Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android

0

Aplikasi bawaan di smartphone Android kadang mempunyai peran penting dalam sistem smartphone. Karena itulah aplikasi tersebut disediakan secara bawaan smartphone.

Tetapi, sering terjadi vendor atau brand smartphone Android memberi aplikasi bawaan yang sejatinya tidak bermanfaat dan membuat memori Android penuh.

Saat kalian ingin menghapusnya, ternyata tidak ada opsi tersebut. Tetapi slow, Gaes. Pasti ada cara supaya kalian bisa menghapus aplikasi bawaan di smartphone Android. Kalian bisa melakukannya di smartphone Android kalian yang sudah diroot ataupun no root.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Root

Gaes, ada dua tipa smartphone android. Yang pertama yaitu Android yang sudah di-root, dan yang kedua yaitu Android yang belum di-root.

Agar menghapus aplikasi bawaan smartphone android sebenarnya akan lebih mudah kalau android sudah di-root. Oleh sebab itu, cukup banyak jenis metode untuk melakukannya. Simak kuy penjelasannya seperti apa.

Root Explorer

Root Explorer merupakan aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna hp android yang telah root. Cara kerja dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi file manager pada umumnya.

Kalian bisa menghapus, membuka, dan mengedit file yang ada di perangkat android kalian. Tapi perbedaannya yaitu kalian bisa mengelola file pada sistem bawaan android kalian.

Agar melakukannya, kalian harus mengatur permission atau izin root explorer dahulu. Bukalah aplikasi Root Explorer kemudian klik tombol Mount as R/W dan ubah opsi menjadi R/W (read and write).

Setelah itu pergilah ke folder System, klik App lewat aplikasi Root Explorer. Selanjutnya kalian akan melihat semua daftar aplikasi bawaan yang ada di smartphone Android kalian. Hanya dengan klik tahan, kemudian klik opsi delete untuk menghapus aplikasi bawaan yang kalian inginkan.

Kalian juga harus memastikan sudah memilih aplikasi bawaan yang tidak berguna. Perhatikan juga agar tidak menghapus aplikasi sistem yang berperan penting pada android kalian agar terhindar dari bootloop.

EX Explorer

Aplikasi EX Explorer merupakan aplikasi file manager yang bisa mengakses ke folder sistem android. Hampir serupa dengan root explorer, tapi aplikasi ini lebih banyak fitur dan menghadirkan tampilan yang enak untuk dipandang.

Cara menghapus aplikasi bawaan di smartphone Android melalui aplikasi ini juga mudah. Kalian hanya perlu mengizinkan akses root untuk aplikasi ini, kemudian pergi ke folder sistem dan hapus aplikasi bawaan yang kalian inginkan.

System App Remover

Aplikasi ini bisa dimanfaatnkan untuk menghapus aplikasi bawaan sistem dismartphone Android. Untuk memakai aplikasi ini, kalian wajib root smartphone Android terlebih dahulu.

Berikut cara hapus aplikasi bawaan hp android root:

  1. Instal aplikasi System app remover melalui playstore.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut.
  3. Berikan izin root pada aplikasi ini.
  4. Centang pada kotak aplikasi bawaan yang ingin dihapus.
  5. Tap tombol Uninstall di bagian bawah.
  6. Tap opsi Yes untuk menyetujui penghapusan aplikasi.
  7. Cukup tunggu proses hingga selesai.
  8. Sekarang aplikasi bawaan HP Android sudah berhasil di hapus

Apabila HP Android anda belum root, Anda juga dapat memasang aplikasi ini. Namun fitur aplikasi system app remover ini hanya berfungsi untuk HP Android yang telah di root saja.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android No Root

  1. Menonaktifkan Aplikasi

Salah satu cara menghapus aplikasi bawaan pabrik di hp android yang belum di root yaitu dengan menonaktifkan aplikasi. Metode ini bisa menjadi cara alternatif untuk anda pengguna android no root.

Langkah yang harus kalian lakukan pertamanya adalah pergi ke menu pengaturan di android kalian. Selanjutnya buka menu aplikasi atau apps atau applications. Kalian harus memilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan.

Setelah itu klik di opsi Force Stop atau Paksa Berhenti. Dan terakhir klik opsi Disable atau Nonaktifkan.

Gaes, walau aplikasi tidak benar-benar dihapus, tapi ia akan berhenti berjalan. Dengan demikian, kinerja RAM di smartphone Android bisa lebih bermanfaat untuk aplikasi yang lainnya.

CCleaner

CCleaner adalah aplikasi pembersih yang juga dapat  menghapus aplikasi bawaan sistem di smartphone android. Aplikasi ini bisa kalian pakai secara gratis dan dipasang lewat playstore dengan mudah.

Pertama-tama, kalian instal dulu. Kemudian buka aplikasi CCleaner. Selanjutnya klik tiga garis di bagian atas untuk membuka menu.

Setelah itu klik opsi App Manager. Lalu klik System dan tap tombol hapus dengan logo tong sampah. Jangan lupa beri centang untuk aplikasi bawaan yang akan dihapus. Klik tombol Uninstal untuk hapus aplikasi. Klik Ok. Selesai.

Selamat. Kalian berhasil mencopot aplikasi bawaan sistem di smartphone Android tanpa perlu akses root. Cara ini bisa dipakai di semua tipe smartphone Android baik itu Asus, Samsung, Huawei, Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan cara menghapus aplikasi bawaan smartphone Android root maupun no root. Menghapus aplikasi bawaan yang tidak dipakai juga akan membuat RAM lebih lega dan performa Android akan lebih maksimal.

Semoga bermanfaat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.