Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone Opp di Color OS Berbeda

0

Sejak kedatangan ColorOS 6, sekarang smartphone Oppo telah mempunyai dua tampilan antarmuka yaitu Standar dan Drewer Mode. Untuk Standard Mode, aplikasi yang sudah terinstal langsung ada di bagian homescreen dan tidak ada lagi Drawer atau daftar yang sudah terurut. Adanya tampilan dari ColorOS satu ini mungkin bisa dibilang serupa dengan antarmuka smartphone asal Tionkok seperti EMUI, MIUI, FunTouch OS, dan lain-lainnya.

Di sisi Drewer Mode, aplikasi yang sudah terinstall akan ada di menu Drawer. Dengan begitu ikon-ikon dari aplikasi yang hadir di halaman homescreen hanya shortcut seperti di tampilan antarmuka sistem Android murni.

Kemudian muncul perbedaan cara uninstall atau menghapus aplikasi di kedua mode tampilan antarmuka ini. 

Buat kalian yang belum tahu caranya menghapus aplikasi di smartphone Oppo, simak sampai selesai ya, Gaes.

Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone Oppo di Standard Mode

Cara menghapus aplikasi di smartphone Oppo pertama yang saya bagikan ini adalah di Standard Mode. Kalau kalian penasaran bagaimana caranya, kalian bisa simak berikut langkah-langkahnya.

Pertama, buka kunci smartphone Oppo kalian. Kemudiaa pastikan samrtphone kalidan dalam mode hidup dengan baterai yang cukup.

Setelah itu pilih salah satu aplikasi dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin kalian hapus beberapa detik. Nantinya akan keluar pop-up App Info dan Uninstall.

Kedua, kalau kalian sudah yakin ingin menghapus aplikasi di smartphone Oppo kalian, klik Uninstal, dan akan keluar pemberitahuan apakah kita yakin menghapus aplikasi tersebut. Kalau sudah yakin, klik Uninstall.

Setelah uninstall, aplikasi otomatis terhapus secara permanen. 

Di dalam Standard Mode ini, kalian hanya bisa menghapus aplikasi satu per satu lewat homescreen. Di samping itu, di smartphone juga bisa menghapus aplikasi melalui menu App Management lewat menu Settings atau pengaturan.

Cara Menghapus Aplikasi di Smartphone Oppo di Drawer Mode

Pertama-tama, buka menu Drawer dengan cara menggulirkan layar dari bawah ke atas. Kemudian pilih dan tahan di aplikasi yang akan dihapus. 

Berikutnya, di menu pop up yang berisi Select, App Info, dan Uninstall, kalau kalian yakin untuk menghapus satu aplikasi, maka langsung klik pilihan Uninstall.

Nantinya kalian akan mendapat pemberitahuan yang menanyakan aplikasi tersebut akan dihapus. Apabila sudah yakin, klik tombol Uninstall.

Dan jika kalian ingin menghapus lebih dari satu aplikasi, kalian bisa menandai aplikasi-aplikasi yang ingin kalian hapus.

Setelah semuanya terpilih, kalia tinggal klik tombol Uninstall.

Kemudian nanti akan keluar pemberitahuan untuk penghapus aplikasi dan kalian klik tombol Uninstall untuk melanjutkan menghapus aplikasi.

Dengan demikian semua aplikasi otomatis terhapus permanen.

Gaes, bisa dikatakan kalau cara menghapus aplikasi di smartphone Oppo di Drawer Mode lebih praktis dan mudah karena sudah ada menu Select yang mngeizinkan menghapus banyak aplikasi dalam satu waktu.

Sebagai pengingat, tampilan antarmuka Standar dan Drawer Mode sudah tersedia di samrtphone Oppo dengan ColorOS 6 ke atas.

Cara Menghapus Aplikasi Oppo di ColorOS 5 dan Sebelumnya

Selain cara-cara di atas, kalian juga bisa uninstall aplikasi melalui aplikasi Google Play Store. Tetapi jika kalian ingin menghapus aplikasi di smartphone Oppo di ColorOS 5 ke bawah, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, pastikan kunci di smartphone Oppo sudah kalian buka. Kemudian pilih salah satu aplikasi dengan menahan di ikon aplikasi yang ingin kalian hapus. 

Biasanya nanti semua aplikasi akan kelaur tanda silang di bagian kiri atas ikon, ketuk langsung tanda silan aplikasi yang akan dihapus,

Setelahnya, akan muncuk pemberitahuan penghapusan aplikasi dan klik tombol Uninstall untuk melanjutkan proses menghapus aplikasi.

Demikianlah cara-cara yang mudah untuk kalian para pengguna smartphone Oppo untuk menghapus aplikasi di smartphone kalian dengan sederhana. 

Kalau kalian ada langkah lain untuk uninstall aplikasi di smartphone Oppo, sampaikan di kolom komentar ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.