Cara Menggabungkan Film dan Subtitle

0

Film adalah salah satu media hiburan yang sering menjadi alternatif sebagian orang untuk melepas lelah, obat jenuh, dan sarana berkumpul bersama teman dan lainnya. Film juga kadang jadi referensi seseorang untuk melihat bagaimana perkembangan kecanggihan manusia dari masa ke masa.

Setiap orang menghabiskan akhir pekan dengan nonton film. Bisa di bioskop, nobar bareng di kafe, atau asyik nonton dengan home teater atau DVD di rumah, dan lewat media lainnya, termasuk di internet.

Kemudian saat kita lihat lagi, ada banyak sekali video di internet, entah itu film, drama, atau yang lainnya yang bisa kita temukan dari sumber-sumber legal. Bagi film atau video berbahasa asing, umumnya para penyedianya sudah menyediakan subtitle bahasa Indonesia. Akan tetapi, terkadang ada juga film atau video yang tidak mempunyai subtitle, atau dengan kata lain subtitlenya terpisah dari video tersebut. Akibatnya, kalian nonton tanpa tahu subtitlenya bagaimana.

Oleh sebab itu kalian akhirnya mencari tahu bagaimana caranya untuk menggabungkan video dan subtitle dalam satu file.

Gaes, saya di sini akan membagikan beberapa cara agar kalian bisa menggabungkan video dan subtitle. Menariknya, kalian bisa melakukannya di PC, Android, ataupun platform lainnya.

Untuk cara kerjanya sama kok, hanya perlu sedikit penyesuaian berdasarkan platform yang kalian pakai. Kuy langsung kita cekidot, Gaes.

Menggabungkan Video dan Subtitle dalam 1 Folder

Cara pertama untuk menggabungkan video dengan subtitle adalah dengan menggabungkannya ke dalam satu folder.

Langkah yang harus kalian lakukan pertamanya adalah download file video yang kalian mau dari situs-situs terpercaya.

Ketika film dan subtitle selesai kalian download, letakkan keduanya dalam satu folder yang sama.

Selanjutnya, ganti nama dua file tadi supaya mempunyai nama yang sama. Misalnya Film Alif Lam Mim.MKV dan Film Alif Lam Mim.srt. Yang pertama itu nama videonya, dan yang kedua adalah nama subtitle-nya.

Terakhir, kalian klik kanan pada file video, lalu pilih Open with, dan klik media player yang ingin kalian pakai, contohnya VLC. Cara ini bisa kalian pakai jika mempunyai banyak koleksi video atau film.

baca juga : Joe Taslim Jadi karakter Free Fire

Kalau saran saya, sebaiknya pisahkan per folder saja filmnya agar kalian lebih mudah saat menontonnya. Di folder-folder tadi kalian isi dengan video sesuai judul lengkap dengan subtitle-nya. Dengan begitu, setiap kali kalian memutar video, media player akan secara otomatis menampilkan subtitle-nya. Mudah bukan.

Memuat Subtitle Secara Manual

Gaes, semestinya cara-cara di atas sudah cukup untuk membuat video dan subtitle bergabung jadi satu saat ditonton.

Tetapi, kalian juga bisa memakai cara lain kalau memang cara di atas ternyata belum berhasil menggabungkan video dan subtitle, yaitu dengan cara memuat subtitle secara manual dari aplikasi pemutar video.

Dengan cara ini kalian tidak wajib memberi nama yang sama untuk video dan subtitlenya. Kalian juga tidak perlu menaruh dua file ini dalam satu folder yang sama.

Langkah pertama, langsung pergi ke video yang ingin diputar, kemudian klik kanan pada video yang ingin diputar, dan klik media player yang diinginkan.

Nantinya di media player, kalian pilih File, klik Subtitle, kemudian klik file subtitle. Selesai. Sekarang video kalian akan tampil bersama dengan subtitlenya.

Untuk informasi, ada beberapa aplikasi media player yang mungkin akan mempunyai nama menu yang berbeda, di situ kalian tinggal menyesuaikan saja.

Nah itu tadi beberapa cara agar kalian bisa menggabungkan video dan subtitle sehingga nyaman nonton filmnya.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.