Cara Mengganti Virtual Background Saat Zoom Video Conference

0

Zoom memang punya banyak kelebihan  yaitu mampu menampung partisipan video conference hingga 100 orang. Fitur ini praktis banget digunakan pekerja kantoran, mahasiswa, ampai pelajar untuk melakukan tatap muka secara online saat pandemi corona virus belum berakhir sampai hari ini.

Selain jumlah partisipan yang banyak, Zoom juga membuat mungkin untuk kita mengganti virtual background  menunjang presentasi dan tidak terdistraksi dengan objek atau orang lain yang lalu lalang di belakang kita.

Baca Juga  : Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi Zoom .

Bagaimana saja cara mengganti background saat video conference? 

Langkah pertama,  download dan install Zoom. Walaupun Zoom tersedia untuk platform Windows dan Mobile, hanya saja fitur mengganti virtual background hanya bisa dilakukan di versi Windows saja. Oleh sebab itu, saya menyarankan kalian untuk memakai PC atau Laptop.

Sebelum kalian men-download Zoom, pastikan PC dan laptop kalian memakai webcam. Tanpa webcam, kalian tidak akan bisa mengakses video di Zoom apa lagi mengganti virtual background.

Sesudah laptop atau PC dan webcam sudah siap, kini saatnya men-download Zoom untuk versi Windows. Kalian bisa download di website-nya. Setelah kamu men-download Zoom di PC/laptop, install aplikasi seperti biasa.

Baca Juga : Kerja Dari Rumah Pakai aplikasi Zoom Cloud Meetings Di PC atau Laptop .

Langkah kedua, membuat akun Zoom. Kalau kalian belum pernah memakai Zoom, maka kalian wajib membuat akun terlebih dahulu, geng. Kalian juga punya pilihan untuk langsung memakai Zoom dengan login lewat akun Google dan Facebook, ataupun menggunakan SSO (Single Sign-On).

Kalian juga harus tahu bahwa akun Zoom yang kalian miliki adalah versi gratis sehingga kalian hanya bisa membuat pertemuan online Zoom dengan durasi maksimum 40 menit. Kalian bisa membeli lisensi Zoom secara full jika ingin menghilangkan maksimum durasi tersebut.

Sleanjutnya, buatlah profilmu dengan semenarik mungkin. Caranya adalah dengan mengklik ikon Profil yang ada di pojok kanan layar, lalu pada menu yang muncul pilih My Profile. Kalian bisa mengganti username maupun foto profil.

Langkah ketiga, mengganti virtual background (poto). Di sini kalian bisa memakai foto atau video pilihan sendiri maupun yang sudah disediakan secara default oleh Zoom.

 Pertama-tama, tap pada ikon profil yang terletak di pojok kanan atas aplikasi Zoom, lalu pilih Settings pada menu yang muncul.

Kemudian kalian akan melihat window baru yang menampilkan semua opsi Settings. Untuk mengganti background Zoom kalian, pilih pada opsi Virtual Background. Lalu cari virtual background yang kalian inginkan. Kalau kalian ingin memakai gambar atau videomu sendiri, klik pada ikon “+” yang terletak di sebelah Choose Virtual Background.

Fitur ini bakal bekerja dengan baik jika kalian punya green screen Kalau kamu punya green screen atau benda serupa, kalian bisa beri ceklis pada opsi I have a green screen

Zoom bakal membuka File Explorer untuk membantu kalian agar lebih mudah menemukan file yang kalian inginkan. Pastikan video atau gambar yang kalian inginkan sudah ter-download di laptop/PC kalian.

Ada satu cara lagi yang bisa kalian lakukan, Gaes. Hal yang perlu diperhatikan saat mengganti background Zoom adalah jenis file gambar yang digunakan. Jenis file yang dapat dipakai adalah PNG atau MP4. 

Baca Juga : Cara Aman Pakai Zoom Agar Data Tak Dicuri

Untuk mengganti background saat video conference di Zoom, kalian bisa memanfaatkan aplikasi foto Canva untuk mengubah format gambar menjadi PNG atau MP4.   Caranya mudah. Pertama, buka aplikasi Canva, lalu pilih gambar yang sudah di-download ataupun gambar yang sudah tersedia di galeri.

Pengguna bisa memodifikasi gambar yang akan dipakai sesuka hati. Setelah di-edit dengan aplikasi Canva, simpan gambar tersebut dengan format PNG atau MP4. Tombol untuk mengatur jenis file tersebut berada di sisi kanan atas, tepat di bawah tombol “publish”.

Setelah itu, selesai gambar tersimpan dengan format PNG, buka aplikasi Zoom dan pilih opsi “Virtual Background”. Berikutnya pada bagian bawah kanan, klik ikon (+) untuk membuka file explore lalu pilih gambar yang ingin digunakan untuk mengganti background video.

Setelah dipilih, nantinya gambar akan muncul di bawah kanan lalu kalian bisa langsung memakai gambar tersebut sebagai latar belakang saat melakukan video conference.

Cara Mengganti Background di Mobile Apps

Ini adalah cara baru buat kalian, Gaes. Caranya, ketika bergabung ke sebuah meeting, tekan menu three dots di pojok kanan bawah dan klik Menu. Selanjutnya klik menu Virtual Background

Terakhir klik background yang tersedia atau upload gambar/video pribadi kalian.

Untuk informasi, fitur Virtual Background bekerja dengan cara mendeteksi wajah/bahu kalian dan perbedaannya dengan latar belakang. Dari pendeteksian itu, wajah kalian dipertahankan, sementara latar belakangnya diganti. 

Karena itu, Virtual Background paling ideal saat memakai green screen dan pencahayaan yang seragam. Jika tidak memungkinkan, setidaknya gunakan cahaya yang memadai dan kalian mengenakan pakaian yang kontras dengan latar belakang.

Baca Juga : Cara Install dan Fitur-fitur Zoom Meeting .

Saat saya coba, virtual background cukup membantu menghilangkan latar belakang asli. Cuma kalian sebaiknya jangan banyak bergerak karena membuat algoritma virtual background “berpikir ulang” dan membuat bagian tubuh kaliam terpotong sesaat. 

Namun daripada terlihat rumah yang berantakan, Virtual Background di Zoom ini terbilang sangat membantu.

Itu tadi cara mengganti virtual background saat video conference di aplikasi Zoom. Semoga bisa bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.