Cara Menghapus Data yang Tidak Bisa Dihapus di Android

0

Kalian saat memakai PC atau laptop, pasti pernah mengalami kan tidak bisa menghapus file, baik foto, video, atau folder yang sudah tidak kalian butuhkan. Kalian sudah berusaha menggunakan banyak cara, tapi tetap saja tidak berhasil.

Hal ini juga bisa kalian alami di smartphone Android kalian loh. Suatu waktu, mungkin kalian juga tidak bisa menghapus data, file, folder, baik foto, atau video, dan yang lainnya.

Tapi tenang, Gaes. Setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Begitu juga setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. 

baca juga : Cara Menghapus Data Cashe di Smarthpone

Di sini, saya datang untuk memberikan kepada kalian beberapa tips yang dapat kalian lakukan saat kalian tidak bisa menghapus foto, video atau folder di smartphone Android.

Cara Menghapus Data yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Ada cara agar kalian yang sedang mengalami masalah tidak bisa menghapus data baik file, folder, video, foto, musik, dan lainnya jadi bisa melakukannya.

Pertama, menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan. Smartphone Android kalian pasti tidak akan mau menghapus suatu folder, foto atau video saat mereka sedang dijalankan. Sebab, ketika kalian nekat melakukannya, akan terjadi crash pada aplikasi yang sedang memakainya.

baca juga : Cara Menghapus File dan Folder Thumbdata Android

Misalnya, kalian menonton video memakai aplikasi VLC. Lalu kalian membuka file eksplorer dan ingin menghapus video yang sedang diputar. Tentu saja ini tidak bisa kalian lakukan.

Kalai kalian ingin menghapus video tersebut, hentikan dulu video yang diputar di VLC dulu. Setelah itu, baru kalian bisa menghapus video tersebut. Ini berlaku untuk semua jenis file dan aplikasi ya, Gaes.

Kedua, hapus folder, foto atau video dari Laptop. Gaes, kalau cara pertama telah kalian dilakukan tapi folder, foto atau video masih belum bisa kalian hapus, mungkin itu karena perizinan file atau foldernya berbeda.

Umumnya file dan folder yang bisa kalian hapus mempunyai perizinan read and write. Sementara itu, file dan folder yang tidak bisa kalian hapus biasanya mempunyai perizinan atau atribut read-only.

baca juga : Tips Menghapus Iklan di Youtube – Android

Untuk menghapus file dengan atribut seperti tadi, kalian bisa melakukan lewat PC atau laptop. Awalnya, kalian hubungkan ponsel Android kalian memakai kabel USB ke laptop atau PC. Di laptop, buka buka folder, foto atau video yang ingin kalian hapus. Selanjutnya klik kanan, lalu ubah attributnya menjadi read and write. Setetlahnya, folder, foto atau video tadi bisa langsung kalian hapus.

Ketiga, pakai Aplikasi pihak ketiga. Cara ini bisa kalian lakukan jika cara pertama dan kedua tidak berhasil menghapus data yang ada. Salah satu yang bisa saya rekomendasikan untuk kalian adalah aplikasi SD Card Cleaner. Download aplikasinya dan ikuti bagaimana cara memakainya.

Keempat, cadangkan data lalu format penyimpanan. Gaes, cara ini bisa kalian lakukan dengan cara melakukan format penyimpanan. Semua data terhapus?

Ya. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kalian bisa cadangkan data ke laptop, komputer atau flashdisk dahulu sebelum melakukan format.

Jika proses format sudah selesai, kalian bisa mengembalikan data-data tersebut ke smartphone lagi.

Kelima, cadangkan ke Cloud Storage lalu Factory Reset. Gaes, ketika kalian tidak bisa menghapus file di SD Card Xiaomi, Samsung, Oppo atau merk smartphone lainnya bisa jadi masalahnya sama seperti di atas, yaitu atribut file read only.

Tenang, ada satu cara lagi buat kalian coba, yaitu dengan cara mengunduh semua file kamu ke cloud storage seperti Dropvox dan Google Drive.

Jika semua sudah kalian unduh, kalian baru bisa melakukan factory reset atau menghapus data Android agar seperti ke pengaturan pabrik. Seperti saat kalian beli smartphone tersebut pertama kali.

baca juga : Menghapus Akun Google Agar Tidak Terlalu Banyak Akun

Nah itu tadi beberapa cara agar kalian bisa menghapus data baik file, folder, foto, video, dan data lainnya di SD Card yang awalnya tidak bisa dihapus.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.