Cara Menggunakan Mendeley untuk Membuat Daftar Pustaka

Mendeley sendiri adalah osftware manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantumu dalam mengatur penelitian, kolaborasi dengan peneliti lain dan mencari publikasi penelitian terakhir. Kamu bisa menggunakan di sistem operasi Windows, Apple MacOS ataupun Linux. Kamu bisa menyimpan file referensi seperti buku ataupun jurnal dalam bentuk PDF guys.

0

Software ini bisa digunakan untuk menyusun sitasi, pengutipan karya ilmiah dan daftar pustaka. Cara menggunakan software ini sangat praktis dan mudah seklai, sehingga biasanya dijadikan aplikasi utama di beberapa kampus dan lembaga penerbitan jurnal dalam menyusun daftar pustaka dan kutipan ilmiah.  Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan aplikasi ini. Mendeley sudah melakukan kerjasama dengan beberapa penerbit jurnal dan sejumlah rekomendasi jurnal internasional.

Mendeley merupakan software yang sangat dikenal dan sepertinya wajib sekali untuk dikenali oleh para mahasiswa, kalangan akademisi termasuk dosen. Software ini bisa digunakan untuk menyusun sitasi, pengutipan karya ilmiah dan daftar pustaka. Cara menggunakan software ini sangat praktis dan mudah seklai, sehingga biasanya dijadikan aplikasi utama di beberapa kampus dan lembaga penerbitan jurnal dalam menyusun daftar pustaka dan kutipan ilmiah. 

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan aplikasi ini. Mendeley sudah melakukan kerjasama dengan beberapa penerbit jurnal dan sejumlah rekomendasi jurnal internasional. Pasalnya sitasi ilmiah merupakan salah satu unsur yang penting sekali dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Mendeley ini hadir untuk memudahkan penggunanya dalam mengutip karya ilmiah dan membuat sitasi. Meskipun begitu masih banyak juga yang bingung bagaimana cara menggunakan software ini.

Mendeley sendiri adalah osftware manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantumu dalam mengatur penelitian, kolaborasi dengan peneliti lain dan mencari publikasi penelitian terakhir. Kamu bisa menggunakan di sistem operasi Windows, Apple MacOS ataupun Linux. Kamu bisa menyimpan file referensi seperti buku ataupun jurnal dalam bentuk PDF guys. Sebelum menggunakannya kamu perlu mengintegrasikan software ini dengan Microsoft Word terlebih dahulu.

Langkah – langkah untuk mengintegrasikan Mendeley dan Microsoft Word:

  1. Pastikan MS Word yang ada di laptopmu tidak dalam keadaan aktif atau terbuka. 
  2. Pilih opsi install MS Word Plugin dari menu Tools. Jika masih terbuka maka akan muncul jendela untuk menutup MS Word
  3. Setelah plugin MS Word ini terinstall maka akan ada jendela pemberitahuan yang menandakan bahwa proses instalasi berhasil dilakukan.

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Mendeley untuk memasukkan sitasi jika software ini sudah terintegrasi dengan MS Word yang ada di laptop atau PC yang kamu gunakan guys. Kamu harus memiliki data karya ilmiah yang akan kamu jadikan referensi terlebih dahulu di Mendeley dengan cara memasukkan file PDF dari artikel atau jurnal yang kamu kutip guys. Cara melakukannya sangat mudah kok. Yuk simak cara dibawah ini!

Langkah – langkah menggunakan Mendeley untuk memasukkan referensi:

  1. Tentukan referensi yang akan kau masukkan. Pastikan dulu kamu memiliki file PDF dari jurnal atau artikel yang akan dijadikan referensi tersebut.
  2. Buatlah foler dengan cara menekan opsi create folder agar kamu bisa lebih mudah dalam manajemen referensi. Berikan nama pada folder tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  3. Masukkan file PDF yang dijadikan referensi dengan cara melakukan drag file PDF tersebut ke aplikasi Mendeley. Kamu juga bisa melakukan proses drag ini terhadap semua file secara bersamaan yaa guys.
  4. Pastikan data yang masuk ke Mendeley tersebut sudah benar dengan cara melakukan klik dua kali untuk membuka file tersebut yaa guys. Lakukan pengecekan kembali apakah data referensi yang ada di kotak samping kanan Mendeley tersebut sudah sesuai atau belum. Lakukan edit pada referensi tersebut jika ada yang kurang tepat.

Salam teknologi! Nah begitulah caranya menggunakan Mendeley untuk menyusun sitasi dan daftar pustaka pada tulisan ilmiahmu yaa guys. Ohya perlu diingat bahwa Mendeley ini bisa digunakan untuk sitasi di tubuh atau body word yaa. Sekarang menulis sitasi jadi lebih mudah deh dengan adanya Mendeley ini. Kamu tidak bisa menggunakannya untuk membuat footnote Word. Semoga berguna yaa guys.

Leave A Reply

Your email address will not be published.