Cara Menghapus Data Cache Di Smartphone

0

Bisa kamu bayangkan Android tanpa aplikasi? Tentu akan sangat membosankan bukan? Karena itu, aplikasi memegang peranan penting karena membantu penggunanya dalam aktivitas sehari-hari. Mulai dari mengedit dokumen, mengedit foto, bermain game, memutar video dan musik, berselancar di media sosial, mengambil foto, menghitung angka, menyimpan catatan, dan masih banyak lagi.

Namun sadarkah kamu? Ada beberapa apikasi yang ternyata menyimpan data yang sangat besar, sehingga menghabiskan banyak ruang di memori ponsel kamu. Nah, apakah data aplikasi ini bisa dihapus, sehingga memori kamu lebih banyak dibanding sebelumnya? Jawabannya adalah bisa.

Data yang bisa dihapus tersebut biasanya dinamakan cache. Cache adalah sebuah file yang dibuat menyimpan data sementara dalam ponsel kamu. Fungsi utama cache adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi. Ketika kamu menghapus cache ini data-data di dalam aplikasi kamu akan menghilang, dan kamu akan diminta login kembali ketika masuk ke dalam aplikasi tersebut.

Kabar baiknya, beberapa data aplikasi yang tidak terlalu penting akan ikut terhapus juga. Oke langsung saja ya! Simak cara menghapus data aplikasi di smartphone kamu!

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Cari menu Apps atau Apps Manager (tergantung seri dan merek smartphone) pada menu Settings
  3. Cari aplikasi yang ingin datanya kamu hapus
  4. Setelah aplikasi dipilih, maka pilih menu Storage
  5. Pada halaman tersebut, kamu dapat langsung memilih Clear Data
  6. Secara otomatis, smartphone akan secara otomatis menghapus data aplikasi tersebut

Mudah bukan? Nah, karena itu kamu perlu berhati-hati dan berpikir kembali jika ingin menghapus data tersebut, karena akun tersebut akan secara otomatis hilang, dan kamu perlu login kembali.

Namun, bagi sebagian orang cara penghapusan data aplikasi ini sangat bermanfaat, terutama bagi ponsel dengan storage internal yang mempunyai kapasitas kecil.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Terima kasih telah membacanya sampai selesai. Salam teknologi 😊

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.