Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp COVID-19 Kemkominfo

0

Perkembangan informasi tentang corona virus yang masih saja menimbulkan korban jiwa adalah penemuan vaksin di beberapa negara seperti Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya. Meskipun harus menunggu beberapa waktu lagi untuk mengetahui apakah vaksin itu bisa menjadi obat Covid-19, tetapi setidaknya ada harapan bahwa wabah ini akan segera berakhir.

Cara lain pun juga sudah banyak dilakukan oleh para penduduk di masing-masing negara yang terkena pandemi Covid-19 ini. Di antaranya dengan kebijakan lockdown, social distancing, dan juga kebijakan lain yang sekiranya mengurangi penularan wabah ini makin meluas.

Baca Juga : Pantau Perkembangan Covid 19 – Situs-Situs Resmi berikut ini.

Smartphone pun menjadi alat canggih yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai keperluan menyertainya.

Selain sebagai sarana informasi kabar terbaru tentang apa yang terjadi di luar sana terkait wabah corona virus, smartphone dengan salah satu fitur andalan setiap orang yaitu WhatsApp melakukan terobosan baru. WhatsApp yang menjadi media komunikasi semilyar umat ini turut membantu memerangi penyebaran virus corona ini secara massive.

Dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan mereka sudah bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyediakan chatbot yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut terkait penyebaran virus Corona (COVID-19).

Baca Juga : Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona Covid 19 Pada Smartphone .

Chatbot yang dikenalkan oleh Kemkominfo pada 19 Maret 2020 kemarin itu adalah akun chat yang menyimpan informasi-informasi penting seputar COVID-19. Karena mengingat mayoritas penduduk Indonesia memakai WhatsApp inilah, maka sudah seharusnya masyarakat pun memanfaatkan chatbot buatan Kemkominfo tersebut untuk update terbaru dan tidak terus panik karena wabah ini tak kunjung pergi.

Untuk kalian yang ingin memakai chatbot buatan Kemkominfo, maka kalian bisa melakukannya dengan mudah kok.

Jika kalian belum mengetahui caranya, maka di sini saya akan membagikan langkah-langkahnya untuk kalian. Tak perlu cara yang rumit, hanya butuh beberapa menit saja, maka kalian bisa mengoperasikan chatbot tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Online Gratis Karena Corona Full Manfaat

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah kalian harus menyimpan nomor akun chatbot dari pemerintah, (+62 81133399000) atau klik tautan ini: https://wa.me/6281133399000

Selanjutnya, nanti kalian akan mendapatkan balasan pesan, dan silakan kalian pilih informasi apa yang ingin kalian ketahui dimulai dari A sampai G. Caranya, cukup ketikkan pilihan kalian, A atau B. Dan pada kesempatan ini, A adalah informasi yang dipilih.

Langkah selanjutnya, sesudah kalian memilih A, kalian akan mendapatkan balasan sesuai informasi yang dicari.

Baca Juga : Pandemi Virus Corona Punya Resiko Berulang .

Sedangkan untuk kembali ke menu awal, maka kalian hanya perlu mengetik menu di kolom chat.

Langkah berikutnya, kalian hanya perlu mengulang-ulang cara yang sudah disebutkan sampai selesai, Gaes.

Bagaimana? Mudah sekali bukan?

Adanya upaya pemerintah dalam memberikan informasi seputar penyebaran COVID-19 ini patut diapresiasi. Masyarakat sendiri disarankan untuk mengikuti instruksi yang sudah disampaikan oleh pemerintah, yaitu dengan tidak keluar rumah apabila tidak diperlukan.

Sedangkan untuk masyarakat yang keluar rumah untuk keperluan mendesak, maka mereka harus menjaga dirinya masing-masing, salah satunya adalah dengan menerapkan social distancingSocial distancing adalah menghindari kontak fisik dengan orang lain dan membuat jarak satu sama lain sejauh 2 meter.

Baca Juga : Benarkah Film Contagion Ramalkan Virus Corona , ini Faktanya ? .

Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah menjaga kebersihan diri kalian sendiri dengan membawa masker, hand sanitizer, dan tidak memegang wajah dengan tangan setelah memegang apapun.  Langsung cuci tangan saat kalian sampai rumah, dan ganti baju saat beraktivitas di luar rumah lalu bersihkan diri dengan mandi.

Itulah cara menggunakan chatbot WhatsApp COVID-19 dari Kemkominfo. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.