Cara Menghapus Akun Google di Android

0

Ketika kalian ingin menghapus akun Google, kalian bisa melakukannya dengan cara yang mudah dan sederhana. Akan tetapi, kalian sebelumnya harus memperhatikan beberapa hal ini.

Apabila kalian menghapus akun google di smartphone android, Kalian akan kehilangan akses ke aplikasi dan konten yang pernah kalian beli dari Google Play Store. Kalian juga tidak bisa mendapat akse ke email, foto, maps, kalender, dan data lain yang terhubung lagi dengan akun google tersebut.

Sedangkan untuk memperoleh data-data tersebut lagi, kalian hanya perlu login akun google tersebut ke smartphone android kembali. Cara ini sering kali digunakan jika kalian ingin memindahkan data dari android lama ke smartphone android yang baru.

Di samping itu, menghapus akun google di android bisa dikatakan wajib saat kalian akan menjual smartphone android tersebut. Ini karena, akun google menyimpan semua data kalian seperti aktivitas sampai histori.

Cara Menghapus Akun Google di Smartphone Android

Kalian bisa menghapus akun gmail atau google dengan mengakses menu pengaturan android kalian. Cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini agar bisa menghapus akun google yang diinginkan.

Pertama, buka Pengaturan android. Kemudian scroll ke bawah sampai menemukan menu Akun, klik menu tersebut.

Selanjutnya klik Sinkron dan cari logo Google. Lalu langsung pilih akun Google yang ingin kalian hapus. Terakhir, klik menu di bawah dan pilih Hapus Akun.

Langkah-langkah di atas mungkin bisa jadi berbeda tergantung versi, sistem operasi dan merek yang dipakai di samarpthone android kalian. Tetapi, biasanya prosesnya tidak jauh beda.

Factory Reset

Factory Reset adalah fitur yang ada di sebagian banyak android terbaru. Tugasnya untuk mengembalikan semua pengaturan smartphone android supaya menjadi pengaturan awal atau bawaan pabrik.

Cara menghapus akun gmail android dengan factory reset pertamanya akses menu Pengaturan Android. Selanjutnya buka bagian menu privacy. Klik opsi Factory reset atau kembalikan ke pengaturan pabrik.

Setelah itu masukkan password kalau diminta. Lalu tunggu proses reset sampai selesai. Kini akun google sudah berhasil dihapus dari android.

Factory reset bisa membuat android kembali seperti baru. Semua pengaturan dan perubahan di android akan dihapus, termasuk akun google yang tersimpan.

Menghapus File Account DB

Di cara yang ketiga ini hanya bisa kalian coba untuk smartphone android yang sudah di-root. Karena, cara ini mewajibkan untuk hapus file yang ada di dalam sistem android yang akan membuat akun google bisa dihilangkan dari android.

Cara menghapus akun google di smartphone Android root awalnya dengan menjalankan aplikasi Root Explorer di Android kalian. Kemudian cari file bernama account.db lalu hapus file tersebut.

Ketika sudah dihapus, restart perangkat android kalian. Selesai.

Sebagai catatan, memakai cara ini akan menghapus semua akun google yang ada di smartphone Android secara menyeluruh. Jika kalian sudah mengikuti panduan di atas, kalian nanti akan diberikan tampilan agar login ke akun google karena belum ada akun google yang disamungkan ke android tersebut.

Inilah artikel lengkap tentang bagaimana cara menghapus akun google di smartphone Android. Kalian bisa memakai cara yang sesuai kebutuhan kalian dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga bisa memberikan kalian manfaat dan mempraktekkannya nanti. Jangan lupa untuk terus update berita dan info terkini seputar teknologi hanya di sini.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.