Cara Menggabungkan Layer Sekaligus di Photoshop

Mengapa? Karena kalian harus mengulang proses yang sama untuk sebuah layer untuk mengecek apakah pekerjaan kalian benar-benar selesai atau belum.

0

Saat kalian kemudian sedang mengerjakan suatu desain di Photoshop, dan kalian disitu umumnya juga menggunakan banyak layer, nantinya biasanya akan membuat pekerjaan tersebut menjadi kurang efisien.

Perkembangan teknologi saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Banyak sekali aktivitas yang terbantu karenanya. Misal, penemuan mesin cuci, oven untuk memanggang, kulkas untuk menyimpan banyak barang pada suhu tertentu, perangkat smartphone untuk berbagai aktivitas, dan juga aplikasi-aplikasi yang membantu banyak orang menyelesaikan pekerjaannnya.

Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi Adobe Photoshop yang biasanya digunakan untuk melakukan editing.

Nah, saat kalian kemudian sedang mengerjakan suatu desain di Photoshop, dan kalian disitu umumnya juga menggunakan banyak layer, nantinya biasanya akan membuat pekerjaan tersebut menjadi kurang efisien.

Mengapa? Karena kalian harus mengulang proses yang sama untuk sebuah layer untuk mengecek apakah pekerjaan kalian benar-benar selesai atau belum.

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena kini kalian bisa menggabungkan layer tersebut.

Tetapi, bagaimana caranya?

Cukup mudah, Gaes. Kalian hanya perlu  memakai salah satu fitur yang tersedia di Adobe Photoshop. Misalnya Merge Layer, Merge Visible, Group Layer, Link Layer, dan Flatten Image.

Khusus untuk artikel ini, akan dibagikan cara untuk kalian dapat menggabungkan semua layer menjadi satu sekaligus, dan menghapus yang tidak terlihat dengan menggunakan flatten image.

Menggabungkan Semua Layer Sekaligus dan Menghapus yang Tidak Terlihat

Cara ini bisa dikatakan banyak orang yang sering memakainya. Hanya saja masih ada sebagian pengguna yang belum tahu bagimana melakukannya.

Disini kalian dapat langsung menerapkannya di desain yang sedang kalian buat sekarang ini apabila memang memerlukannya.

Cara ini sangat sering dipakai saat kalian sudah sampai di tahap final editing. Sehingga memudahkan kalian untuk merapihkan layer yang terpakai saja.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti secara langsung di perangkat kalian.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah meastikan dulu bahwa kalian  memiliki beberapa layer pada project di Photoshop kalian.

Selanjutnya, kalian bisa mencoba hidden salah satu layer yang tidak terpakai.

Setelah itu kalian silahkan langsung klik kanan di salah satu layer dan tap opsi Flatten Image.

Nantinya, akan muncul notifikasi yang menyatakan agar kalian segera  menghapus layer yang di hidden. Disini kalian langsung saja klik opsi Yes.

Dengan demikian, maka secara otomatis semua layer akan menjadi satu dan layer yang di hidden akan terhapus. Selesai.

Sekarang semua layer pada project Photoshop Anda menjadi satu serta layer yang di hidden telah terhapus.

Itu tadi artikel mengenai tips untuk menggabungkan layer di Adobe Photoshop secara sekaligus dan menghapus yang tidak terlihat. 

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak ilmu, pengetahuan, dan manfaat yang banyak untuk kalian semua.

Apabila kalian ada pertanyaan mengenai cara keluar dari grup Line diam-diam atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini dalam kehidupan seharu-hari.

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes! Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.