Cara Menghapus File dan Folder Thumbnail (Thumbdata) Android

0

Gaes, kalian kadang suka berfikir tidak kalau sejatinya di smartphone Android kalian itu pasti ada banyak file dan folder yang kalian simpan dalam jumlah yang pastinya banyak. Terutama pada bagian memori internal.

Tidak akan jadi masalah kalau hanya memakan memori sedikit. Tetapi ketika jadi banyak dan menumpuk, tentu akan berimbas ke kapasitas memori. Apalagi kalau size-nya besar-besar. Memori jadi lemot dan kinerja smartphone Android kalian pun jadinya terganggu, bahkan bisa jadi eror.

Gaes, di antara file dan folder yang membuat kapasitas memori bengkak di smartphone Android kalian itu ada yang namanya folder thumbnail.

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu apa saja fungsinya. Karena itu, berikut ini akan saya bahas penjelasannya secara lengkap, serta bagaimana cara menghapus folder thumbnail atau thumbdata tersebut.

Pengertian Tumbnail

Thumbnail merupakan data preview media (foto dan video) yang tersimpan. Manfaatnya supaya Android tidak perlu memperlihatkan file asli dari foto atau video tersebut.

Preview yang saya maksud di sini adalah gambar dengan ukuran kecil yang memberikan gambaran media secara visual. Contohnya saya memiliki video. Nantinya di galeri dan video itu akan tampak gambar sekilas bukan? Itulah yang disebut dengan thumbnail.

Data thumbnail ini akan secara otomatis tampil saat file-file media kalian tersimpan. Lebih tepatnya saat user sedang melihat file-file media tersebut.

Beberapa manfaat thumbnail di antaranya agar proses loading jadi semakin cepat. Coba kalian bayangkan ketika kalian menyimpan banyak data foto dan video di galeri. Kalian memerlukan waktu berapa lama supaya galeri bisa memuat semuanya?

Seberapa Penting Data Thumbnail?

File dan folder thumbnail yang tersimpan ini bisa dikatakan penting tidak penting ya, Gaes. Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing kalian sendiri.

Misalnya ketika kalian memiliki ribuan file media, baik itu foto atau video. Pastinya data thumbnail akan sanggup membantu untuk membuat proses akses makin cepat saat sedang membuka galeri.

Tetapi yang kemudian jadi ada masalah, adalah disebabkan data thumbnail tersebut kadang memiliki size yang sangat besar. Kadang bisa mencapai beberapa GB, akibat jumlahnya yang banyak.

Di samping itu, kadang bahkan ada juga duplikat, serta mungkin preview-preview dari data galeri tersimpan yang sudah t kalian hapus sebelumnya, di waktu yang sudah lama kemarin.

Sebab itulah, file thumbnail kalian akhirnya semakin menumpuk jumlahnya.

Amankah Data Thumbnail Kalau Dihapus?

Gaes, sebagai info saja. Sebenarnya data thumbnail bisa menjadi sangat besar dan banyak. Kemudian akhirnya dapat berpengaruh ke memori internal yang menjadi penuh terisi, dan menjadikan performa sistem melambat secara keseluruhan baik aplikasi maupun proses yang lainnya.

Lalu ada yang kemudian bertanya, amankah kalau data thumbnail  dihapus?

Kalau menurut saya, aman. Karena data thumbnail bisa dihapus tanpa mengakibatkan efek sama sekali ke sistem smartphone kalian. Saya sendiri merkemondasikannya untuk kalian. Ditambah lagi jika smartphone sudah dipakai dalam kurun waktu yang relatif lama.

Sebagai catatan, mungkin efek yang tidak terlalu signifikan tampak saat kalian membuka galeri, maka proses loading awal akan jadi melambat (karena harus loading ulang).

 Cara Menghapus Data Thumbnail (Thumbdata) Android

Thumbdata merupakan salah satu bagian dari data thumbnail. Meski bisa saya katakan meraka adalah sama.

Di bawah ini akan saya berikan step urutan langkah-langkah agar kalian bisa menghapusnya.

Langkah 1

Kalian buka terlebih dahulu File Manager di smartphone kalian. Gunakan yang bawaan juga cukup, atau jika mau kalian bisa instal juga dari Google Playstore. Yang mana saja boleh ya, Gaes, asalkan punya fitur untuk menampilkan file yang tersembunyi.

Langkah 2

Saat kalian sudah membuka File Manager, buka terlebih dahulu Setelan. Selanjutnya kalian cari dan aktifkan pengaturan Tampilkan Berkas Tersembunyi.

Langkah 3

Setelah itu di Memori Internal , kalian pergi ke DCIM , klik tombol  Thumbnail. Lalu hapus file-file thumbnail yang kalian inginkan, atau hapus semuanya kalau memang merasa itu tidak penting untuk kalian.

Dengan demikian, semua data thumbnail kalian pun terhapus. Memori internal smartphone kalian yang penuh bisa jadi lega kembali.

Untuk tambahan, kalian bisa coba juga untuk menghapus chache Galeri. Ini saya sarankan untuk kalian supaya efek dari penghapusan thumbnail barusan bisa lebih efektif lagi. Langkah-langkahnya seperti ini ya.

Kalian segera buka Setelan Android. Kemudan geser ke bawah, lalu buka menu Aplikasi Terinstal.

Selanjutnya, kalian cari dan buka aplikasi Galeri. Nanti, kalau sudah ketemu klik tombol Hapus Data.

Kalau sudah, tutup semua jendela yang terbuka. Setelah itu, barulah kalian bisa coba buka Galerinya lagi.

Bagaimana, Gaes? Cara menghapus file dan folder thumbnail  ternyata mudah banget kan? Kita bahkan dapat melakukannya langsung lewat File Manager saja, tanpa perlu bantuan aplikasi tambahan apa pun dari pihak ketiga.

Bonusnya, saya juga melengkapinya dengan menjelaskan apa itu thumbnail di Android, serta jawaban buat kalian yang bingung apakah aman atau tidak kalau file tersebut kalian hapus.

Kabar baiknya, kalian semua bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk semua merk dan tipe HP Android. Iya, seperti Xiaomi, OPPO, VIVO, Lenovo, ASUS, Huawei, Samsung, dan lain sebagainya.

Kalian memiliki pertanyaan tentang topik kita kali ini? Atau ada langkah-langkah yang kurang jelas? Jangkan ragu mengirim komentar melalui kotak yang ada di komentar ya, Gaes.

Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat buat kalian. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.