf dengan foxit reader.

Cara Menggabungkan PDF Dengan Foxit Reader

Untuk para pengguna laptop, kalian bisa mendapatkan foxit reader di halaman website yang akan saya bagikan. Lalu bagaimana cara download aplikasi foxit tersebut?.

Kalian bisa melihat langkah demi langkah dalam mengunduh aplikasi foxit reader tersebut. 

Cara Download Aplikasi Foxit

Ada beberapa versi dari aplikasi ini yaitu foxit reader 6, 7, 8 dan 9. Disini saya menyarankan kalian untuk memakai versi terbaru saja agar sama dengan langkah yang akan saya bagikan.

Jika kalian tidak memiliki versi terbaru, kalian bisa menggunakan versi lama saja dan sesuaikan dengan yang saya bagikan. 

Jika kalian baru pertama kali memakai aplikasi ini, kalian bisa mengunduh aplikasi foxit reader lewat penjelasan berikut.

Pertama kalian harus mengunjungi situs foxit tersebut melalui link ini https://www.foxitsoftware.com/pdf-editor/

Nantinya  akan tampil seperti gambar di atas, anda bisa memilih menu bertuliskan Download.

Saat kalian klik, maka akan muncul seperti gambar di bawah.

Kalian bisa mencari nama Foxit Reader letaknya di bagian tengah-tengah. Kemudian pilih Free Download untuk melanjutkan proses downloading.

Kalian bisa memilih platform dan bahasa yang ingin digunakan. Jika kalian memakai windows silakan pilih windows. Jika memakai macOS silakan pilih MacOS, begitu seterusnya. Bahasa pilih english saja ya, Gaes.

Langkah selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman landing page, tapi sebaiknya kalian abaikan saja. Karena nanti akan muncul penyimpanan berkas yaitu file manager atau windows explore kalian.

Disini kalian bisa meletakkan file programs tersebut dimana pun. Kalau sudah ketemu lokasi penempatan silakan tekan OK sehingga secara otomatis mengunduh aplikasi foxit tersebut.

Tunggu sampai proses pengunduhan selesai. Ketika selesai unduh kalian bisa memakai langkah berikutnya dalam pemasangan.

Cara Install Aplikasi Foxit di Windows

Keuntungan memakai foxit adalah programs foxit reader hanya memakai setup wizard saja. Karena itu, kalian tidak harus pusing melakukan pemasangan paket. 

Cara memasang foxit di windows kalian memakai setup yang pertama adalah,  kalian harus menemukan lokasi unduhan tadi. Lalu pilih program bernama FoxitReader96_Setup_Prom_IS.exe

Kalau sudah, klik kanan di program tersebut dan tap menu Run Administrator.

Nanti akan tampil user account control. Kalian bisa menekan tombol Yes untuk memulai masuk ke setup. Setelah masuk ke setup foxit, silakan klik continue.

Kalian bisa menunggu beberapa saat, sebab sedang diproses permintaan kalian untuk menjalankan aplikasi foxit reader tersebut. Kemudian kalian masuk lagi ke setup wizard, pilih tombol I Agree. Lalu tap opsi Accept.

Tunggu sampai proses pemasangan selesai. Kalian akan ditampilkan setup berupa proses pemasangannya. Ketika selesai, kalian bisa [ilih tombol Finish untuk memulai membuka foxit reader dan menggabungkan file pdf menjadi satu.

Sampai disini proses pemasangan foxit reader phantom sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah memakai aplikasi itu untuk merge pdf foxit atau combine pdf menjadi satu bagian saja.

Cara Menggabungkan PDF di Foxit Reader

Langkah pertama, kalian jangan membbuka aplikasi Foxit reader. Kalian bisa keluar dulu dari aplikasi tersebut lalu pilih Foxit Phantom. Setelahnya kalian bisa memakai versi Trial terlebih dahulu. Klik standart, lalu pilih opsi Next.

Di sini, kalian harus melakukan register terlebih dahulu. Isikan sesuai permintaan di form.

Setelah aplikasi terbuka, kalian bisa membuka satu file PDF terlebih dahulu lalu masuk ke menu Organize, tap opsi Insert, dan klik From File. Tapi sebelumnya  kalian harus sudah memiliki file pdf lebih dari satu agar bisa digabung.

Sesudah itu kalian bisa memilih beberapa file pdf yang kalian punya. Misalnya, kalian memilih file pdf dengan jumlah dua, kemudian tap tombol Open.

Di bagian ini kalian bisa memakai tombol move up dan move down untuk mengurutkan file tersebut secara manual. Jika dirasa sudah urut, kalian bisa menekan tombol OK.

Sampai disini sebetulnya sudah selesai, kalian tinggal menunggu proses penyatuan file pdf tersebut. 

Lamanya  tergantung ukuran pdf yang kalian punyai. Hal ini sangat menguntungkan sekali bagi mahasiswa dalam mengerjar skripsi atau tugas – tugas mereka, atau tugas yang lainnya.

Itulah bahasan singkat tentang cara menggabungkan file pdf dengan foxit phantom reader. Dengan demikian file pdf kalian sudah disatukan dalam satu file saja dan tidak akan memakan tempat banyak. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.